PANDUAN e-KLAIM JHT BPJS KETENAGAKERJAAN ONLINE 2016 - 2017

Bpjs Ketenagakerjaan - Panduan / Mekanisme Cara e-Klaim Pencairan Dana JHT Bpjs Ketenagakerjaan - Bagaimana Cara Mengajukan e-Klaim Bpjs Ketenagakerjaan Secara Online? - Assalamualaikum, selamat pagi sahabat semua semoga hari ini kita semua dalam keadaan sehat dan langkah kita selalu di berkahi oleh-Nya. Pada kesempatan pagi yang cerah ini saya akan memberikan tutorial lengkap dengan gambarnya cara mengajukan e-Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) Bpjs Ketenagakerjaan. Ada berbagai sebab para karyawan keluar dari tempat kerjanya, mungkin karena memang sudah pensiun, mungkin karena terkena PHK atau atas keinginan sendiri atau mengundurkan diri.

Ada 2 cara untuk dapat mencairkan uang ada yang dipotong dari gaji setiap bulan oleh Bpjs Ketenagakerjaan ini, yaitu degan mendatagi kantor Bpjs Ketenagakerejaan/Jamsostek terdekat dangan membawa persyaratan lengkap dan cara yang ke 2 secara online.

Rupanya pemerintah dalam hal ini Bpjs Ketenagakerjaan sudah mempermudah kita dalam mengajukan e-Klaim untuk mecirkan JHT yaitu dengan mengunjungi situs resmi Bpjs Ketenagakerjaan pada menu e-Kalim.

Mau pilih mana? jika mau bersabar macet di perjalanan, ngantri berlama lama, kadang sampai kepanasan karena tak dapat tempat namun uang bisa langsung cair, atau melalui e-klaim secara online dengan meng-upload persyaratan lengkap  kemudian tunggu email balalsan lalu uang baru bisa dicairkan transfer rekening bank atau secara tunai.


Jika anda mengajukan JHT melalu e-Klaim (online) baru bisa cair setelah 5 hari kerja untuk yang tunai. Sementara untuk yang ingin bentuknya transfer, baru bisa dikirimkan ke rekening peserta setelah 7 hari kerja," jelas Hary, petugas call center BPJS Ketenagakerjaan.

Lalu bagaimana cara mencairkan JHT secara online melalui menu e-Kalim Bpjs Ketenagakerjaan? yuk langsung saja... O iya pastikan keadaan disekitar sedang tenang dan terkendali, soalnya serius nih.... yang mempunyai anak kecil tidurkan dulu ya biar nanti nggak mengganggu.

Dokumen Yang Perlu disiapakan Untuk e-klaim & di Upload:
1. Buku rekening Bank dan fotokopi
2. Fotokopi KTP dan yang asli 
3. Fotokopi KK dan yang asli 
4. Kartu Bpjs Ketenagakerjaan atau Jamsostek 
5. Surat Keterangan Pengunduran Diri
6. Email dan nomer HP
Khusus fotocopy-nya nanti dibawa kalau kekantor bpjsTk, untuk diupload yang asli saja





(Contoh Persyaratan Pengajuan e-Klaim JHT Bpjs Ketenagakerjaan)

Silahkan anda foto dulu melalui smartphone anda, usahan ambil posisi yang tepat agar tulisan pada dokumen terlihat jelas, lalu untuk menghubungkan ke PC/Laptop bisa melalui kabel data. Namun jika tidak ingin repot cari kabel data ikuti cara saya saja yaitu kirimkan foto dokumen anda ke email sendiri (dari kita untuk kita) melalui smartphone itu caranya;

Pilih gambar yang akan ada kirim melalui email >> Tap pada menu berbagi >> maka akan muncul pilihan misalnya facebook, bbm, instgram, Gmail/Email dll pilih saja yang gmail/email. Nah nanti di PC/ Laptop tinggal buka saja email lalu download itu gambar dokumen anda.

Tutorial Pengisan Data e-Klaim Bpjs Ketenagakerjaan

1. Jika anda belum memiliki akun silahkan daftar dulu d situs resmi Bpjs Ketenagakeraan di sini www.bpjsketenagakerjaan.go.id klik saja pada gambar wanita lagi didepan komputer bertuliskan "Ingin mencairkan dana JHT? gak usah pakai antri pakai e-Klaim saja" (lihat gambar di bawah) jika sudah memiliki akun langsung login saja di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs 



2. Cara regestrasi sangat mudah, anda tinggal mengisi data diri anda seperti gambar dibwah ini, silahkan tulis data anda lalu isikan kode keamanan, kasih centang tulisan "Ya saya setuju" lalu klik SUBMIT DATA


3. Maka akan tampil halaman berikutnya, anda lihat dulu SMS atau email pasti mendapatkan kode Aktifasi tuliskan saja di situ lalu klik SUBMIT lagi 


4. Sekarang anda sudah memiliki akun Bpjs ketenagakerjaan aktif, pada menu daftar layanan anda bisa lihat fitur Frofil anda, Cek Saldo JHT, JHT Tahunan, Simulasi JHT dan e-Klaim JHT. Karena anda akan mencairkan dana JHT langsung klik saja e-Klaim JHT


5. Maka pada halaman ini anda berada di "Klaim Elektronik" silahkan tuliskan nomer KPJ anda, kemudian pilih status anda ketika keluar dari tempat kerja Pensiun atau Mengundurkan Diri. Kalau sudah tinggal klik SUBMIT FORM dan jika benar langsung klik LANJUTKAN


6. Pada tahap ini anda lihat lagi SMS atau emal, pasti ada nomer PIN. Lantkan untuk mengisi formulir pengajuan e-Kalim Bpjs Ketenagakerjaan, pililah cabang terdekat atau yang menurut anda kantor yang yang mudah pelayanan-nya, petunjuk selanjutnya bisa anda lihat gambar di bawah ini...


7. Upaload semua dokumen persyaratan yang telah di siapkan tadi, pastikan ukuran file gambar foto tidak melebihi 1 MB agar bisa di input, jika semua sudah beres tinggal klik saja SIMPAN. Jika berhasil maka dibagian atas akan ada tulisan "Data berhasil disimpan, silahakan cek email anda untuk informasi lebih lanjuat" contoh email seperti dibawah ini.


Dengan berakhirnya menyimpan data ini, anda tinggal menunggu kabar selanjutnya melalui email. Jika di tolak maka pihak Bpjs Ketenagakerjan akan meberikan informasi kekurangan apa yang belum memenuhi syarat. Jika diterima maka anda akan disuruh bawa dokumen asli saja kekantor Bpjs Ketenagkerjaan/Jamsostek.

BACA JUGA: CARA DAFTAR BPJS ONLINE HANYA 30 MENIT SELESAI 2016 - 2017

Biasanya kalimatnya begini; "Telah memenuhi persyaratan untuk proses selanjutnya. Silahkan datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang ............ paling lambat 7(tujuh) hari kerja sejak diterimanya pemberitahuan ini dengan membawa semua dokumen asli dan mengambil antrian khusus untuk elektronik klaim (e-Klaim).  Jika anda bekerja di lebih dari 1 perusahaan, harap membawa kartu dan berkas pendukungnya (asli dan fotocopy). 

Cotoh email diterima e-Klaim JHT:

Begitulah sahabat semua, anda telah membaca dan mungkin lansung praktek tentang cara mengajukan Pencairan Dana JHT Bpjs Ketenagakerjaan Terbaru 2016 - 2017 ini, ternyata mudahkan?


Update...! Beberapa masalah dan solusi Ketika eKlaim BpjsTK

1.Tenaga kerja NA

Solusi :
1. Pengaduan pertama dikarenakan Tenaga Kerja belum dilakukan proses Non Aktif (NA) oleh Perusahaan, sehingga muncul notifikasi demikian dan tidak dapat dilanjutkan
2. Anda datang ke Perusahaan : Selanjutnya, proses dapat dilakukan karena Tenaga Kerja telah diproses NA oleh perusahaan, mohon dapat menunggu petugas Jamsostek melakukan proses verifikasi atas pengajuan e-klaim bapak/ibu/saudara/i.

2. Nama ibu kandung tidak sama

Solusi : Koreksi nama ibu kandung ke perusahaan anda atau ke jamsostek

3.Email tidak ada balasan

Solusi :
Cek email anda apakah sama dengan yang diketik pada pendaftaran jamsostek/ kalau ada balasan saat melakukan pengisian jamsostek anda tidak salah dalam mengetik email, mohon menunggu 1-6 hari kerja.Jika masih belum ada 6 hari kerja , print saja balasan otomatis ketika mendaftar dahulu kemudian datang ke BPJS

4. Verklaring/parklaring/Kartu Jamsostek Hilang

Solusi :
Gunakan dokumen laporan kehilangan dari kepolisian, dengan mencantumkan nomor KPJ anda.
Untuk Verklaring minta ulang di perusahaan anda

5. Nama di Kartu JAMSOSTEK berbeda dengan E-KTP

Solusi : Koreksi ke Jamsostek

6. No E-KTP berbeda dengan jamsostek

Solusi : Koreksi ke Jamsostek

7. Muncul di Web BPJS "data e-ktp anda tidak sama dengan data yang ada di bpjs ketenagakerjaan"

Solusi :
Silahkan datang ke Jamsostek untuk Koreksi print account
Jika membutuhkan warnet yang bisa scan dan membuat email, anda dapat mengunjungi kami
O iya sekedar mengingatkan, jika anda suatu suatu sat ingin login kedalam akun anda dan ternyata lupa PIN silhkan klik "Lupa PIN" lalu lihat email, maka PIN baru anda akan dikirim. Jangan biarkan teman anda kuper tidak mengetahui cara e-Klaim JHT Bpjs Ketenagakerjaan ini silahkan di share ke media sosial dibawah ini...

Sumber reverensi;
http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
http://www.jatikom.com




You Might Also Like: