Home » » CARA MENGETAHUI HARGA BAHAN POKOK NASIONAL TERBARU

CARA MENGETAHUI HARGA BAHAN POKOK NASIONAL TERBARU

Info Harga Sembako - Berapa harga Bahan Kebutuhan Pokok Sekarang Ini? Berapa Harga Barang Kebutuhan pokok Secara Nasional - Sudah menjadi kebiasaan jika menjelang bulan Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri harga harga bahan pokok mengalami kenaikan tajam dan tidak umum karena kenaikan hingga 70%. Entah kenapa ini bisa terjadi, sepertinya pemerintah kewalahan dalam menstabilkan harga bahan kebutuhan pokok, pemerintah kurang tegas dalam menangani para pedagang yang menaikan harga semaunya sendiri.

Kita bisa bandingkan dengan negera tetangga kita yaitu Malaysia, saya pernah tinggal di sana selama 3 tahun tidak pernah mendengar harga harga barang naik yang luar biasa, kita bisa meniru cara mereka dalam mengendalikan harga barang. Ada semacam Badan khusus yang menngani harga baranbg di pasaran, aku lihat seragamnya seperti Satpol PP sering merazia harga barang di pasar, jika harganya tidak umum maka pedagang akan dikenakan sanksi berupa denda.


Lalu apa yang terjadi di Indonesia ini hingga barang kebutuhan pokok bisa langka? kalaupun ada harganya di naikan 2 kali lipat. Mungkin ini permainan para pedagang besar yang menimbun barang jika menjelang Ramadhan, mereka memanfaatkan kesempatan yang ada untuk mendapatkan keuntungan yang lebih dari hari hari biasa.

Yang Termasuk Bahan Kebutuhan pokok di sini adalah Komoditas menurut Kementrian Perdagangan RI yaitu:
1. Minyak Goreng Kemasan
2. Minyak Goreng Curah
3. Daging Sapi
4. Daging Ayam Broiler
5. Daging Ayam Kampung
6. Telur Ayam Ras
7. Telur Ayam Kampung
8. Tepung Terigu
9. Kedelai Impor
10. Kedelai lokal
11. Beras Medium
12. Gula Pasir
13. Susu Kental Manis
14. Mie Instant
15. Cabe Keriting Merah
16. Cabe Merah Biasa
17. Bawang Merah
18. Ikan Teri Asin
19. Kacang Hijau
20. Kacang Tanah
21. Ketela Pohon.

Lalu bagaimana kita bisa mengetahui harga kebutuhan pokok secara nasional menurut Kementrian Perdaganan Dalam Negeri? Unrtk medapatkan informasi ini kita bisa menuju ke situs resminya yaitu di sini >> www.kemendag.go.id << disana disediakan widget yang memungkinkan kita mengetahui harga kebutuhan pokok secara nasional. Silahkan pilih periode dengan tahun, kemudian bulan lalu Tampilkan data maka akan ditampilkan harga terbaru bulan ini.

Lalu untuk mengetahui grafik kenaikan atau penurunan harga dari bulan ke bulan bisa di lihat pada halaman ini www.kemendag.go.id/chart Walaupun ke 21 barang kebutuhan pokok diatas, anda bisa bertanya langsung melalui halaman ini www.kemendag.go.id/id/contact-us Untuk bertanya langsung alamat dan nomer telepon-nya bisa ke sini:
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
  • Alamat : M. I. Ridwan Rais Road, No. 5 Jakarta Pusat 10110
  • Telepon : +62 - 021 - 3858171
  • E-Mail : contact.us@kemendag.go.id
<< Baca Juga: Cara Menyampaikan Usulan, Aspirasi dan Pengaduan kepada anggota DPR RI >>

Itulah Cara mengetahui harga kebutuhan pokok terbaru dan terupdate secara nasional resmi dari pemerintahan Indonesia, dari harga pokok ini kita bisa mengetahui harga kisaran-nya. Ok sahabat semua itulah info publik pada pertemuan kali ini, natikan informasi menarik lain-nya dari kami.

Artikel ini di tulis pada 02/06/2016 (Menjelang Puasa Ramadhan 1437 H)
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Thursday, June 02, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top