Home » , , » STOP...!!! MEMBUANG MAKANAN, TIPS HINDARI MUBADZIR DALAM HAL MAKANAN

STOP...!!! MEMBUANG MAKANAN, TIPS HINDARI MUBADZIR DALAM HAL MAKANAN

AbuazmaShare.Id - Bagaimana Cara Menghindari Mubadzir (Terbuang sia sia) dalam hal makan sehari hari? - Dalam keadaan keungan yang stabil bahkan ada lebih dari cukup terkadang kita loyal sekali dalam hal belanja, baik itu belanja pakaian, barang elektronik, perabot rumah tangga, terutama menu makan sehari hari. Kita tidak menyadari betapa susuahnya saudara kita yang hidupnya pas pasan bahkan selalu kurang dalam mencukupi kebutuhan sehari hari, kita baru sadar ketika posisi kita seperti mereka.

Apa lagi sekarang di tengah dunia yang sedang krisis pangan seperti di negara konflik di timur tengah, rasanya tak bijak jika kita masih membuang-buang makanan sisa. Saatnya bertanggung jawab atas apa yang kita konsumsi!

7 cara untuk mengurangi sisa makanan dari dapur kita

1. Memasaklah sesuai rencana. 

Buat menu makanan mingguan atau bulanan, sesuaikan dengan kebiasaan keluarga Anda. Menu ini akan menjadi panduan kita untuk mengetahui kebutuhan bahan pangan yang harus dibeli.

2. Atur Porsi Makanan

Untuk melatih kemampuan menghitung porsi makanan dengan akurat, gunakan resep masakan yang menyertakan jumlah porsi. Dengan demikian, Anda akan terlatih untuk mengetahui jumlah bahan untuk memasak yang sebenarnya dibutuhkan.


3. Sebaiknya simpan bahan pangan yang sudah Anda beli dalam kulkas. 

Pahami teknik menyimpan bahan pangan di kulkas untuk menjaga kesegarannya. Umumnya kulkas berdesain modern telah menyertakan lambang-lambang untuk memudahkan Anda menyimpan sesuai kegunaannya.

Misalnya, ikan, daging, dan ayam disimpan  di freezer, sedangkan sayuran dan buah diletakkan di bagian bawah. Makin sembrono  Anda menyimpan, bahan pangan akan makin mudah membusuk dan terbuang, dan Anda jadi makin sering membeli.

4. Perkirakan Keluarga Yang Ikut Makan Hari Ini

Ketika memasak, hitung kembali anggota keluarga yang ada di hari itu dan sesuaikan jumlahnya. Jika memang ada anggota keluarga yang tak ikut makan karena di luar rumah, kurangi jumlah masakan Anda.

5. Memasak Mendekati Waktu Makan

Masaklah sayur mendekati waktu makan, karena sayur tidak dapat dimasak ulang atau disimpan terlalu lama. Selain nilai gizinya akan hilang, juga bisa berbahaya untuk kesehatan.

6. Olah Kembali Nasi Sisa Semalam

Masih memiliki sisa makanan? Gunakan kreativitas untuk mengolah kembali sisa makanan yang ada. Misalnya, sisa nasi bisa dibuat menjadi nasi goreng untuk sarapan. Untuk Jenis sayur atau makanan teretentu jika memungkinakn Cobalah untuk mengolah sisa makanan menjadi bahan bermanfaat, seperti membuat kompos untuk pupuk tanaman.

7. Pertimbangkan Antara Nafsu Semata Atau Kebutuhan

Ketika membeli makanan, tidak perlu lapar mata, cobalah memaknai kata secukupnya. Tampilan makanan yang menarik memang menggoda, tapi coba pikirkan lagi, apakah memang Anda membutuhkannya?

BACA JUGA: AWAS...!!! 7 JENIS BAHAN MASAKAN INI BERBAHAYA JIKA DI HANGATKAN LAGI

Begitulah tips menghindari kebiasaan membuang sia sia sisa makanan, yang merupakan pemborosan pastinya di benci Allah dan rosul-Nya.


Faunda Liswijayanti - www.femina.co.id
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Tuesday, October 18, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top