Home » » ANAK INI BINGUNG IBUNYA MASUK TKI ILEGAL APA LEGAL KE MALAYSIA

ANAK INI BINGUNG IBUNYA MASUK TKI ILEGAL APA LEGAL KE MALAYSIA

AbuazmaShare.Id - Suatu ketika ada pengunjung setia blog ini yang membaca tentang Kehidupan TKI di malaysia yang sebenarnya, kebetulan Ibunya baru saja berangkat ke malaysia sebagai TKI tanpa melalui PJTKI yang ribet harus menunggu di penampungan berbulan bulan, padahal cuma dinegeri tetangga saja, belum lagi harus cek kesehatan harus bayar lagi diluar biaya keberangkatan ke Malaysia. Beda lagi kalau berangkat sendiri, tinggal bikin paspor lalu berangkat dengan status pelancong, kemudian sambil menunggu visa / permit kerja bisa sambil bekerja. Namun khwatirnya apa cara begini termasuk legal atau ilegal? ntar tahunya ilegal lalu jika ketahuan Polis diraja Malaysia ditangkap dan cambuk pakai rotan kemudian dideportasi.

Sebelumnya anda harus mengetahui maksudanya ilegal ini apa? menurut saya pribadi yang sudah berpengalaman menjadi TKI ilegal bahwa TKI ilegal ini berangkat sendiri hanya dengan paspor pengunjung yang hanya di beri waktu 1 - 2 minggu.

Waktu yang pendek ini untuk mencari kerja, cara ini jangan ditiru ya.. Ampun dah... pokoknya cari kerja dinegara orang susahnya minta ampun, apa lagi waktunya terbatas sejuta perasaan ada didada anda bayangkan sendiri...entar begini entar begitu, mau pulang malu onkos sudah habis, nggak pulang sudah terbayang penderitaanya. Pilihan terahir anda harus masuk kekawasan perkebunan didalam hutan, jadi kuli sawit atau kebun sayur yang pasti perkebunanlah...

Gambar ilustrasi; TKI ilegal di deportasi oleh http://media.iyaa.com/

Untuk menjadi TKI yang berangkat sendiri ini anda harus punya kenalan terlebih dahulu yang sudah bekerja disana baru urusanya mudah, sambil menunggu ijin kerja / permit kerja turun yang sebelumnya diurus oleh bos, anda bisa ikut bekerja.

Pada tulisan pembuka diatas tadi saya katakan ada pengunjung blog ini yang khawatir ibunya berangkat ke Malaysia bersama teman kenalanya semuanya diatur oleh temanya, mulai dari paspor, mengantar dan pembuatan permit kerja. Jika belum memahami keadan yang sebenarnya memang wajar saja jika khawatir akan terjadi apa apa. Ingin tahu ceritanya? ini saya kutib dari email yang masuk ke saya...

BACA JUGA: BIAYA HIDUP DI MALAYSIA UNTUK TENAGA KERJA INDONESIA

Cerita Nyata Tentang Kekhawatiran Seorang Anak (inisial, Mutiara) Yang Ibunya Pergi Jadi TKI ke Malaysia

- Saya sudah membaca tentang artikel tki di malaysia yg bapak bahas itu.kebetulan ibu saya bekerja jadi tki di malaysia juga dan saya ingin tau apa-apa saja tentang itu

+ Saya juga pernah tapi ilegal, untuk TKI resmi aman aman saja soalnya ada visa kerja dan tinggal disana. Untuk gaji sebenarnya sama dengan di Indo, pandai pandai saja menghemat & menyimpanya. dapat duit banyak karena ditukar dengan rupiah dari simpanan tadi kalo digunakan disana sebenarnya sama saja cepat habis. untuk harga barang masih murah disana...

- Memang kalo tki ilegal itu ciri-ciri penyalurannya seperti apa ya?soalnya saya kurang mengerti ibu saya ini legal apa ilegal. tapi ibu saya disalurkan sama teman dekatnya, bukan dari PT tapi perorangan gitu dan ga ditampung.

dia juga gabayar sepeser pun soalnya semua administrasi dibiayain sama temennya itu. dia awalnya ke medan dulu, nginep ada 2mingguan terus langsung ke malaysia. tapi yg saya bingung, sehabis ke malaysia ibu saya bilang dia gabisa dihubungin dulu,harus nunggu waktu 1-2bln. sedangkan orang yg menyalurkannya ini belum memberi tau kontrak kerja dan pasport mama saya seperti apa.apakah wajar seperti itu?

+ Menanggapi pertanyaan diatas, Hmm.. nggak wajar ini, kalau legal ada visa (ijin) tinggal & kerja. Passpor awalnya dibawa oleh yng ngajak tapi klo sudah masuk dikasihkan lagi nanti untuk pulang ke Indo lagi untuk dicap imigrasi malaysia (jika masih berlaku, masa berlaku adalah 5 tahun) klo legal bisa bebas dihubungi dan menghubungi keluarga dan siapa saja juga kapan saja sebagaimana orang asli penduduk sana.

Proses pemberangkatan ibu mutiara itu seperti saya dahulu berangkat sendiri dengan teman, sama ditampung sekitar 2 minggu - 3 minggu untuk pembuatan passpor dan cari info kerjaan di malay, sebenarnya gak perlu ditampung nggak apa apa, intinya nunggu paspor saja, karena dulu saya masih bodo belum pernah keluar negeri jadinya ikut saja.

Ibu Mutiara Ini pasti menggunakan paspor pelancong dengan ijin tinggal 1 - 2 minggu. Setelah bisa masuk langsung kerja tapi tersembunyi entah dikebun jauh dari kota atau pembantu yg tidak boleh keluar rumah yang pasti dilingkungan kerja tak ada hp & tlp yng bisa dihubungi. Nanti kalo pulang itu paspor baru di cap lagi sebagai pelancong oleh si pembawa.
Itu menurut pengalaman saya, semoga ibu mutiara bisa dihubungi sehingga dan mendapatkan kabarnya...

- Resikonya apa kalo pake paspor pelancong seperti itu ya mas? jujur saya jadi takut mama saya kenapa2. soalnya saya baca artikel kalo ilegal seperti itu bisa dihukum cambuk dan deportasi. tapi orang medan yg menyalurkan mama saya itu bisa dihubungi sih, dia juga bilang mama saya baik2 aja. terus apa ya tujuannya bila penyalur mama saya itu meminta dikirimkan KK,akta, dan dokumen2 penting yg asli?handphone mama saya juga di pegang oleh penyalur tersebut. jadi di malaysia mama saya ga pegang handphone.

Awalnya saya ga ragu sama temen mama saya ini karena kan temen mama saya ini lulusan pesantren gontor dan sepertinya orang baik2. tapi mengapa sekarang jadi ga wajar seperti ini ya mas, perasaan saya gaenak dari kemarin. ditambah waktu itu papa saya sempat emosi karna tidak ada kejelasan dari penyalur itu lalu ia memaki2 nya, dari situ sikap teman mama saya itu jadi berubah mas. dia jadi gamau ngasih informasi lagi. Dan kalo di telpon atau sms sama papa saya selalu menghindar. sedangkan kalau saya yg menghubungi selalu dibalas.

+ Dokumen itu untuk membuat paspor, kalau sudah jadi paspornya minta saja dikembalikan lagi, ya kalau ketahuan ilegal ditahan dulu mendapatkan hukuman cambuk pakai rotan oleh polis diraja malaysia lalu dikembalikan ke negara asal. KBRI perwakilan Indonesia juga gak bisa membela kalo ilegal jadi risiko tanggung sendiri.

Kalau pulang tanpa persyaratan ada waktunya yaitu ketika pemerintah Malay mengadakan pemutihan untuk WNA ilegal agar meninggalkan Malaysia tapi nggak tahu awal tahun atau akhir tahun, apakah aturan ini masih berlaku atau tidak.

Kalau benar benar ilegal ibu mutiara, nanti pulangnya ketika paspor sudah dicap dari imigrasi malaysia sebagai pengunjung lagi, ini harus minta tolong orang yang posisinya diluar malay dan ingin masuk dan harus diam" kadang harus nyuap. jadi posisinya itu bagaikan kita masuk kamar terkunci hanya orang dari luar yang bisa membukakan
BACA JUGA: MEKANISME JADI TKI KE MALAYSIA & PERTANYAAN SEPUTAR TKI
Sebaiknya kalau bisa dihubungi ibu mutiara itu suruh pulang saja, malaysia kecil gajinya mending hidup di Indonesia walaupun hidup sedanya tapi tentram bisa kumpul keluraga.Saya dulu ketika masih bujangan 2 tahun nggak bisa bertemu ortu dan saudara, orang tau sakit keras & merindukan kehadiran sayapun tak mengetahunya, sedih pokoknya.

Tapi semoga ibu mutiara baik baik saja, banyak berdoa mudah mudahan jalur resmi walaupun tidak melalui PT juga bisa kok semoga yang bawa ibu mutiara orangnya amanah.

- Semalem saya abis nelpon penyalur di medan itu, saya minta dikirimkan foto kontrak kerja sama dia tapi dia bilang masih dalam proses. sedangkan mama saya sudah kerja disana. apakah wajar mas?
sebelumnya pas mama saya masih di medan papa saya sudah ingin menjemputnya tapi mama saya bilang gabisa karena penyalurnya itu udah janji sama orang yg di malaysia kalo dibatalin nanti penyalur itu ga dipercaya lagi, makanya mama saya mikir2 lagi kasian katanya kalo sampe mematikan mata pencaharian penyalur itu.  Kalau misalnya saya mau narik mama saya pulang,apakah denda?

+ Bisa , ya seperti itu kalau berangkat sendiri tanpa melalui PT PJTKi, semuanya diurus sendiri oleh yang membawa, sambil menunggu visa/permit kerja yang biasnya 2 tahun itu bisa bekerja dulu, tapi belum bebas karena ststusnya belum jelas. semoga benar adanya...Nggak.. siapa yang denda. itu hak asasi manusia
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Thursday, September 29, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top