Home » » NIH...!!! CARA MERAWAT DAN MENGGUNAKAN BATERAI SMARTPHONE AGAR AWET

NIH...!!! CARA MERAWAT DAN MENGGUNAKAN BATERAI SMARTPHONE AGAR AWET

Tips Smartphone - Bagaimana Cara Merawat dan Menggunakan Baterai Smartphone Agar Tetap Awet Saat di Gunakan? -  Baterai pada ponsel android, iPhone dan handphone lain-nya adalah komponen yang sangat vital pada HP itu sendiri, tanpa daya pada baterai maka ponsel anda tidak akan bisa di gunakan. Karena pentingnya baterai pada ponsel ini hendaknya kita merawatnya dengan memperhatikan saat pemakaian dan ketika nge-charge baterai.

Ada beberapa cara yang harus anda perhatikan ketika anda sedang mengisi baterai yang wajib anda baca di bawah ini, antara lain...

1. Usahakan Baterai diisi penuh sebelum digunakan

Banyak orang mengisi baterai ponsel hingga mencapai 100 persen sebelum mulai menggunakannya. Ini keliru karena tak ada keuntungan apapun yang bisa diperoleh dari hal tersebut.

Bahkan, baterai ponsel sebenarnya bekerja optimal ketika kapasitasnya berada di angka 40 persen hingga 80 persen.  Baterai kebanyakan ponsel juga diisi setengah penuh dari pabrik sehingga kamu bisa langsung menggunakannya begitu dikeluarkan dari kemasan.

2. Tidak Perlu Menaruh baterai di freezer/menjemur Agar Awet

Mitos yang satu ini berasal dari masa lalu dan sama sekali tidak benar, apalagi bagi baterai Lithium-Ion modern yang justru bisa mengalami kerusakan akibat panas atau dingin berlebih.

3. Berhemat Ketika Browsing, Streaming Video, maupun Cheatting 

Kegiatan yang paling menyita kinerja adalah bermain game 3D yang rakus sumberdaya. Karena itu, bermain game juga merupakan kegiatan yang paling menguras baterai.

Berselancar di internet pun bisa cukup berdampak pada kapasitas baterai, tergantung jenis konten yang diakses. Online gaming dan video YouTube, misalnya, akan lebih cepat mengurangi daya tahan baterai dari pada browsing konten berbasis teks.

4. Atur Tingkat Kecerahan, Mematikan Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS

Ke-4 fungsi ini akan memakai listrik ketika dijalankan, misalnya GPS yang akan aktif ketika pengguna menjalankan aplikasi pemetaan. Menyalakan Bluetooh, GPS, dan Wi-Fi pun  akan  berpengaruh pada kapasitas baterai secara keseluruhan. kemudian Anda jugA bisa mengurangi tingkat kecerahan layar karena komponen ini adalah yang paling menguras daya baterai pada ponsel.


5. Gunakanlah charger bawaan ketika mengisi baterai

Beberapa charger berkualitas buruk bisa berbahaya buat ponsel. Walaupun Charger USB manapun bisa dipakai untuk mengisi baterai ponsel, asalkan sama ukuran-nya tapi kinerjanya akan berbeda-beda.

Charger 2 amp tidak akan mempercepat charging dibanding charger 1 amp apabila hp cuman support di 1 amp. Fast charging bisa menggunakan 3rd charger. Ada beberapa charger 3rd yang mendapat sertifikasi dari Qualcomm u/ fast charging.

6. Usahakan Jangan Charger Semalaman

Walaupun  Ponsel masa kini sudah cukup "pintar" untuk memutus arus listik secara otomatis ketika baterai sudah terisi penuh, walaupun ia masih tersambung ke charger. namun tidak semua smarphone support denagan kemapuan ini.

Menancapkan ponsel ke charger sebelum tidur adalah kebiasaan yang lazim dilakukan banyak orang, mungkin juga termasuk kamu. hal ini bisa mengakibatkan "overload" atau merusak baterai

7. Di sarankan Jangan pakai ponsel saat di-charge

Walaupun Menggunakan ponsel saat sedang tersambung ke charger tidak akan berpengaruh buruk pada baterai. Entah digunakan atau tidak, baterai ponsel akan terisi seperti yang seharusnya. Ponsel kerapkali mengaktifkan dirinya sendiri ketika sedang di-charge, misalnya untuk mengunduh update software lewat Wi-Fi atau sinkronisasi data. Namun kurang efektif saat nge-charger, baterai akan lama penuh dan akan menambah panas ponsel anda

<< Baca Juga: Tips Melindungi Smartphone Dari Kerusakan & Kehilangan >>
Itulah cara merawat dan menggunakan baterai smartphone agar tetap awet, jika ini bermanfaat silahkan share di media sosial..
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Monday, July 11, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top