Home » , , » NIH...!!! 3 LANGKAH MUDAH AMANKAN JARINGAN WIFI TP-LINK WIRELESS ROUTER

NIH...!!! 3 LANGKAH MUDAH AMANKAN JARINGAN WIFI TP-LINK WIRELESS ROUTER

AbuazmaShare.Id - Bagaimana Cara mengamankan Jaringan Internet Wifi Dari Para Pencuri Koneksi - Kebutuhan koneksi internet saat ini sudah tidak terelak-kan lagi, hal ini dipicu munculnya produk semartphone yang semakin lama harganya makin terjangkau oleh para penggila gadget yang selalu haus akan informasi. Dengan adanya koneksi internet kita bisa terhubung dengan saudara, tetangga dan orang orang yang pernah kita kenal melalui aplikasi media sosial, dengan terhubung koneksi internet kita banyak mendapatkan informasi terbaru dan terupdate.

Ada bebarapa cara agar para pengguna smartphone, PC/Laptop terkeneksi internat antara lain dengan Paket data dari pulsa dan melalui wifi, yang tentunya masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan-nya. Kalau dari paket internet pulsa All operator biasanya lebih praktis, tidak perlu bawa bawa modem jika menggunakan smartphone.
Kalau menggunakan wifi biasanya koneksinya stabil dan yang paling asik dalam 1 rumah bisa memakai bersama sama jadi lebih hemat dari pada paket internet pulsa All operator, namun kekurangan-nya jika ada orang yang tahu tentang wifi dan cara membobol password wifi koneksi internet anda bisa dicuri dan mereka bisa menikmati secara gratis karena hanya menumpang saja dan akibatnya koneksi internet wifi anda jadi tidak stabil karena banyak pencuri koneksi wifi.

Selain koneksi tidak stabil para pencuri jaringan internet wifi ini menjurus ke tindak kejahatan cyber lain misalnya pencurian data, penyebaran virus atau bahkan melakukan tindakan ilegal lain. Di sini Anda memerlukan sistem pengamanan wireless router. Untuk melakukan pencegahan, pencurian akses jaringan wifi ini saya ada tips yang patut anda coba cukup dengan 3 langkah saja....

1. Masuk Pada admin panel router

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah ketik 192.168.1.1 atau 192.168.2.1 di bar alamat perambahan browser.  Atau Jika ini tidak berhasil, untuk melakukan pengecekan alamat IP admin panel router secara manual bisa dengan cara klik tombol start di pojok kiri bawah layar (wins 7) di kolom search kemudian ketik CMD lalu ketik ipconfig.

Setelah itu, akan muncul tampilan informasi koneksi jaringan. Di baris terakhir “Default Gateway” adalah alamat IP dari admin panel router. Kemudian, ketik alamat IP tersebut di bar alamat peramban untuk akses ke admin panel router.

2. Cek dan Lihat MAC Address Pencuri Jarigan Wifi

Caranya Setelah Anda masuk ke admin panel router, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke WiFi router. Setiap perangkat yang terhubung ke WiFi, informasi MAC Address perangkat tersebut pasti akan muncul di admin panel router.  Tampilan admin panel setiap brand router dipastikan akan berbeda-beda. Tapi, pada umumnya urutan informasi MAC Address ini bisa terlihat di bagian Wireless Configuration, Wireless Status, atau di DHCP client.



Di sinilah Anda bisa lihat perangkat apa saja yang terhubung ke WiFi dan melakukan identifikasi. Anda bisa hitung jumlah perangkat yang terhubung ke WiFi router. Seperti misalnya, total hanya ada 4 perangkat yang terhubung ke WiFi tapi di tampilan tersebut tercatat ada 5 perangkat, artinya ada kemungkinan penyusup yang mencuri koneksi jaringan internet Anda.

3. Putuskan Koneksi Dengan Mengubah Password

Jika wireless router belum dipasang password, segeralah pasang password di wireless router Anda. Dan, jika wireless router sudah di password namun masih menggunakan password bawaan pabrik, Anda pun sangat kami sarankan wajib untuk mengubah password tersebut.


Caranya, di admin panel wireless router ini masuklah ke bagian pengaturan keamanan. Pada umumnya mengubah atau menambahkan password bisa juga ditemukan di bagian PSK atau Pre Shared Key.

Jika anda Mengubah password di wireless router secara otomatis akan langsung memutuskan hubungan semua perangkat yang terhubung ke wireless router. Jadi, perangkat Anda di rumah harus dihubungkan kembali ke wireless router dengan password baru agar bisa kembali terhubung ke internet.


Agar lebih aman lagi, cara penggantian password ini bisa dilakukan secara periodik. Anda pun boleh melakukan penggantian nama hotspot router wireless yang umumnya bisa diakses melalui menu di bagian Service Set Identifier (SSID).
Baca Juga: Cara Upload Video Ke Youtube Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan
Ok sahabat semua, begitulah 3 langkah cara mudah untuk mengamankan jaringan Internet Wifi TP-Ling wireless router. Sekali lagi yang lebih penting untuk meningkatkan keamanan yang lebih gantilah password anda secara berkala dengan begitu anda sudah melakukan pencegahan.

source: http://www.yangcanggih.com/2016/08/22/tips-mengamankan-wifi-router/
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Thursday, August 25, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top