Home » , » CARA KARBIT PISANG YANG BENAR AGAR CEPAT MATANG DAN AMAN

CARA KARBIT PISANG YANG BENAR AGAR CEPAT MATANG DAN AMAN

Tips of The Day - Bagaimana Cara Meng-karbit Pisang Agar Cepat Masak / Matang Tidak Bau Karbit & Aman di Konsumsi? - Bermula dari khawatir kalau pisang sudah cukup tua di kampung saya biasanya sudah di lirik orang untuk di curi, sewaktu waktu kalau sudah terlihat ada yang mateng satu biji saja nggak tau tetangga atau orang asing yang mengambil, yang pasti 1 tandan pisang itu sudah raib di bawa maling, apa lagi jenis pisangnya super besar dan enak pasti jadi rebutan itu. Dengan suasana seperti ini akibatnya pisang tidak sampai tuntas tua-nya dan jika di simpan akan lama matang dan pastinya nggak normal matangnya.

Buah pisang, terutama yang matang, memiliki beberapa kandungan seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, serat, beberapa vitamin (A, B1, B2 dan C), zat besi, dan niacin. Kandungan mineralnya yang menonjol adalah kalium. Zat-zat tersebut sangat diperlukan dalam tubuh manusia. Bukan itu saja, pisang termasuk buah yang murah-meriah dan mudah didapat sepanjang tahun.




Lalu bagaimana caranya agar pisang ini matang dengan cepat dan hasilnya tetap segar? satu satunya cara adalah dengan di karbit (kalsium karbor), walaupun itu sebenarnya tidak baik karena akan mengurangi nutrisi dari buah pisang itu sendiri. Lha terus bagaimana lagi kalau gak di ambil sekarang pasti akan diambil orang. Ok akan saya tunjukan caranya meng-karbit pisang yang benar dan aman karena karbit tidak menempel langsung ke permukaan atau bagian lain dari pisang itu.


Namun sebelumnya kita harus mengetahui kenapa dan bagaimana prosesnya kok pisang dengan cara dikarbit itu cepat masak / matang. Karbit yang diletakan dalam 1 tempat dengan pisang dan tertutup akan menguap, Proses tersebut menghasilkan Gas Asetilin. Gas ini dalam struktur kimianya serupa dengan Etilen alami.

Karena dipenuhi dengan Gas Asetilin inilah, buah akan berfermentasi serentak menjadi matang. Gas ini merambat dari molekul satu ke yang lainnya membuat pisang mengalami proses kimiawi, Karbohidrat dalam kandungan daging buahnya berubah menjadi glukosa (gula), yang membuat pisang lunak dan rasanya manis.

Lalu apakah hal ini membahayakan tubuh kita jika di konsumsi? sebenarnya bahaya yang ditimbulkan sampai sekarang belum ada bukti yang nyata, semuanya hanya berdasarkan asumsi tanpa bukti ilmiah. Lagi pula Pematangan buah dengan cara ini lebih sehat daripada dipakai Bahan Kimia Cair dengan cara disemprotkan kekulit buahnya yang mengandung Etilen yang bercamour pospor, Phospor campuran ini ternmasuk bahan yang sangat beracun.

Nah sekarang ke inti dari artikel ini Cara Meng-karbit Pisang Agar Cepat Masak / Matang Tidak Bau Karbit & Aman di konsumsi. Pada suatu saat saya melihat kakak saya yang pertama mengajari mengkarbit pisang, mungkin kasihan melihat pisang di tumpuk di pojok rumah nanti lama lama akan busuk dan gak ke-makan, sedangkan hari raya Idul Fitri tinggal 3 hari lagi agar bisa dimakan akhirnya di karbi  saja.

Hal pertama anda harus siapkan karbit cukup sebesar 2 ibu jari saja, tempat pisang sejenis anyaman dari bambu kalau ditempat saya namanya senik atau yang lain-nya yang penting cukup untuk memasukan semua pisang, kemudian siapkan juga karung bekas gabah untuk menutupi permukaa-nya.

Tutorial / Tahap Tahap Meng-karbit Pisang

1. Ambil wadah anyaman bambu (senik) atau sejenisnya, lalu untuk dasaran-nya taruh saja 2 atau 3 karung bekas gabah sehingga permukaan wadah itu tertutup semua dan karungnya menjuntai atau melebar di sekitarnya (nanti untuk menutup)


2. Kemudian Silhakan ambil karbit sebesar 2 ibu jari lalu bungkus dengan kertas agar baunya tidak menyebar sehingga meresap ke buah pisang, dan taruhlah didasar wadah itu.


3. Lalu ambil pisang dan disusun dengan rapi dengan posisi menutupi karbit tadi. Silahkan tumpuk semua mengitari karbit, setelah itu tutup dengan karung hingga rapat jangan sampai ada lubang yang mengakibatkan uap karbit keluar.


Pada tahap ini berarti sudah selesai, tunggulah hingga 2 malam jika anda mengkarbit pisang pada pagi/siang hari jangan terlalu lama jika tidak ingin pisang anda menghitam dan tidak segar.

<< BACA JUGA: 18 BUAH, SAYUR, MAKANAN YANG TIDAK BAIK SIMPAN DI KULKAS >> 
Ok sahabat semua, begitulah cara meng-karbit buah pisang yang benar dan aman yang tadinya belum masak agar lebih cepat matangnya, yang tadinya masih muda dan belum siap di makan menjadi lebih cepat masak dan siap makan.
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Thursday, July 14, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top