follow us

JAWA BARAT BEBAS PAJAK (PKB) DAN BBN, AYO CEPETAN SEBELUM 24 DESEMBER 2016

Info Pajak Gratis (Bebas Denda Pajak) Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Khusus Jawa barat - Rupanya masyarakat Jawa Barat belum banyak yang mengetahui hal ini, buktinya di kantor Samsat saya lihat aktifitas kepadatan masih seperti hari biasa, mungkin kurangnya sosialisasi coba kalau di bikin spanduk yang besar di berbagai perempatan atau persimpangan jalan pasti masyarakat akan mudah mendapatkan info publik yang sangat penting ini. Biasanya kita yang sudah terlambat bayar pajak bertahun tahun akan malas untuk membayarnya, sebab akan terbayang besarnya denda yang sesuai jumlah tahun-nya.

Hal ini biasanya terjadi bagi mereka saat membeli motor dan mobil bekas kondisi kendaraan sudah butut, lagi pula nggak pernah di bawa jauh dari rumah dan berkata "ngapain juga dibayar pajaknya, motornya sudah jelek begitu, mending dijual sajalah".


Nah bagi orang orang seperti ini sebaiknya buang jauh jauh pikiran seperti itu, pasalnya pemprov Jawa barat dalam hal ini dinas pendapatan daerah membebaskan denda pajak tahunan. Aku lihat beberapa selebaran ini diletak-kan dibank Bjb disana tertulis "Pembebasan PKB diberikan kepada selurus masyarakat yang melakukan pembayaran pajak tahunan kecuali untuk kendaraan bermotor baru". hal ini sesuai dengan Keputusan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan Nomor 973/499-Dispenda/2016.

Pemilik kendaraan bermotor yang belum membayar PKB selama bertahun-tahunakan dihapus kewajibannya membayar denda. ”Mereka cukup membayar pajak pokoknya. (mungkin kalau nunggak 7 tahun gede juga, karena tetap bayar pokoknya)

Misalnya:
  • Kendaraan sudah 5 tahun ngak dibayar pajaknya, yang per tahunya Rp500.000; denda pertahun Rp150.000 kalau ditotal Rp650.000;
  • Karena ada program bebas pajak, jadi Rp500.000 X 5 = Rp2500.000; (tanpa 150rb x 5) Ini hanya ilustrasi saja agar pembaca nggak bingung

Disamping Pembebasan denda Kendaraan Bermotor tahunan Pembebasan biaya juga diperuntukan bagi Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) ke dua dan seterusnya (tangan kedua, ketiga, hingga tangan terakhir) . Pebebasan BBNKB di peruntukan bagi seluruh masyarakat yang melakukan proses balik nama kendaraan bermotor penyerahan ke-2 dan seterusnya ini berlakun diwilayah seluruh jawa barat.

Biaya mutasi kendaraan ini nol persen, kalau biasanya ada biaya 1 persen untuk mutasi balik nama kendaraan. Program ini untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Ingat pengumuman ini berlaku bagi masyarakat yang melakukan pembayaran mulai 17 oktober 2016 sampai dengan pembayaran tanggal 24 desember 2016.

Perlu anda ketahi juga pada program sebelumnya bahwa Provinsi Jawa Barat mulai 13 Juni 2016 lalu telah memberlakukan pembebasan BBN KB dan denda BBN KB dari luar provinsi Jawa Barat yang melakukan mutasi masuk ke provinsi Jawa Barat.

Pembebasan BBN KB dan denda BBN KB dari luar provinsi Jawa Barat ini tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat dengan Nomor 973/400-Dispenda/2016 tentang Pemberian Pembebasan BBN KB Luar Provinsi. Pembebasan BBN KB dan denda BBN KB ini berlaku mulai dari 13 Juni 2016 sampai dengan 30 Desember 2016.

Jenis pembayaran yang dibebaskan ini meliputi;

  • Pembayaran pajak Kendaraan Bermotor roda 2 dan 4 (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ)
  • Pengesahan STNK

Pelaksanaan BEBAS BBN ke -2 & Denda PKB

Syarat :
  1. BPKB (asli dan fotokopi)
  2. STNK (asli dan fotokopi)
  3. Cek Fisik Kendaraan (bisa dilakukan cek fisik bantuan dikantor cek fisik dikantor Samsat terdekat)
  4. Kwitansi Jual Beli (materai 6000)
  5. KTP pemilik daerah yang akan dituju (asli dan fotokopi)
  6. (Untuk badan hukum ): Salinan akte pendirian + 1 lembar foto copy, keterangan domisili, surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan.
Untuk intansi pemerintah ( termasuk BUMN & BUMD ) : surat tugas atau surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap intansi yang bersangkutan.

Tata Cara :
  • Kendaraan dihadirkan ke Samsat Induk tempat kendaraan terdaftar untuk melakukan Cek Fisik (gesek nomor rangka+mesin).
  • Menuju gudang arsip untuk mengambil berkas kendaraan.
  • Menuju Bagian Loket Mutasi (menyerahkan BPKB+KTP daerah yang dituju beserta fotokopi).
  • Menunggu Berkas keluar dengan waktu tertentu. (mendapat surat jalan sementara).
  • Kebagian Fiskal. Mendapatkan berkas mutasi keluar.
  • Setelah Berkas keluar, Lapor ke samsat daerah tujuan. (menyerahkan berkas-berkas yang diterima ke bagian mutasi).
  • Kendaraan dihadirkan ke Samsat Induk tujuan untuk melakukan Cek Fisik (gesek nomor rangka+mesin).
  • Kembali ke samsat daerah tujuan (menyerahkan berkas-berkas dan mendapat surat jalan sementara).
  • Menunggu STNK + Plat Nomor.
  • Kembali ke samsat induk tujuan untuk mengambil STNK + Plat Nomor baru.
  • Menunggu BPKB yang di-update dengan waktu tertentu.
  • Mengambil BPKB yang telah di Update.
  • Selesai.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai Kebijakan Gubernur ini, silahkan datang ke kantor samsat induk asal maupun samsat induk tujuan.

BACA JUGA: BIKIN SIM C Rp100rb BERAPA KALAU NEMBAK...??? BACA DISINI
Demikianlah info publik kali ini yaitu tentang pengumuman program BEBAS BBN KE-2 & DENDA PKB untuk wilayah jawa barat, Ingat, tetap bayar pokoknya saja dendanya gratis...!!! jika kendaraan anda tidak membayar pajak 10 tahun tetap bayar pajak 10 tahun itu, dendanya nggak dihitumg, manfaatkan moment ini dengan sebaik baiknya. Lumayan hemat...

You Might Also Like: