Home » , » NIH...!!! SISTEM KERJA DAN RISIKO SALES MOTORIS FREELANCE

NIH...!!! SISTEM KERJA DAN RISIKO SALES MOTORIS FREELANCE

AbuazmaShare.Id - Bagaimana Sistem Atau Cara Kerja Sales Motoris Freelance? Berapa Keuntungan & Apa Resiko-nya? - Artikel ini saya tujukan kepada sahabat semua yang tidak mau kerja di pabrik atau di kantor, karja yang tidak terikat oleh waktu dan ruang yang terbatas, tidak mau mendapatkan tekanan atau target oleh atasan. Anda pasti sering melihat seseorang yang mengendarai motor, dibelakangnya ada sadle bag kanan dan kiri, entah apa itu isinya yang pasti ia menjual barang ke warung warung itulah sales motoris secara freelance. bagaimana sih cara kerjanya? terus keuntungan-nya berapa kok mau rela rela berpanas panasan dijalan bahkan kadang kehujanan.

Sistem Kerja & Keuntungan Sales Motoris Freelance

Ini adalah pengalaman pribadi saya sendiri, dulu saya pernah kerja di pabrik namun tidak sampai 1 tahun saya sudah keluar. Karena ternyata capek hati dan capaek tenaga, capek hati karena hasil kerja saya tidak memuaskan atasan sehingga minta diulang kembali, capek tenaga karena saya diharuskan selalu berdiri seharian dihadapan mesin rajut.


Dengan gaji yang terbatas bahkan selalu kurang untuk menutupi kebutuhan sebulan akhirnya saya putuskan untuk bekerja sebagai sales dari perusahaan ke perusahaan distributor saya coba tentunya dengan barang yang berbeda. Terakhir saya diperusahaan distributor makanan dan minuman dengan sistem gaji bulanan sambil belajar sistem kerja setelah menguasai saya terjun sendiri.

Denagn modal sendiri saya belanja dari grosir ke grosir mencari harga beli yang paling murah untuk saya jual kembali, sistem keuntungan-nya diambil dari selisih harga pasar dan grosir kalau harga pasaranya 1 pack Rp10.000; biasanya dari grosir itu Rp9000; nah yang Rp1000; ini adalah keuntungan sales motoris yang berhasil dijual kewarung untuk dijual secara eceran.

Mungkin anda bertanya, Lalu warung untungnya berapa? hmm... begini;

  • 1 Pack itu isinya 24 bungkus
  • 1 bungkus dijual kepada konsumen Rp500;
  • Jadi Rp500; x 24 = Rp12.000;
  • Dengan harga beli Rp10.000; tadi maka warung akan mendaptkan untung Rp2.000; hmm.. sedikit ya untungnya? iya memang tapi kali berapa bumgkus, kalau diasanggup menjual berbungkus bungkus tinggal mengalikan saja.

Modal Kerja Sales Motoris Freelance

  • Sepeda motor + bensin
  • Tas atau Sadle bag kanan kiri
  • Modal awal untuk belanja sekitar Rp300.000 - Rp1000.000; jika sudah berkembang bisa ditingkatkan

Risiko Kerja & Kerugian

Setiap pekerjaan memang ada risikonya, entah itu risiko dijalan ataupun kemungkinan megalami kerugian. Sebagai sales motoris anda harus siap dengan cuaca panas dan hujan, kalau hujan sebaiknya istirahat saja, pastikan hati hati dijalan karena kalau nggak di tabrak orang kadang kita yang menabrak.

Untuk risiko kerugian jika yang anda jual adalah makanan pasti ada masa kadalursanya, maka usahakan terjual secara langsung karena nanti masih dijual secara eceran oleh warung. Pastikan jangan sampai dagangan anda jatuh dijalan, rata rata para sales motoris pernah kehilangan barang ketika dijalan karena muatan penuh.

Siap mental ya.. karena akan banyak penolakan oleh warung dan toko, nggak usah malu biasa saja kale' jika anda memposisikan diri sebagai toko ketika barang masih lengkap nggak mungkin beli barang baru, cepat saja untuk menawarkan ke warung lain-nya.

Jika modal anda kuat bolehlah menyimpan barang 1 - 3 hari diwarung itu, nanti sambil mengambil uang anda masuk-kan barang lagi dan begitu seterusnya, ingat hanya warung yang anda percaya saja dan lihat suasanya rame nggak? ini cocok sekali jika anda terapkan di kantin sekolahan atau pesantren karena nggak sampai 2 hari barang sudah habis, sehingga perputarn-nya cepat.

BACA JUGA: SISTEM KERJA, KEUNTUNGAN, RISIKO PENJUAL PULSA ALL OPERATOR

Itulah cara kerja, sistem keuntungan yang didapat, modal kerja dan risiko kerja sebagai seorang sales motoris secara freelance. Yang pastinya kerjanya tidak terikat oleh waktu dan atasan, anda bisa atur sendiri waktunya, pengalaman saya lama kerja dalam sehari itu cuma 4 - 5 jam saja karena sudah mempunyai langganan.

Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Wednesday, September 14, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top