Home » » DOWNLOAD APLIKASI QUR'AN KEMENAG TERBARU

DOWNLOAD APLIKASI QUR'AN KEMENAG TERBARU

Review Aplikasi Qur'an Kemenag - Download Aplikasi Al Qur'an Kementrian Agama RI - Alhamdulillah akhirnya pada 30 Agustus 2016 kemarin Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Balitbang dan Diklat, Kementerian Agama  meluncurkan aplikasi Qur'an resmi mushaf standard Indonesia rasm usmani, walaupun sudah banyak ratusan aplikasi sejenis ini namun karena ini ada penaggung jawab dan sumber yang jelas akan lebih baik untuk anda download dan istall pada smartphone anda. Aplikasi Qur'an Kemenag ini tersedia berbagai perangkat yaitu Android, web, dan IOS.

Di samping menyajikan teks Al-Quran lengkap 30 juz, aplikasi ini juga dilengkapi dengan terjemahan, tafsir dalam dua pilihan: tahlili (30 juz) dan ringkas, suara murattal Al-Quran dari Syekh Mahmud Khalil al-Husairy, dan di lengkapi bacaan sebab turunya ayat (asbabun nuzul). Tulisan Al-Quran yang digunakan dalam aplikasi ini bersumber dari Mushaf Al-Quran Suharto yang dalam penulisannya mengikuti Mushaf Al-Quran Standar Indonesia.


Mushaf Al-Quran Standar Indonesia adalah Mushaf Al-Quran yang dibakukan cara penulisan teks, harakat, tanda baca, dan tanda waqafnya sesuai dengan hasil yang dicapai Musyawarah Kerja (Muker) Ulama Ahli Al-Quran yang berlangsung 9 kali dari tahun 1974 - 1983, dan dijadikan pedoman bagi mushaf Al-Quran yang dicetak dan diterbitkan di Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Agama.

Adapun Terjemahan Al-Quran yang terdapat dalam aplikasi ini berasal dari Al-Quran dan Terjemahnya yang disusun oleh tim yang dibentuk oleh Kemenag. Sedangkan Tafsir Tahlili yang terdapat dalam aplikasi ini bersumber dari Al-Quran dan Tafsirnya yang diterbitkan Kementerian Agama, ujar Muchlis.

Tafsir Ringkas Al-Quran Al-Karim adalah sebuah buku hasil kajian tafsir yang disusun oleh tim yang dibentuk Kementerian Agama dengan bekerjasama dengan Pusat Studi Al-Quran (PSQ) Jakarta. Saat ini, ia menjelaskan, tafsir ini baru hadir satu jilid yang terdiri juz 1 - 15. Adapun jilid kedua yang berisi juz 16-30, in sya Allah akan ditambahkan nanti setelah edisi cetaknya diterbitkan pada lahir tahun 2016.

Asbabun Nuzul yang terdapat dalam aplikasi ini berasal dari buku Asbabun Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Quran yang diterbitkan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Kementerian Agama pada tahun 2015. Riwayat-riwayat tentang Asbabun Nuzul yang dimuat dalam buku tersebut merupakan riwayat yang dapat diterima (maqbul). Di samping itu, juga dipilih riwayat yang secara jelas (sharih) menerangkan bahwa satu atau beberapa ayat itu turun berkaitan dengan peristiwa yang terjadi ketika itu, katanya lagi.

BACA JUGA: TEMPAT DOWNLOAD MURROTTAL AYAT ALQURAN 30 JUZ FULL

Tentang Aplikasi Qur'an kemenag

  • Diluncurkan pada 30 Agustus 2016
  • Ukuran file download 5,9M
  • Telah di dowload dan install 10.000 - 50.000
  • Versi Saat Ini 1.1
  • Perlu Android minimal versi 4.0.3 dan lebih tinggi
  • Download melalui Google play store (android) dan itunes apple App untuk iOS
Demikianlah review aplikasi terbaru, yaitu Qur'an Kemenag yang wajib anda download dan install pada smartphone anda luamayan untuk bacaan dirumah, diperjalanan, naik bus, angkot, keretapi dan dimana saja untuk menambah ilmu dan keimanan kita.

Reverensi: http://lajnah.kemenag.go.id/
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Saturday, September 10, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top