Home » » BAGAIMANA JIKA LUPA TIDAK BAWA KTP KETIKA PESAN TIKET KERETA API

BAGAIMANA JIKA LUPA TIDAK BAWA KTP KETIKA PESAN TIKET KERETA API

AbuazmaShare.Id - Info Pelayanan Tiket Kereta Api - Bagaimana Jika Lupa Tidak Bawa KTP/SIM/Pasport Ketika Pesan (Reservasi) tiket Kereta Api - Sistem pemasanan tiket Kereta Api sekarang lebih ketat dalam hal mencantumkan identitas calon penumpang, karena memang ini demi keamanan dan ketertiban semua calon penumpang. Namun saya pernah mempunyai masalah yang sepele, walaupun masalah kecil tapi bisa membatalkan keberangtan perjalan saya dan keluarga. Ceritanya begini, pada suatu ketika saya mudik pulang kampung ke Sragen Jawa Tengah dengan menggunakan mobil pribadi, kemudian balik lagi ke Bandung.

Namun pada waktu balik ke Bandung ini menambah 1 lagi anggota keluarga dari kampung halaman yaitu ibu saya, setelah 1 bulan ibu saya ingin pulang lagi ke Jawa Tengah dengan menggunakan Kereta Api, nah yang jadi masalah adalah ibu saya lupa tidak bawa Identitas diri berupa KTP dan identitas lainya. 

Reservasi tiket KA

Dari masalah ini saya bingung, bisa bisa batal nih kalau tidak bisa menunjukan identitas diri, sebab sesuai peraturan semua calon penumpang wajib menunujukan identitas diri berupa KTP/SIM/Pasport sesuai dengan peraturan Bording Tiket Kereta Api yaitu;

Boarding (Proses Menaikan penumpang KA)

  1. Semua penumpang berusia diatas 17 tahun wajib menunjukan bukti identitas diri yang resmi dengan nama tertera pada bukti identitas sama dengan yang tertera pada tiket
  2. Bukti Identitas dentitas yang dapat dipergunakan KTP, SIM, Passport, KTA TNI/Polri, Kartu pelajar dan bukti identitas lainnya yang dilengkapi dengan foto
  3. Apabila tiket yang dipegang penumpang adalah tiket dengan tarif reduksi maka Bukti Identitas yang ditunjukan bukti identitas yang menunjukan hak atas reduksi
  4. Apabila tidak dapat menunjukan bukti identitas yang sama dengan nama yang tertera pada tiket maka tidak diperkenankan masuk stasiun dan naik kereta api.
Sebagai nformasi tambahan Mengenai Persyaratan dan ketentuan reservasi tiket Kereta Api meliputi; Ketentuan Umum, reservasi, Tarif, Ketentuan Bagasi, Pembatalan Tiket, Permintaan Perubahan jadwal bisa anda baca di sini: 
Persyaratan dan ketentuan reservasi tiket Kereta Api
Mbah lupa tidak bawa KTP

Lalu bagaimana jika lupa tidak bawa identitas diri berupa KTP/SIM/Passport? Jika rumah anda masih  dalam 1 kota lebih baik ambil saja, Jika sudah beda propinsi lebih baik paketkan saja, jika waktunya mendesak dan mendadak bagaimana? hmm.... saya ada tips sendiri, tapi jangan di tiru ya? karena akibatnya bisa fatal. Mau tahu caranya? nih... pinjam saja punya saudara, teman atau tetangga yang seumuran dengan kita. 

Yang penting intinya adalah kita bisa menunjukan tiket yang sesuai identitas diri berupa KTP, karena inilah salah satu kekurangan sistem ini yaitu tidak ada cek sidik jari. Ingat ini hanya untuk kebaikan saja seperti masalah saya di atas. Waktu itu saya terpaksa meminjam KTP punya mertua yang sama sama sudah nenek nenek, sama sama keriput jadi jika dilihat sekilas fotonya sama. Nah begitulah solusi masalah lupa tidak bawa identitas diri berupa KTP/SIM/Paspor/KTA ketika pesan tiket KA (reservasi)
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Monday, August 29, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top