Home » » CARA HEMAT DATA INTERNET & BATERAI PADA SMARTPHONE

CARA HEMAT DATA INTERNET & BATERAI PADA SMARTPHONE

Bagaimana Cara Hemat Data Internet? - Hemat data internet memang menjadi pilihan utama ketika anggaran untuk membeli kouta internet sudah tak ada lagi, maklum tanggal tua sedangkan kebutuhan koneksi internet tetap ingin menggunakan sebab kita ingin selalu berhubungan sahabat dan keluraga melalui aplikasi media sosial. Solusinya ya harus menghemat kuota data internet.

Perangkat smartphone serta paket data menjadi dua faktor yang bakal susah terpisahkan, buat apa punya ponsel canggih jika tidak ada koneksi internetnya. Tanpa dilengkapi paket data internet, alhasil produk tersebut tak ubahnya ponsel yang biasa saja.

Kehabisan paket data disaat beraktivitas alias sedang dihadapkan dalam situasi genting, pasti menjadi faktor yang paling dikhawatirkan para pemakai ponsel. Paling menyebalkan lagi apabila kuota data tersebut habis terpakai tanpa disadari oleh empunya, misalnya sebab disedot oleh applikasi di latar belakang. Untuk mencegah kejadian tersebut, ada berbagai solusi yang dapat ditempuh antar lain...


1. Aktifkan data saver pada browser Chrome

Peramban Chrome yang populer punya fitur penghemat daya yang praktis dan bisa diaktifkan dengan mudah, Data Saver namanya. Untuk menyalakan Data Saver, pengguna cukup membuka Chrome, lalu pergi ke menu Settings >> data saver.
Caranya baca disini: Cara Menghemat Kuota Internet Pada Browser Chrome Di Android
Begitu dinyalakan, fitur ini akan menjalankan kompresi untuk mengurangi ukuran gambar dan situs web yang dibuka di peramban.

2. Kurangi Aktfitas Streaming Musik dan Video

Layanan streaming musik dan video macam Spotify dan Netflix memang asyik, tapi bisa menyedot kuota dengan dahsyat kalau tak hati-hati dipakai. Supaya tak boros data, ada baiknya mengurangi kualitas streaming sehingga ukuran file musik atau video tidak berlalu bongsor.

3. Hapus Aplikasi Media Sosial

Kok malah dihapus bukan-nya punya smartphone tanpa aplikasi Facebook, WhatsUp, BB messanger, dll, ya memang dngan adanya notifikasi akan mengras baterai dan data internet. Aplikasi Facebook diketahui bisa memboroskan baterai maupun pemakaian data baik di Android maupun iOS.

Sebabnya, aplikasi yang bersangkutan seringkali melakukan aktivitas di latar belakang seperti notifikasi untuk chat dan lain sebagainya. Sebagai alternatif aplikasi Facebook, pengguna bisa mengunjungi laman Facebook mobile yang jauh lebih hemat data serta tak menjalankan macam-macam fungsi di background.

4. Matikan Sinkronisasi Yang Tidak Penting

Google menyediakan aneka macam layanan yang tersinkronisasi secara otomatis dengan ponsel Android pengguna begitu melakukan login ke akun Google. Tak semua layanan ini dipakai oleh pengguna.

Karena itu, opsi sinkronisasi untuk layanan yang tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja. Opsi mematikan sinkronisasi untuk fitur yang tidak dipakai juga bisa diterapkan ke akun-akun lain di luar Google.

5. Restrict Background Data

Ponsel Android memiliki fitur untuk membatasi pemakaian background oleh aplikasi, yakni Restrict Background Data yang terletak dalam menu Settings >> Data Usage. Saat Restrict Background Data diaktifkan, kebanyakan aplikasi hanya akan memakai koneksi data ketika pengguna sedang memakai ponsel (perangkat tidak sedang di-lock) dan terhubung ke Wi-Fi.

6. Simpan musik dan video secara offline

Jika anda sering streaming video & musik dan itu selalu berulang anda tonton, akan lebih baik di download saja nanti ditonton secara Offline. unduh dan simpanlah konten secara lokal di perangkat Android. Hal ini bisa dilakukan pada layanan-layanan streaming seperti Spotify & Youtube dll.

Bukanya sama saja download juga menghabiskan kuota internet? iya memang namun penggunaan-nya lebih besar menonton langsung dengan koneksi internet dari pada download atau 2 kali lebih boros jika dibandingkan dengan streaming
Baca DiSini: Cara Aktifkan "Simpan dulu video youtube Tonton nanti"
Melalui opsi penyimpanan musik secara offline di perangkat, pengguna pun tak perlu mengunduh data tiap kali akan mendengarkan musik. Fitur ini bisa dipakai untuk menghemat pemakaian data. Begitu juga dengan fasilitas offline maps di Google Maps dan YouTube Offline.

Ok sahabat semua, itulah cara hemat data internet dan baterai smartphone anda, dengan melakukan cara diatas setidaknya akan menghemat 40% daripada pemakain biasa tanpa penghematan
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Monday, October 10, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top