Home » » PERSYARATAN, BIAYA DAN GAJI CALON TKI KE LUAR NEGERI

PERSYARATAN, BIAYA DAN GAJI CALON TKI KE LUAR NEGERI

Berapa Gaji Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia, Brunei Darussalam, Korea Selatan, Taiwan, Arab Saudi, Kuwait, Eropa (UEA), Bahrain, Qatar, Oman, Hongkong, Singapura, Jepang? - Apa Saja Persyaratan TKI Legal / Resmi? - Apa Akibatnya Jika Jadi TKI Ilegal? - Sebelum ke Pokok artikel ini cerita dulu yuk... Susahnya mendapatkan pekerjaan yang layak dan gaji besar untuk lulusan setaraf SMA / SMK membuat mereka berfikir keras bagaimana caranya mendapatkan pekerjaan yang layak dan gaji besar itu. Ujung ujungnya pikiran mereka tertuju pada bekerja keluar negeri, hal ini terdorong juga karena banyak kisah sukses orang orang yang sebelumnya hidup biasa biasa tidak punya rumah dan kendaraan, setelah pulang dari luar negeri mulai terlihat rumah baru dengan adanya mobil terpakir di depan rumah.

Itu cerita yang sukses, tapi banyak juga yang gagal setelah jadi TKI di luar negeri bahkan pulang dengan kehinaan yaitu diusir paksa (deportasi) ke negeri asal tanpa membawa uang, dan ini nampaknya sudah menjadi pemandangan biasa yang terjadi dikawasan Entikong Kalimantan Barat yang merupakan pintu masuk ke Bandar Kuching Malaysia dan Nunukan kalimantan Utara yang merupakan pelabuhan lintas dengan kota Tawau, Malaysia, ke-2 kawasan itu memang pintu masuk dan keluar ke Malaysia (Sarawak).


Lalu kenapa yang dideportasi hanya dari malaysia saja ya? gak ada ceritanya TKI dideportasi dari Korea Selatan atau Honkong, hal ini wajar saja secara gitu lho... Malaysia itukan tetangga paling dekat dengan Indonesia khususnya Malaysia Timur (Sarawak) lihat saja Entikong itu perbatasanya hanya pagar saja.

Cukup bikin Paspor 500 ribu saja lalu di cap sebagai pengunjung 1 mingggu - 2 minggu dan bahkan dengan alasan tertentu anda bisa memperpanjang hingga 1 bulan di Imigrasi Kuching anda sudah bisa bebas berkeliaran ke berbagai kota di Sarawak dan bahkan mencari kerja asalkan uang anda mencukupi. O iya masa memperpanjang passpor ini diberikan sesuai bekal anda jika uang anda banyak bisa sampai sebulan, hmm... bisa nih cari kerja disana.

Pengalaman Jadi TKI Ilegal / Tidak Resmi di Malaysia

Nih...!!! saya ada saran, kalau mau jadi TKI jangan setengah setengah seperti itu, jadilah Tenaga Kerja Indonesia yang sah, Legal punya surat surat dan bukti resmi seperti visa dan permit kerja dengan begitu anda menjadi tenang, anda bebas ke kota kota di Malaysia atau dimana saja jika hari libur dengan membawa bukti identitas diri.

Tidak seperti TKI ilegal, jika kerjanya kilang atau pabrik anda hanya bisa hidup disitu saja hingga pulang ke Indonesia, jika kerjanya di Perkebunan hidup anda hanya di kebun itu saja bertahun tahun gak aman kalau kekota. Polisi sana itu kebanyakan bisa mengenali orang asing dari cara bicara dan penampilan anda, jika ditangkap anda akan di tahan dulu lalu setelah itu dideportasi.

Kok tahu sih? iyalah... saya pengalaman jadi TKI ilegal tapi nasib saya nggak sampai teretangkap seperti itu, saya berhati hati jika kemana saja, jika kekota cari hari libur nasional seperti hari kemerdekaan dan 'Idul Fitri / 'Idul Adha. ke-3 hari libur nasional itu nggak ada pencegatan atau istilah di Indonesia Razia.

Saya kerja dan tinggal di perkebunan buah, kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula dan bumbu bumbu bisa belanja ke kantin kamp kamp TKI legal / resmi. Kalau sayur tanam sendiri saja di belakan kamp yang letaknya didalam kebun, 1 kamp ini di isi 5 - 7 orang ilegal semua, kalau berangkat kerja disamperi mandor dengan mobil Pickup-nya.

Start kerja itu jam 6 pagi harus sudah didalam kebun, jadi stengah 6 itu harus sudah standby didepan Kamp dengan baju kerja (yang jelek) pakai kupluk dan caping dan alat masing masing. lah... bisa dibayangkan seperti itulah kegiatan setiap hari mempriatinkan, o iya kalau hari minggu libur nah kalau hari Jumat jangan harap bisa jumatan, karena tidak ada mesjid disana (Sarawak) kebanyakan orang china kalaupun bisa Jum'atan harus minta cuti dan cari mesjid jauuhhh...banget di kawasan TKI legal.

Penting nih... kalau mau jadi TKI sebaiknya jangan ke Malaysia, gajinya kecil hanya sekitar Rm1000an/bulan kalau ditukar ke Rupiah paling sekitar Rp3200.000; tapi ingat kita hidup disana itu seperti diIndonesi dalam hal kebutuhan makan, ngerokok dll jika tidak hemat uang anda akan habis dalam sebulan itu dan pulang tidak bawa uang, apa nggak malu tuh... sudah dulu ya ceritanya, kita menginjak ke inti artikel ini...

BACA JUGA: BIAYA HIDUP DI MALAYSIA UNTUK TENAGA KERJA INDONESIA

Persyaratan Jadi TKI Formal (Jalur Resmi)

TKI formal yang dimaksud yaitu tenaga kerja yang akan bekerja pada sektor-sektor formal di perusahaan-perusahaan di negara tujuan TKI, bukan bekerja untuk perorangan / wiraswasta.

Syarat Umum

Beberapa persyaratan umum untuk bekerja menjadi TKI di sektor formal terbaru :
  • Usia antara 20 - 35 tahun
  • Berbadan sehat, tidak cacat
  • Pendidikan minimal SMA

Syarat Dokumen Pendaftaran di PJTKI

Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan :
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Akte Kelahiran
  • Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB)
  • Kartu kuning dari Depnaker
  • Surat persetujuan orang tua/suami/isteri
  • Dokumen-dokumen lain yang harus diisi dari PJTKI yang akan memberangkatkan
Seluruh persyaratan tersebut harus dipenuhi oleh calon TKI sebelum melakukan Medical Check Up  (MCU). Masih ada beberapa persayaratan lain yang akan diminta tergantung pada negara tujuan dan perusahaan yang akan menggunakan. Persyaratan-persyaratn tersebut akan diberitahukan oleh PJTKI yang bersangkutan.

Prosedur

Pihak PJTKI yang akan menangani keberangkatan, calon TKI akan memberikan beberapa dokumen yang merupakan bagian dari persyaratan awal yang harus dipenuhi sebelum melakukan medical check up.

Medical check up
Setelah persyaratan awal dipenuhi, pihak PJTKI akan meminta untuk melakukan MCU di laboratorium ataupun klinik kesehatan yang telah di tunjuk oleh pemerintah. Biaya MCU ini sepenuhnya harus ditanggung oleh calon TKI, dengan besarnya bervariasi tergantung negara tujuan.

Penyelesaian persyaratan akhir
Setelah calon TKI dinyatakan lulus tes kesehatan maka semua calon TKI harus menyelesaikan seluruh persyaratan yang telah di tetapkan, baik pengadaan dokumen-dokumen yang diminta maupun penyelesaian pembiayaan, kecuali  jika biaya keberangkatan ditanggung PJTKI dengan syarat pemotongan gaji.

Setelah seluruh persyaratan dipenuhi oleh calon TKI, maka proses selanjutnya akan meliputi pendidikan dan latihan, pembuatan paspor, menunggu visa, serta pembekalan akhir pra pemberangkatan.

Pemberangkatan
Pemberangkatan dilakukan setelah seluruh pesyaratan dan dokumen-dokumen yang diperlukan telah selesai dan visa telah turun. Lamanya proses rekruitmen hingga keberangkatan bisa memakan waktu antara 1 sampai 6 bulan, tergantung cepat tidaknya pengurusan persyaratan dan turunnya visa. (Hal inilah yang membuat para calon TKI nggak sabar)

Perkiraan Biaya dan Gaji TKI

Selama ini masyarakat banyak yang tidak mengetahui berapa sebenarnya biaya yang diperlukan oleh calon TKI dari mulai proses rekruitmen sampai berangkat ke luar negeri. Begitu pula dengan gaji yang akan diterima setelah mereka mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Biaya Medical Check Up

Biaya ini tergantung pada negara tujuan :
  • Singapura & Brunei : Rp.75.000
  • Malaysia                   : Rp. 225.000
  • Timur Tengah           : Rp. 150.000
  • Taiwan                      : Rp. 350.000
  • Eropa                        : Rp. 150.000

Perkiraan Biaya keberangkatan 

  • Malaysia/Singapura           : Rp. 4.000.000
  • Brunei                                : Rp. 7.500.000
  • Korea                                  : Rp. 12.000.000
  • Taiwan                                : Rp. 28.000.000
  • Arab Saudi                          : Rp. 7.500.000
  • Uni Emirat/Qatar/Bahrain   : Rp. 7.500.000
  • Hongkong                           : Rp. 22.500.000

Kenapa saya bilang perkiaan?

  • Biaya- biaya tersebut bisa berubah tergantung nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika.
  • Beberapa PJTKI memberikan pelayanan dengan menanggung biaya tersebut dan pembayarannya dilakukan dengan memotong gaji TKI
  • Biaya keberangkatan adalah biaya yang diperuntukan bagi pengurusan paspor, uji kesehatan, visa, pelatihan, transportasi, jasa agen PJTKI, dan biaya operasional. Besarnya bervariasi tergantung negara tujuan 

Perkiraan Gaji TKI Dalam Mata Uang Rupiah (Rp) 2016 - 2017

Tergantung pada negara tempat TKI bekerja, gaji yang akan diperoleh adalah (tanpa lembur) :
  • Malaysia         : Rp. 2.100.000
  • Brunei             : Rp. 2.000.000
  • Korea Selatan  : Rp. 3.100.000
  • Taiwan             : Rp. 3.100.000
  • Arab Saudi       : Rp. 2.200.000
  • Kuwait             : Rp. 2.600.000
  • UEA                 : Rp. 2.300.000
  • Bahrain             : Rp. 2.800.000
  • Qatar                : Rp. 2.400.000
  • Oman                : Rp. 2.600.000
  • Singapura         : Rp. 1.700.000
  • Hongkong       : Rp. 10.600.000
Sebenarnya besarnya gaji tersebut dapat dibaca pada Perjanjian Kerja (PK), nah dengan membaca kenyataan yang ada, jika anda berniat menjadi TKI jangan tergiur dengan iming iming gaji yang uwaahhh...!!! dari para calo' atau orang yang mencari keuntungan pribadi tanpa memikirkan nasib anda disana nanti, semoga artikel saya ini membuka wawasan anda yang masih buta tentang biaya dan gaji Tenaga Kerja Indonesia yang sebenarnya.

Kalau menurut saya pribadi bekerja keras di negeri sendiri akan lebih baik dari pada anda bekerja di negara lain. Tapi jika anda ingin mencari pengalaman hidup dan ilmu, itu akan saya dukung karena kenyataanya disana teknologi lebih maju sebagai contoh dulu saya tanam mangga disana itu 3 bulan sudah panen, kalau di kampung saya harus nunggu bertahun tahun.
BACA JUGA: MEKANISME, HAK DAN KEWAJIBAN TKI DI MALAYSIA
Memang butuh perjuangan keras untuk meraih kesuksesan dalam berwira usaha, kalau belum punya modal dan pengalaman bekerjalah ikut orang lain, ambilah ilmunya dan praktekan sendiri nantinya. Bisa diperkirakan dalam waktu 3 - 4 bulan usaha anda akan terlihat hasilnya. Tidak mengapa kita korbankan masa muda 3 - 4 bulan tapi efeknya bisa untuk bekal hidup sampai tua dan meninggal bahkan usaha anda bisa dilanjutkan sampai anak dan cucu.

Sumber: http://www.infotki.50megs.com & Pengalaman Pribadi
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Tuesday, October 04, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top