Home » , » CARA MEMBUAT BLOG NYAMAN DIAKSES MELALUI SMARTPHONE (MOBILE FRIENDLY)

CARA MEMBUAT BLOG NYAMAN DIAKSES MELALUI SMARTPHONE (MOBILE FRIENDLY)

Bagaimana Cara membuat Blog Agar Nyaman Di Akses Dari Smarphone? - Sekarang jaman-nya smartphone, banyak pengunjung website/blog yang berasal dari smartphone (Mobile) akan lebih baik blog kita juga menyesuaikan tampilan versi Mobile kalau di google istilahnya Mobile Frendly. Nah sekarang coba cek situs anda sudah mobile frendly belum?, ciri cirinya tampilan blog yang belum mobile frendly adalah jika dilihat dari smartphone semua akan terlihat dari post body (artikel), sidebar (kolomyang biasa dikanan/kiri artikel) , dan footer (yang bagian bawah) terliahat sebagaimana kitra lihat dari komputer/laptop. Tentunya ini akan merepotkan pengunjung, sebab ia harus sentuh kanan dan kiri lalu zooom untuk memperjelas tulisan anda.

Sedangkan yang sudah Mobile Frendly jika terlihat dari smarphone akan lebih rapi dari atas judul blog, lalu isi artikel, sidebar berurutan hingga terakhir footer.

 
Gambar diatas ini terlihat sekali perbedaan-nya yang pertama sudah saya setting mobile frendly sehingga tulisan artikel akan terlihat jelas semua, dan yang ke dua belum di setting mobile frendly sehingga tulisan terlihat kecil dan pastinya merepotkan pengunjung untuk di zooom dengancara dicubit layar smartphone-nya.

Sebanarnya ada juga template yang struktur kodenya tidak bisa dibikin moble frendly walaupun sudah disetting dari dasbor blogger, kalau template anda seperti ini lebih baik ganti lagi saja, sayang pengunjungnya kerepotan untuk membaca semua isi artikel anda.

Lalu bagaimana cara agar tempilan blog kita mobile frendly? mudah saja anda perlu beri tanda pada versi seluler dari dalam template blogger anda, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan cara saya dibawah ini..


›› Buka dasbor blogger anda, lalu klik pada bagian template, kemudian setting pada versi seluler. Template  ››  Pilih template seluler, Nah disini ada 2 pilihan yaitu:
  1. Ya. Tampilkan template seluler di perangkat seluler. - itu artinya tampilan blog anda akan ada 2 pilihan yang disediakan oleh browser, biasanya bagian bawah blog kalau gak salah ada tulisan "lihat versi selular" dan "lihat tampilan destop" jadi pengunjung akan memilih sendiri nantinya, lebihnyaman yang mana
  2. Tidak. Tampilkan template seluler di perangkat seluler. - maka jika dilihat dari smartphone yang tampak hanya versi seluler saja dan inilah yang diinginkan Google, yang akrab disebut mobile frendly, dan jika dilihat dari versi destop tetap pada tampilan asli


›› Sebaiknya pilih yang ke dua saja "Tidak. Tampilkan template seluler di perangkat seluler." maka tampilanya akan seperti punya saya ini...


›› Jika template anda tidak bisa tampil seperti ini, berarti sruktur kode templatenya tidak bisa dirubah. saran saya cari template yang bisa disetting mobile frendly banyak kok sahabat blogger lain yang sudah berbagi gratis lagi...!!!
BACA JUGA: OTAK ATIK WARNA TEMPLATE BLOGGER YUK...!!! MUDAH BANGET LHO...
Ok sahabat semua, begitulah cara membuat blog kita nyaman ketika diakses melalui smartphone. Namun semua saya serahkan kepada anda sendiri, lha wong itu punya anda sendiri saya hanya menyampaikan apa yang di rekondasikan oleh google...
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Thursday, August 04, 2016

2 komentar:

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top