Home » » BARU...!!! SOAL UJIAN TEORI SIM C LENGKAP DENGAN JAWABAN

BARU...!!! SOAL UJIAN TEORI SIM C LENGKAP DENGAN JAWABAN

AbuazmaShare.id - Kumpulan Bahan, Materi, Soal Soal Ujian Teori SIM C 2016 - 2017 - Apakah anda sedang mengikuti ujian teori SIM C lalu gagal? hmmm... sama dengan saya kalau begitu. Dari gagal mengikuti ujian teori SIM C ini lah saya lalu mencari bahan ujian / soal terbaru yang saya dapat langsung dari Korlantas Polri. Untuk awal anda megikuti ujian teori gagal itu wajar saja, kerena saya lihat dari teman teman yang bareng dengan saya itu sekitar 20 orang tapi yang lulus cuma 8 saja, (saya sendiri lulus kan belajar dulu, karena mengulang yang pertama nggak lulus) berarti masih banyak yang belum paham akan aturan yang sebenarnya, dengan kegagalan ini kita harus belajar lagi sehingga akan lebih banyak memahami peraturan berlalu lintas di jalan raya yang sebenarnya.

Sebenarnya Pihak Korlantas Polri sendiri sudah memberikan bahan ujian Teori SIM C  secara terang terangan sacara online yaitu dalam bentuk pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda A, B, C dan D setelah itu anda bisa mengikuti simulasi ujian teori sekalian yang mana anda akan diberikan soal berjumlah 30 sebagaimana kita mengikuti ujian teori SIM C yang sebenarnya, 1 soal diberikan waktu 30 detik. sehingga masyarakat luas yang akan mengikuti ujian teori SIM C lebih siap karena sudah menbaca materi ujian yang diberikan. Yang ingin mengikuti simulasi bisa klik tautan link dibawah ini;

Simulasi Ujian Teori SIM A, B1, B2, C
Mungkin masing masing daerah tidak sama bahkan dalam satu tempat yang dibagi gelomabang 1, 2 dan 3 tidak sama dalam menerima soal ujian teori SIM C karena dibikin acak dari total 168 bahan ujian, yang pasti semua meteri ini bersumber dari tempat yang sama. Makan-nya akan lebih baik kita pelajari semuanya dengan begitu kita juga akan mengetahi aturan berlalulintas dijalan raya.

Kalau saya perhatikan bahan soal ujian teori SIM C ini masih sama dengan tahun kemarin, berarti belum ada perubahan, dan masih tetap berlaku sampai kapanpun. Kalaupun ada yang dirubah pastinya menunggu Undang Undang Lalulintas yang baru. Dibawah ini adalah soal teori ujian SIM C yang saya dapatkan dari Korlants Polri, saya tulis ada 30 soal, untuk jawaban yang benar saya kasih warna Hijau. Jika ingin belajar libih banyak lagi silahakan ikuti lanjutan-nya...

SOAL UJIAN TEORI SIM C LENGKAP DENGAN JAWABAN


1. Saat berkendara di jalan, apa yang harus Anda lakukan jika melihat rambu seperti gambar di bawah ini?
  a. Anda memasuki jalan bebas hambatan/tol sepanjang 60 km
  b. Kecepatan maksimum kendaraan yang diperbolehkan yaitu 60 km per jam
  c. Kecepatan minimun kendaraan yang diperbolehkan 60 km per jam
  d. Ruas jalan yang diperuntukkan bagi kendaraan dengan kecepatan minimum 60 km per jam

2. Area sudut mati (blind spot) pada spion adalah :


 a. Area dimana pengendara bisa mengetahui keberadaan pengguna jalan lain di sekitarnya melalui spion
  b. Titik buta dimana pengendara tidak bisa mengetahui keberadaan pengguna jalan lain di sekitarnya melalui spion
  c. Area tepat di belakang kendaraan yang hanya bisa dilihat melalui spion tengah
  d. Area yang hanya bisa dilihat melalui spion kiri atau kanan

3. Pengemudi kendaraan bermotor di jalan diwajibkan mengemudikan kendaraan sesuai batas kecepatan yang dinyatakan dengan rambu lalu lintas;
  a. Salah, kecepatan kendaraan disesuaikan dengan keterampilan dan keyakinan pengemudi
  b. Benar, demi keamanan pengendara dan pengguna jalan lain serta sesuai dengan infrastruktur jalan yang dilalui
  c. Benar, kecuali untuk kendaraan besar/truk/tronton dapat dikemudikan di bawah kecepatan yang ditentukan
  d. Salah, selama jalan sepi pengemudi dapat mengendarai di atas batas kecepatan

4. Apa akibat yang mungkin terjadi apabila anda mengendarai kendaraan bermotor tidak memperhatikan rambu peringatan lalu lintas di bawah ini, kecuali?


  a. Kendaraan mungkin patah sumbu atas pegas karena jalan tidak datar dan bergelombang
  b. Muatan rusak atau jatuh dan membahayakan pengendara lain
  c. Terjadi kecelakaan karena kendaraan tidak terkendali akibat jalan bergelombang
  d. Kendaraan tidak kuat karena tanjakan terjal

5. Lampu rem pada kendaraan bermotor sesuai ketentuan adalah?
  a. Kuning tua dan menyala berkelip - kelip
  b. Hijau dan menyala tidak berkelip
  c. Merah dan menyala tidak berkelip
  d. Merah dan menyala berkelip - kelip

6. Golongan SIM apakah yang diperlukan jika anda hendak mengendarai motor 250 cc?
  a. Golongan SIM C
  b. Golongan SIM C I
  c. Golongan SIM C II
  d. Golongan SIM C I dan C II benar

7. Berapa kali batasan maksimal seseorang untuk mengikuti tes mendapatkan SIM (Surat Izin Mengemudi)?
  a. 3 kali
  b. 1 kali
  c. 5 kali
  d. Tidak ada batasan yang penting memenuhi persyaratan yang berlaku

8. Manakah yang tidak termasuk dalam peralatan pendukung kendaraan beroda dua?
  a. Helm yang berstandar SNI
  b. Rompi pemantul cahaya
  c. Sepatu yang menutup tumit
  d. Kacamata hitam

9. Pengemudi dilarang mendahului kendaraan lain apabila:
  a. Kendaraan lain di persimpangan atau persilangan sebidang;
  b. Kendaraan lain yang sedang memberi kesempatan menyeberang kepada pejalan kaki atau pengendara sepeda
  c. Butir a dan b benar semua
  d. Butir a dan b salah semua

10. Isyarat peringatan dengan bunyi yang berupa klakson dapat digunakan apabila:
  a. Diperlukan untuk keselamatan lalu lintas;
  b. Melewati kendaraan bermotor lainnya
  c. Butir a dan b benar semua
  d. Butir a dan b salah semua

11. Di antara persyaratan berikut, manakah yang harus dipenuhi untuk mendapatkan SIM?
  a. Usia
  b. Lulus Tes Teori dan Praktek
  c. Persyaratan kesehatan
  d. Semua jawaban benar

12. Apa arti marka jalan garis tengah berwarna putih yang terputus-putus di atas jalan dua arah seperti pada gambar di bawah ini?


  a. Kendaraan tidak boleh melintas karena ada Polisi yang bertugas
  b. Kendaraan tidak boleh melintas garis ini karena jalanan sempit
  c. Kendaraan tidak boleh melintas di atas garis ini walaupun tidak ada kendaraan lain di depannya
  d. Kendaraan boleh melintas di atas garis ini

13. Ruas jalan satu arah yang berlajur dua seperti pada gambar di bawah ini, maka lajur yang kanan dimaksudkan:

  a. Untuk kendaraan besar seperti truk dan bus
  b. Hanya untuk kendaraan bermotor saja
  c. Untuk kendaraan yang berjalan lebih lambat
  d. Untuk mendahului kendaran lain

14. Pada saat di persimpangan atau traffic light terdapat marka jalan berupa Garis Stop seperti pada gambar dibawah ini, apa fungsi dari marka jalan tersebut:


  a. Sebagai tanda batas berhenti kendaraan bermotor saat Traffic Light menyala Merah
  b. Pemisah Lajur Kiri dengan Lajur Kanan
  c. Batas pemisah Jalan
  d. Boleh dilanggar saat Traffic Light menyala Merah

15. Marka Kotak Kuning (Yellow Box Junction) adalah


  a. Marka Jalan berbentuk segi empat dengan 2 (dua) garis diagonal berpotongan dan berwarna kuning yang berfungsi untuk melarang kendaraan berhenti di suatu area
  b. Marka Jalan berbentuk segi empat dengan 2 (dua) garis diagonal berpotongan dan berwarna kuning yang berfungsi untuk melarang mendahului kendaraan lain
  c. Marka Jalan berbentuk segi empat dengan 2 (dua) garis diagonal berpotongan dan berwarna kuning yang berfungsi untuk melarang kendaraan menerobos alat pemberi isyarat lalu lintas
  d. Marka Jalan berbentuk segi empat dengan 2 (dua) garis diagonal berpotongan dan berwarna kuning yang berfungsi untuk membagi jalur jalan

16. Arah mana yang dilarang, pada gambar dibawah ini ?

  a. Arah 1
  b. Arah 2
  c. Arah 3
  d. Arah 1 dan 2

17. Apakah arti gambar rambu perintah di bawah ini?


  a. Lajur atau bagian yang ditunjuk ada
  b. Dilarang berjalan lurus ke depan
  c. Lajur atau bagian yang wajib dilewati
  d. Lokasi parkir kendaraan

18. Marka membujur berupa garis ganda yang terdiri dari dua (2) buah garis utuh, seperti pada gambar di bawah digunakan untuk menyatakan:


  a. Kendaraan diperbolehkan melintasi garis ganda tersebut
  b. Kendaraan yang berada pada posisi garis terputus–putus dilarang melintasi garis ganda tersebut
  c. Kendaraan tidak diperbolehkan melintasi garis tersebut
  d. Kendaraan dilarang saling mendahului

BACA JUGA: BIKIN SIM C Rp100rb BERAPA KALAU NEMBAK...??? BACA DISINI

19. Faktor yang sering menimbulkan kecelakaan lalu lintas pada saat mendahului kendaraan lain, meski kondisi jalan baik, jarak pandang cukup dan jalur jalan lurus adalah:
  a. Kendaraan yang akan didahului memberi ruang yang cukup untuk didahului
  b. Salah perhitungan jarak dan kecepatan yang diperlukan untuk mendahului secara aman
  c. Memberi tanda berulang - ulang lampu sein kanan sebagai tanda permintaan mendahului
  d. Pengemudi tidak membawa surat-surat kelengkapan berkendaraan

20. Bila anda mengemudikan kendaraan dalam cuaca kabut tebal, maka anda harus mengurangi kecepatan, dan menyalakan:
  a. Lampu besar sinar jarak dekat
  b. Lampu Hazard
  c. Lampu besar sinar jarak jauh
  d. Lampu besar dan lampu hazard secara bersamaan

21. Saat kecepatan kendaraan bertambah, maka jarak berhenti sesudah pengereman adalah:
  a. Bertambah jauh
  b. Tetap sama
  c. Tidak akan bertambah asalkan kondisi rem dalam keadaan baik
  d. Dapat semakin dekat apabila rem ditekan kuat dan sesegera mungkin

22. Rambu Petunjuk berfungsi untuk:


  a. Menyatakan petunjuk tentang larangan yang tidak boleh dilakukan oleh pengguna jalan
  b. Menyatakan petunjuk mengenai jurusan, jalan, situasi, kota, tempat, pengaturan, fasilitas dan lain-lain bagi pengguna jalan.
  c. Menyatakan petunjuk tentah perintah yang harus dilakukan oleh pengguna jalan
  d. Menyatakan petunjuk tentang peringatan yang harus diwaspadai oleh pengguna jalan

23. Fungsi dari lampu isyarat peringatan bahaya (hazard) adalah…
  a. Untuk menunjukkan bahwa kita akan berjalan lurus depan di suatu persimpangan
  b. Untuk tanda bahwa kendaraan kita sedang mundur
  c. Untuk memberi tanda bahwa kita sedang dalam keadaan darurat
  d. Untuk memberi tanda pada saat kendaraan akan berbelok

24. Bagaimana anda mengatur kecepatan kendaraan pada saat akan mendahului kendaraan lain?
  a. Kecepatan kendaraan dijaga agar sama dengan kendaraan yang akan didahului
  b. Batas kecepatan maksimum yang telah ditentukan dapat dilampaui pada saat mendahului kendaraan
  c. Kecepatan kendaraan harus ditambah ketika akan melewati kendaraan lain dengan tetap menjaga keamanan dan memperhatikan batas kecepatan maksimum yang telah ditetapkan
  d. Memberi isyarat dengan menggunakan lampu/klakson kepada kendaraan yang akan didahului untuk menepi karena sudah mencapai batas kecepatan maksimum

25. Penggunaan helm yang aman dan diakui sesuai standar SNI merupakan persyaratan yang harus digunakan oleh pengendara sepeda motor dan penumpang.
  a. Benar, karena menggunakan helm dapat menjadikan pengendara terlihat lebih baik
  b. Benar, karena helm dapat meminimalisir luka pada kepala
  c. Salah, helm tidak perlu sesuai standar SNI yang penting nyaman dipakai
  d. Salah, menggunakan helm membuat pengendara tidak nyaman

26. Surat Izin Mengemudi digolongkan berdasarkan…
  a. Jenis kendaraan bermotor yang boleh dikemudikan pemegangnya
  b. Merk kendaraan yang digunakan
  c. Tingkat sosial ekonomi pemegangnya
  d. b dan c benar

27. Isyarat peringatan dengan bunyi yang berupa klakson dapat digunakan apabila:
  a. Diperlukan untuk keselamatan lalu lintas;
  b. Melewati kendaraan bermotor lainnya
  c. Butir a dan b benar semua
  d. Butir a dan b salah semua

28. Perintah yang diberikan oleh petugas polisi negara Republik Indonesia wajib didahulukan dari pada perintah yang diberikan oleh alat pemberi isyarat lalu lintas, rambu-rambu dan/atau marka jalan
  a. Karena Polisi memiliki pengetahuan, keterampilan, kewenangan dan informasi yang dibutuhkan untuk memberikan perintah sesuai dengan perubahan situasi lalu lintas yang dinamis
  b. Perintah yang diberikan oleh alat pemberi isyarat lalu lintas, rambu-rambu dan/atau marka jalan tetap lebih tinggi karena diatur dalam Perda
  c. Perintah itu hanya berlaku apabila alat pemberi isyarat lalu lintas, rambu-rambu dan/atau marka jalan tidak ada atau rusak
  d. Semuanya salah

29. Apakah yang harus anda kenakan pada saat mengendarai sepeda motor malam hari agar tidak menjadi korban kecelakaan karena tidak diketahui keberadaannya:
  a. Rompi kulit yang tahan terhadap cuaca
  b. Rompi yang mahal pemantul cahaya
  c. Rompi pemantul cahaya dan tahan terhadap cuaca
  d. Rompi yang kuat dan nyaman dipakai

30. Marka membujur berupa garis ganda yang terdiri dari garis utuh dan garis putus-putus menyatakan bahwa:

a. Kendaraan yang berada pada sisi garis utuh dilarang melintasi garis ganda tersebut, sedangkan kendaraan yang berada pada sisi garis putus-putus dapat melintasi garis ganda tersebut
  b. Kendaraan yang berada pada sisi garis utuh dapat melintasi garis ganda tersebut, sedangkan kendaraan yang berada pada sisi garis putus-putus dilarang melintasi garis ganda tersebut
  c. Kendaraan yang berada pada sisi garis utuh dilarang melintasi garis ganda tersebut, sedangkan kendaraan yang berada pada sisi garis putus-putus dilarang melintasi garis ganda tersebut
  d. Kendaraan yang berada pada sisi garis utuh dapat melintasi garis ganda tersebut, sedangkan kendaraan yang berada pada sisi garis putus-putus dapat melintasi garis ganda tersebut.

Silahkan lanjutkan belajarnya pada artikel saya yang sudah saya tulis secara lengkap di sini;
UPADATE...!!! MATERI UJIAN SIM C 2016 KORLANTAS POLRI
Anda telah membaca Bahan, Materi, Soal soal ujian teori SIM C lengkap dengan jawaban-nya, semoga bermanfaat. Selamat mengikuti ujian teori SIM C Good Luck...!!!
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Monday, August 08, 2016

24 komentar:

  1. apakah ini soal yg paling update?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini yang terbaru mas, sesuai yang diberikan korlantas polri. tapi sistemnya random atau dibolak balik, materi yang diberikan kemrin hari ini kadang nggak di berikan. makanya harus dipelajari semua..

      Delete
  2. ini bener biaya bikin sim c 100rb? dl sy bikin sim c sekitar taun 2005an 250rb trus temen taun kemaren ampe 500rb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, jika mengikuti prosedur biaya sim c hanya 100rb + cek kesehatan 35rb saja. Kalau sampai 250 - 500 itu nembak tidak perlu tes teori dan praktek

      Delete
  3. Bahan diatas juga diambil dari UU lalu lintas mas, mungkin yang dimaksud artikel ttg UU ya? kalau yang itu baca di situs korlantas.polri ada tapi di download dulu

    ReplyDelete
  4. Ni gue baru ujian teori, beda banget, sepertinya banyak stok soal, mungkin ada kebijakan untuk acak soal ujian, terlihat soal sudah kotor bekas coretan.

    ReplyDelete
  5. tadi ane baru tes dan gk lulus , soal dari atas cuman ada 1 nomor yang keluar pas ane test tadi. kebanyakan soal ane tadi tentang spesifikasi motor, mis : batas lebar maksium sepeda motor modifikasi,berapa derajat arah sinar lampu utama, dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane barusan ngetest gan.. asli sama soalnya kek agan juga..malah hampir 15soal tentang spesifikasi motor, mis : batas lebar maksium sepeda motor modifikasi,berapa derajat arah sinar lampu utama,sampe roda 3 pun ada di soalnya..padahal uda belajar di blog ini, sampe pake buku di satlantas..

      akhirnya harus ngulang hari senin.. sial..

      Delete
  6. Jawaban-nya yang warna hijau..., materinya di aca sih jadi gonta ganti ada 100 lebih bahan materi ujianya

    ReplyDelete
  7. Ada yg tau batas lebar maksimum motor modif?

    ReplyDelete
  8. iya ... soal soal banyak tentang batas batas max modf kendaraan, ketinggian cahaya lampu depan, ukuran ban kendaraan, tinggi dan berat max kapasitas kendaraan, departemen yang berhub dng emisi gas. Ada yang bisa kasih petunjuk nggak...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini soal baru nih, aku juga baru tau biasnya cuma aturan lalu lintas saja

      Delete
    2. Untuk undang undang terkait modifikasi bisa baca/download disini
      http://hubdat.dephub.go.id/peraturan-pemerintah/1421-peraturan-pemerintah-republik-indonesia-nomor-55-tahun-2012-tentang-kendaraan/download

      Delete
    3. yang pasti klo modifikasi tidak melebihi ukuran kendaraan bisa dilihat lebar stang.
      pemasangan boks tambahan tidak boleh melebihi lebar terluar sepeda motor, yang biasanya berupa lebar setang kemudi. Mengenai panjang menjulur boks belakang juga diperhatikan, karena terkait Pasal 131 PP No 55 Tahun 2012 mengenai perubahan dimensi berupa pemanjangan chassis dengan pemasangan bracket boks jika tidak disertai perubahan jarak sumbu dan konstruksi chassis masih diperbolehkan.

      Mengenai daya angkut yang bertambah dengan adanya boks tambahan juga musti diperhatikan sesuai spesifikasi kendaraan, misalnya daya angkut maksimal sepeda motor 250 kg, dengan berat motor 120 kg ditambah berat pengendara & pembonceng total 120 kg maka beban maksimal yang boleh ditambahkan adalah 10 kg, maka spesifikasi boks yang diperbolehkan adalah yang bisa menanggung beban kurang dari 10 kg. Daya angkut beda dengan kapasitas muat dalam ukuran liter yang umumnya tercantum pada spesifikasi boks.

      Delete
  9. Untuk tes teori SIM C minimal nilai berapa? Apakah seluruh Indonesia sama standard nilainya atau setiap daerah beda2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau secara nasional kurang tau mas, ini tergantung fasilitas yang dipakai ada yang masih manual dengan merberikan soal seperti disekolahan, ada yang sudah memakai komputrerisasi,tapi dikota saya sama

      Delete
    2. yang pasti kalau soalnya 30 jika benar 75% bisa lulus tes

      Delete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top