Home » , » ANDA MAU NAIK KERETA API...!!? BACA DI SINI DULU...

ANDA MAU NAIK KERETA API...!!? BACA DI SINI DULU...

AbuazmaShare.Id - Tips Sebelum Naik Kereta Api - Bila di bandingkan 5 tahun yang lalu (2012) sistem reversasi tiket Kereta Api dan jumlah penumpang memang sangat jauh berbeda, sekarang lebih rapi pemesanan tiket bisa melalui website resmi PT KAI, dan tempat tempat pelayanan PPOB jadi satu dengan pembayaran listrik, pulsa, dll. Selain itu sekarang PT KAI menyediakan aplikasi KAI Access yang bisa anda download melalui google play (android) Apple app store (iOS) termsuk app market peangkat windows phone dan blacberry, melalui aplikasi ini juga anda bisa cek tempat duduk yang kosong dan pesan tiket, pokoknya upplus untuk PT KAI Access...

Reservasi Teket KA

Kalau mau naik kereta cek dulu ketersediaan tempat duduk melalui situs resmi PT KAI atau aplikasi KAI Access dan pesan sekalian nanti bayarnya bisa melalui ATM pemesanan tiket bisa anda lakukan mulai 90 hari sebelum hari H keberangkatan, sebaiknya jangan seminggu sebelumnya jika anda ingin khusu hari itu ngin berangkat, dari pengalaman saya sendiri sering kecewa karena sudah tidak kebagian lagi, terpaksa besoknya lagi atau hari yang lain.

Ketentuan Reservasi tikeet KA

  1. Reservasi tiket KA sudah dapat dilakukan mulai H-90 s.d 48 jam sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.
  2. Penulisan nama dan nomor identitas harus sesuai dengan yang tertera pada bukti identitas yang dimiliki. ( KTP/SIM/Pasport).
  3. Khusus penumpang berusia dibawah 17 tahun, jika belum memiliki bukti identitas menuliskan tanggal lahir dengan format ddmmyyyy sebagai nomor identitasnya.
  4. Bukti Pembayaran Tiket Kereta Api akan dikeluarkan setelah pembayaran disetujui. Berisi data yang sesuai dengan data pemesanan tiket dan akan dikirim ke alamat e-mail Anda. Oleh karena itu, setelah melakukan reservasi dan pembayaran anda harus selalu memeriksa data pemesanan sebagaimana yang dikirim melalui email.
  5. Pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit / debet beberapa Bank yang tercantum dalam Daftar Bank secara online maupun melalui fasilitas ATM Bank yang bersangkutan.
  6. Apabila pembayaran mempergunakan Kartu Kredit maka pembayaran tersebut hanya untuk pemilik Kartu kredit atau Pemilik kartu kredit harus menjadi bagian dari penumpang bepergian. PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki hak menolak penumpang untuk melakukan perjalanan jika nama pemilik kartu kredit tidak termasuk dalam daftar nama penumpang.
  7. Batas waktu Pembayaran untuk transaksi reservasi tiket KA online adalah 3 jam, Apabila dalam batas waktu 3 jam tidak dilakukan pembayaran maka seat yang telah dipesan akan dilepas kembali dan kode booking menjadi tidak valid.
  8. Kode booking yang tertera Bukti Pembayaran Tiket Kereta harus ditukarkan dengan tiket selambat - lambatnya satu jam sebelum jadwal keberangkatan KA di loket atau pada mesin layanan cetak tiket mandiri di stasiun.
  9. Bukti Pembayaran Tiket Kereta Api hanya referensi status tiket, status valid adalah status yang ditunjukkan dalam sistem Tiketing PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Boarding Pass

Jika sudah punya tiket KA Jangan lupa ketika mau berangkat cek up dulu tiket anda untuk mendaptkan tiket asli ke 2 yang hasil print dari komputerisasi istilah keren-nya "Boarding Pass", dengan mendaptkan tiket ini anda bisa langsung masuk ke gerbong kereta api. aku lihat sistem boarding pass ini sudah diberlakukan di stasion KA yang saya kunjungi Bandung, Yogyakarta, Solo, Sragen atau mungkin semua stasion sudah menggunakan sistem boarding pass.

Menurut Informasi yang saya dapat dari PT KAI, "Melalui sistem pelayanan ini penumpang dapat melakukan check in mulai 12 jam sebelum keberangkatan. Hal ini dilakukan dengan mencetak kode booking di mesin Check In Mandiri (CIM) menjadi boarding pass.

Pencetakan dapat dilakukan dengan bukti pembayaran tanpa harus mencetak tiket. Sementara untuk yang telah mencetak tiket, tetap mencetak boarding pass dengan scan barcode atau memasukkan kode booking," pada sistem ini dokumen yang diperiksa oleh petugas adalah boarding pass. Demikian pula ketika sudah di atas KA yang diperiksa kondektur adalah boarding pass.


Ketentuan Boarding Pass Penumpang KA

  1. Semua penumpang berusia diatas 17 tahun wajib menunjukan bukti identitas diri yang resmi dengan nama tertera pada bukti identitas sama dengan yang tertera pada tiket
  2. Bukti Identitas dentitas yang dapat dipergunakan KTP, SIM, Passport, KTA TNI/Polri, Kartu pelajar dan bukti identitas lainnya yang dilengkapi dengan foto
  3. Apabila tiket yang dipegang penumpang adalah tiket dengan tarif reduksi maka Bukti Identitas yang ditunjukan bukti identitas yang menunjukan hak atas reduksi
  4. Apabila tidak dapat menunjukan bukti identitas yang sama dengan nama yang tertera pada tiket maka tidak diperkenankan masuk stasiun dan naik kereta api

Ketentuan Bagasi penumpang KA

Untuk barang bawaan jangan melebihi 20 kg dengan volume maksimum 100 dm3 jika melebihi dikenakan bea tambahan. Untuk ketentuan lain tetang bagasi ini bisa anda baca di bawah ini;
  1. Bagasi yang melebihi berat dan atau ukuran sebagaimana dimaksud diatas tidak diperkenankan dibawa kedalam kabin kereta penumpang. Bagasi dimaksud dapat ditempatkan pada kereta bagasi dengan pengaturan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pengelola kereta bagasi (pihak ketiga).
  2. Khusus sepeda lipat atau sepeda biasa yang dikemas sedemikian rupa dalam keadaan komponen -komponennya tidak dirakit menjadi sepeda utuh dapat dibawa kedalam kabin kereta penumpang dan ditempatkan pada tempat yang tidak mengganggu atau membahayakan penumpang lain serta tidak akan menimbulkan kerusakan pada kereta, tidak dikenakan biaya.
  3. Barang yang tidak diperbolehkan diangkut sebagai bagasi adalah binatang, nark*tika psikotoprika dan zat adiktif lainnya, senjata api dan senjata tajam, semua barang yang mudah menyala/meledak, barang-barang yang karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan, berbau busuk, barang-barang yang menurut pertimbangan pegawai karena keadaan dan besar nya tidak pantas diangkut sebagai bagasi tangan, barang - barang yang dilarang undang - undang.

Perubahan Jadwal Keberangkatan Penumpang Kereta Api

  1. Perubahan jadwal dapat dilakukan untuk merubah jadwal keberangkatan dengan kereta api yang sama pada waktu yang berbeda atau merubah jadwal dengan kereta api yang berbeda.
  2. Perubahan jadwal dilayani di loket seluruh stasiun online.
  3. Perubahan jadwal dapat dilakukan sepanjang tempat duduk kereta api pengganti masih tersedia.
  4. Dilakukan selambat-lambatnya 60 menit sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api sebagaimana tercantum pada tiket yang telah dibeli.
  5. Dikenakan bea administrasi sebesar 25% dari harga tiket lama diluar bea pesan.
  6. Jika dilakukan terhadap kereta api dengan tingkat tarif lebih tinggi maka penumpang membayar selisih tarif. Jika dilakukan terhadap Kereta Api dengan tingkat tarif lebih rendah maka tidak ada pengembalian bea atas selisih tarif.
  7. Khusus tiket dengan tarif promosi (kode subclass x,y,z) tidak dapat dilakukan perubahan jadwal.
  8. Perhitungan biaya pembatalan, perubahan jadwal dilakukan pembulatan keatas pada kelipatan Rp 1.000,- .

Pembatalan Jadwa keberangkatan Penumpang Kereta Api

  1. Pemohon pembatalan tiket harus pemilik tiket yang bersangkutan dan dapat menunjukan bukti identitas asli yang sesuai dengan data yang tercantum pada tiket serta menyerahkan fotokopinya
  2. Permohonan pembatalan tiket dilakukan di loket stasiun yang ditunjuk selambat lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api sebagaimana tercantum dalam tiket.
  3. Dikenakan bea pembatalan sebesar 25% dari harga tiket diluar bea pesan.
  4. Dalam hal pemohon pembatalan tiket bukan pemilik tiket yang bersangkutan maka permohonan pembatalan tidak dapat dilakukan kecuali melampirkan surat kuasa bermaterai dari pemilik tiket kepada yang dikuasakan untuk melakukan pembatalan tiket dengan tetap menunjukan bukti identitas asli pemilik tiket dan menyerahkan fotokopinya.
  5. Jika tiket yang dibatalkan lebih dari satu penumpang namun dengan kode booking yang sama maka fotokopi bukti identitas dan atau surat kuasa pembatalan yang dilampirkan cukup salah satu dari penumpang dimaksudJika tiket yang dibatalkan lebih dari satu penumpang namun dengan kode booking yang sama maka fotokopi bukti identitas dan atau surat kuasa pembatalan yang dilampirkan cukup salah satu dari penumpang dimaksud
  6. Pemohon mengisi formulir pembatalan, terdiri dari rangkap 2 berisi data yang harus diisi, berupa data tiket dan data penumpang serta keterangan pengambilan bea pembatalan. Formulir pembatalan tembusan yang telah divalidasi diberikan kepada pemohon , sebagai bukti yang dipergunakan pada saat pengambilan bea pembatalan jika pilihan pengembalian bea secara tunai.
  7. Pengembalian bea tiket yang dibatalkan dilakukan setelah hari ke-30 melalui transfer atau diambil tunai di stasiun yang ditunjuk. Daftar stasiun yang melayani pengambilan bea tiket yang dibatalkan sebagaimana pada poin 2.
  8. Pada saat mengambil bea tiket yang dibatalkan, penumpang menyerahkan formulir pembatalan yang telah divalidasi dan menunjukan bukti identitas asli yang sesuai. Jika dalam satu formulir pembatalan terdiri dari lebih dari satu tiket maka pengambilan bea dapat diwakilkan pada salah satu penumpang yang tertera pada formulir tersebut.
  9. Jika formulir pembatalan hilang maka wajib melampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian pada saat pengambilan bea tiket yang dibatalkan.
BACA JUGA: BAGAIMANA JIKA LUPA TIDAK BAWA KTP KETIKA PESAN TIKET KERETA API

Jika sudah ada di dalam gerbong Kereta Api dalemnya terlihat rapi, tak ada pedangang wira wiri menawarkan barang dan makanan seperti dulu, ada juga karyawan KAI sendiri yang menawarkan paket sarapan dan makan siang, untuk paket makan pagi pernah saya membeli hargaya mahal untuk kelas "Elit" (ekonomi sulit) sekitar Rp30.000; tapi memang bersih dan pas untuk ukuran sarapan pagi dan rasanya lumayan enak, jadi untuk menghemat biaya perjalanan sebaiknya anda bekal dari rumah saja.

Untuk hari hari besar agama dan libur nasional serta musim liburan sekolah sebaiknya pesanlah tiket jauh jauh hari sebelumnya dan jangan lupa selain pesan tiket keberangkatan anda juga pesan tiket untuk kembali, dari pengalaman saya pribadi selalu kehabisan tiket ketika mau pesan tiket kembali saat posisi di tempat tujuan.

Sumber reverensi: Pengalaman pribadi dan situs resmi PT KAI
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Tuesday, September 13, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top