Home » » NIH...!!! SYARAT PEMBUATAN PASPOR JIKA TIDAK PUNYA AKTE LAHIR

NIH...!!! SYARAT PEMBUATAN PASPOR JIKA TIDAK PUNYA AKTE LAHIR

AbuazmaShare.Id - Apa Persyaratan Membuat Paspor Jika Tidak Punya Akte Kelahiran? - Bolehkan Ijasah (STTB) dan Surat Nikah Jadi Pengganti Akte Kelahiran? - Bagaimana Jika Nama di Ijasah Berbeda dengan Nama di KTP/KK - Memang agak ribet jika sudah berhubungan dengan pelayanan publik mau ataupun tudak kita tetap harus mematuhinya jika ingin mendapatkan kelengkapan administrasi kependudukan termasuk dalam membuat paspor. Paspor adalah dokumen identitas kita jika ingin bepergian keluar negeri misalnya pergi umroh/haji, bekerja jadi TKI, jalan jalan keluar negeri. Paspor biasnya memiliki masa berlaku hingga 5 tahun, jika masa berlaku habis maka tinggal memperbarui lagi. Dasar hukum kepemilikan paspor adalah Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No.6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Lalu apa saja sih syarat pembuatan pasport baca selengkapnya di bawah ini

WNI yang tinggal di dalam negeri:

  1. Kartu tanda penduduk (KTP) yang sah dan masih berlaku atau resi permohonan kartu tanda penduduk jika belum jadi; 
  2. Kartu keluarga (KK); 
  3. Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis; 
  4. Surat izin dari instansi yang berwenang bagi yang akan bekerja di luar negeri; 
  5. Surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; 
  6. Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama. 

Bagi WNI yang berdomisili di luar Wilayah Indonesia 

  1. Kartu penduduk negara setempat, bukti, petunjuk, atau keterangan yang menunjukkan bahwa pemohon bertempat tinggal di negara tersebut; dan 
  2. Paspor lama.   

Persyaratan Penggantian Paspor Biasa Karena Hilang atau Rusak 

  1. Melampirkan surat keterangan kehilangan paspor dari Kepolisian setempat bagi yang paspornya hilang; 
  2. Melapor ke Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian untuk memberikan keterangan tentang kerusakan atau kehilangan paspor yang dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP); 3. Berkas yang bersangkutan diteruskan ke Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM untuk mendapatkan keputusan; 
  3. Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dapat berupa persetujuan atau penolakan atau penundaan; 
  4. Apabila permohonan penggantian disetujui, persyaratan dan proses penyelesaian dapat dilaksanakan seperti permohonan paspor baru.   
Persyaratan Penggantian Paspor Biasa Karena Habis Masa Berlaku atau Karena Halaman Paspor Penuh, bagi Paspor Biasa yang diterbitkan sejak bulan September 2008, melampirkan: 
  1. Paspor Biasa; 
  2. KTP yang sah dan masih berlaku atau resi permohonan kartu tanda penduduk; dan 
  3. Kartu keluarga (KK).

Permasalahan Pembuatan Paspor

1. Bagaimana jika tidak punya akte kelahiran? 
Contoh kasus; biasanya orang jaman dahulu seperti ayah dan ibu kita yang sudah tua, jaman dulukan belaum ada akte lahir dan sekarang jaman sudah maju ketika akan berangkat haji/umroh harus bikin paspor dulu. Nah masalahnya nggak punya akte kelahiran, bagaimana solusinya? 

Jika tidak ada akte kelahiran bisa diganti dokumen lain-nya yaitu Ijasah (STTB) atau juga bisa surat nikah, kalau ijasah utamakan SD, lalu SMP kalau tidak ada boleh yang ijasah SMA. Yang pasti apabila tidak ada akte lahir dapat diganti dengan ijazah dan apabila tidak ada ijazah dapat diganti surat nikah.

Jika kasusnya lebih rumit lagi dan kesulitan dengan syarat-syarat itu, maka saya sarankan untuk akte lahir dapat diurus ke Dinas Kependudukan dan catatan sipil dengan mengajukan permohonan "Salinan Akte Lahir". Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dimana KTP dan AKte Lahirnya dikeluarkan dengan mealmpirkan KTP dan Akte Lahir.


2. Bagaimana Jika nama yang ada di Akte kelahiran berbeda dengan KTP/KK 
Contoh kasus; pada artikel sahabat kita di http://diandiansey.blogspot.co.id/surat  secara pribadi ia menulis pengalaman-nya waktu kecil di akte lahir namanya 'Dian Chrisniar', sedangkan di KTP dan KK nama ditambahkan marga 'Silaban', maka anda jangan  buru buru berangkat ke akntor imigrasi untuk membuat paspor pasti akan ditolak. Solusinya anda harus bikin surat PM1 dari kelurahan.

Apa itu surat PM1? surat yang manyatakan dua nama yang berbeda itu adalah 1 orang yang sama yaitu anda sendiri. untuk mendapatkan surat PM1 yang harus anda lakuakan adalah;

  • Bikin surat pengantar dulu dari RT dan RW setempat. 
  • Siapkan fotokopi KTP, KK dan akta kelahiran dan bilang kalau anda mau bikin surat PM1 untuk identitas berbeda, nanti anda akan di berikan kertas pernyataan dengan ditempeli materai Rp6000;
  • Lalu surat pernyataan itu harus ditandatangani oleh dua saksi, dimana saksi itu gak boleh dari keluarga anda (yang masih 1 KK) tapi harus masih 1 daerah sama kalian (paling jauh lingkupannya se-RW). dan harus melampirkan fotokopi identitas dari saksi ini ini, setelah itu tunggu saja di situ hingga selesai.

Prosedur Urutan Tahapan Pembuatan Paspor

Bagi warga negara Indonesia yang berdomisili atau berada di Wilayah Indonesia  permohonan Paspor biasa diajukan kepada Kepala Kantor Imigrasi. Sedangkan Bagi warga negara Indonesia yang berdomisili di luar Wilayah Indonesia, permohonan Paspor biasanya diajukan kepada Pejabat Imigrasi yang ditunjuk melalui Kepala Perwakilan Republik Indonesia, kemudian.... (klik gambar akn terlihat besar)

  1. Pemohon atau yang diberi kuasa mengisi formulir sesuai dengan kolom yang ditentukan. Dalam hal permohonan diajukan melalui website, yang selanjutnya disebut pra permohonan, pemohon atau yang diberi kuasa wajib mengisi formulir elektronik dan memindai persyaratan. 
  2. Selanjutnya permohonan paspor diajukan kepada petugas loket pada Kantor Imigrasi oleh pemohon atau yang diberi kuasa disertai persyaratan yang telah ditentukan. Dalam hal permohonan diajukan melalui website, pemohon atau yang diberi kuasa wajib menyerahkan tanda bukti pra permohonan. 
  3. Petugas loket memeriksa kebenaran persyaratan asli yang dibawa oleh pemohon atau yang diberi kuasa dan selanjutnya melakukan pemindaian dokumen, memeriksa hasil pemindaian serta memeriksa daftar pencegahan. 
  4. Petugas loket menolak permohonan dan memberikan bukti penolakan, apabila ditemukan rincian biodata pemohon sama dengan daftar pencegahan. 
  5. Petugas loket memberikan tanda terima kepada pemohon yang telah memenuhi persayaratan dan namanya tidak  tercantum dalam daftar pencegahan. 
  6. Pada hari yang ditentukan, pemohon menuju ke loket Bendahara Penerima untuk melakukan proses pembayaran. 
  7.  Bendahara penerima setelah menerima pembayaran, memasukkan nomor perforasi paspor dan mencetak serta  memberikan tanda terima pembayaran kepada pemohon. 
  8. Selanjutnya pemohon menunggu panggilan untuk proses pengambilan foto wajah dan sidik jari sesuai nomor antrian yang tertera dalam slip  antrian. Mesin antrian akan memanggil secara otomatis dan menampilkan nomor antrian pada layar monitor. Pemohon wajib datang pada saat pengambilan foto wajah dan sidik jari. Petugas Imigrasi melakukan pengambilan foto wajah dan sidik jari terhadap pemohon sesuai dengan nomor antrian. 
  9. Setelah proses pengambilan foto dan sidik jari, pemohon menunggu panggilan lagi untuk proses wawancara. 
  10. Pemohon wajib datang dengan menunjukkan dokumen asli sebagai persyaratan pada saat proses wawancara. 
  11. Petugas wawancara melakukan penelitian tentang kelengkapan dokumen persyaratan asli, mencetak biodata pemohon, dan selanjutnya pemohon menandatangani hasil pencetakan dan blangko paspor. 
  12. Petugas wawancara dapat menangguhkan proses selanjutnya apabila pada hasil penelitian ditemukan kecurigaan tentang identitas dan jati diri pemohon untuk dilakukan penelitian lebih lanjut dan apabila hasil penelitian lanjutan terbukti  adanya pelanggaran keimigrasian maka permohonannya dapat ditolak. 
  13. Setelah proses wawancara selesai dan dinyatakan memenuhi persyaratan, pemohon dipersilahkan kembali lagi untuk mengambil paspor dalam waktu yang telah ditentukan, selanjutnya berkas permohonan diteruskan kepada petugas pencetakan. 
  14. Petugas Imigrasi, melakukan pencetakan halaman biodata pemohon dan halaman catatan resmi /official notes serta halaman pengesahan/endorsements (jika diperlukan) dan melakukan laminasi blangko paspor dan selanjutnya melakukan uji kualitas pencetakan dan laminasi. 
  15. Jika ditemukan cacat produksi maka dilakukan penggantian blangko paspor tanpa dikenakan tarif. 
  16. Kepala Bidang / Kepala Seksi yang berwenang membubuhkan paraf pada paspor dan selanjutnya Kepala Kantor Imigrasi menandatangani paspor dan menyerahkan kembali kepada Petugas Imigrasi untuk dilakukan peneraan cap  dinas dan pemindaian halaman tanda tangan Kepala Kantor. 
  17. Petugas Loket menyerahkan paspor kepada pemohon atau yang diberi kuasa dan pemohon atau yang diberi kuasa menandatangani tanda bukti penerimaan paspor pada kolom penerimaan. 
  18. Waktu penyelesaian permohonan paspor paling lama 4 (empat) hari kerja setelah proses wawancara. Ingat...!!! Waktu penyelesaian permohonan paspor 4 hari tidak berlaku bagi paspor yang rusak, hilang atau duplikasi. 
  19. Informasi lebih lanjut untuk pembuatan paspor biasa kunjungi situs resmi http://www.imigrasi.go.id/
BACA JUGA: MENCAIRKAN DANA JHT BPJS KETENAGAKERJAAN TERNYATA MUDAH, BACA DISINI CARANYA...

Permohonan paspor bisa dilakaukan secara online klik saja tautan ini: https://ipass.imigrasi.go.id dengan email anda yang masih aktif, klik saja pada bagian "Pra Permohonan Personal"untuk pemohon yang belum mendapatkan notifikasi maka klik saja pada menu "Kirim Ulang Email Prapermohonan Personal" 
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Saturday, August 27, 2016

1 komentar:

  1. Hi hi saya harus buat PM 1 soalnya nama di akta dan KTP yang di KTP disingkat. Maturnuwun atas infonya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top