Home » » JANGAN BERANI MAIN MAIN PUNGLI "KETAHUAN, TANGKAP, PECAT...!!!"

JANGAN BERANI MAIN MAIN PUNGLI "KETAHUAN, TANGKAP, PECAT...!!!"

Berita Terbaru Terkait Pungli - Saber Pungli - Nampaknya pemerintah kali ini tidak main main keinginan memberantas praktek pungutan liar di berbagai lembaga dan kementrian RI, terbukti pada 21 oktober 2016 ini presiden Jokowi menandatangani  Peraturan Presiden (Perpres)  Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli). Hal ini bermula pada beberapa hari lalu telah tertangkapnya dari oknum Kemenhub yang menangkap anggoanya ketahuan melakukan pungutan liar, akhirnya sekarang semua lembaga atau kementrian berbenah diri agar bersih dari pungutan liar.

Maraknya pungutan liar ini memang sangat meresahkan masyarakat dan investor asing dalam menjalankan usahanya dalam mengurus surat surat terkait usahanya. Jika Perpres ini mengatur semua lambaga berarti mengurus SIM, STNK, Paspor, e-KTP dll harus secara langsung, tanpa melalui calo' dong, Ok-lah bagus juga itu...


Dengan di resmikanya Perpres No 87 thn 2016 ini dibentuk pula struktur organisasi Saber Pungli  yang anggotanya antara lain;
  • Pengendali dan penanggungjawab: Menko Polhukam (Wranto)
  • Ketua Pelaksana : Irwasum Polri. 
  • Wakil Ketua Pelaksana I : Irjen Kemendagri. 
  • Wakil Ketua Pelaksana II : Jaksa Agung Muda Pengawasan. 
  • Sekretaris : Staf Ahli di lingkungan Kemenko Polhukam. 
  • Anggotanya dari Polri, Kejaksaan Agung, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Ombudsman Republik Indonesia, Badan Intelijen Negara (BIN), dan Polisi Militer TNI.
Kami kutip dari situs http://setkab.go.id/, Menurut Menko Polhukam, setiap Kementerian/Lembaga  sudah mempunyai satu pejabat yang fungsinya memang pengawasan. Dengan dua hal itu, maka ditempatkan para pejabat fungsional di bidang pengawasan itu, untuk duduk di Satgas ini, sehingga mereka bisa full time untuk konsentrasi mengurus pungli ini.

Kita tidak main-main. Presiden sudah mengatakan hati-hati, jangan main-main dengan masalah ini. Ketahuan, tangkap, pecat,” tegas Wiranto.

Ia menjelaskan, Operasi Pemberantasan Pungli itu perlu suatu proses yang terus-menerus, apalagi dengan melibatkan masyarakat, maka harus ada respon yang cepat. Dan ini yang dikerjakan oleh orang-orang yang tidak bisa, atau tidak perlu tugas rangkap.

Ditambahkan Menko Polhukam, nantinya di setiap lembaga kementrian akan ditugasi untuk membuat unit-unit Saber Pungli. Pejabatnya adalah pejabat fungsional yang berkecimpung dalam hal pengawasan. “Sambil memberdayakan organisasi, sambil kita mengefektifkan fungsi pengawasan di setiap K/L yang sekarang kita anggap lemah,” tuturnya.

Terkait pengawasannya, Menko Polhukam memastikan, nanti akan ada kroscek. Yang pertama, melalui satu inventarisasi titik-titik rawan pungli di seluruh lembaga kementrian terkait yang berhubungan dengan pelayanan publik. Dari situ nanti unit-unit Saber Pungli harus membersihkan itu.

“Kalau malas misalnya, sudah merasa bersih, ada laporan dari masyarakat, ada kroscek dari sana. Intinya kita coba kepung kegiatan pungli ini dari semua arah, sehingga kita harapkan dalam waktu yang singkat tidak akan muncul lagi,” pungkas Wiranto.

BACA JUGA: NIH...!!! CARA MUDAH MELAPORKAN PEJABAT PEMERINTAHAN KEPADA KEJAKSAAN RI "ONLINE"

Aku lihat sekarang diluncurkan pula website resmi Sapu Barsih Pungli (Saber Pungli) dengan alamat www.saberpungli.id, nah jika ada praktek pungli disekitar anda segera laporkan saja kesini;

SAPU BERSIH PUNGUTAN LIAR

  • Jl. Medan Merdeka Barat No. 15 Jakarta Pusat 10110 
  • Call Center :  193 / 0812-1313-2 / 0856-8880-881 / 0812-1313-23 
  • Email : info@saberpungli.polkam.go.id
Untuk melaporkan anda bisa nelpon langsung atau SMS nomer diatas, bisa juga ditulis melalui email, nanti laporan anda akan dilanjutkan ke lembaga kemntrian terkait sesuai yang anda laporkan yaitu;
  • Kementerian Dalam Negeri
  • Kementerian Luar Negeri
  • Kementerian Pertahanan
  • Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
  • Kementerian Komunikasi dan Informatika
  • Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
  • Badan Intelijen Negara
  • Kejaksaan Agung Indonesia
  • Tentara Nasional Indonesia
  • Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Lembaga Sandi Negara
  • Badan Koordinasi Keamanan Laut
Kami sebagai masyrakat, memyambut positif dan mendukung demi kebersihan negeri ini dari pungutan liar yang tak jelas yang menguntungkan pribadi oknum tertentu, kami harap bukan sekarang saja tapi seterusnya, sehingga masyarakat lebih nyaman ketika mengurus surat surat administrasi kependudukan, para investor dan pengusaha juga lebih aman dan nyaman dalam menjalankan usahanya.

Berita terkait:
Pungutan liar, saber pungli, situs resmi saber pungli, berita terkait pungli terbaru, Cara melapor kasus Pungli, nomer telepon saber pungli, nomer SMS saber pungli, Call center saber pungli, alamat saber pungli.
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Sunday, October 23, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top