follow us

TAHUKAH ANDA APA ITU PENYAKIT STROKE? APA YANG TERJADI?

Penyakit Apa Itu Stroke? Apa yang terjadi di otak ketika terserang stroke? - Jika mendengar kata kata Stroke maka yang terlintas di benak kita adalah Penjakit Yang Dekat Dengan Kematian, karena memang penyakit Stroke ini rata rata penderitanya berujung pada kematian kecuali penderitanya segera mungkin dirawat dan ditangani secara khusus. Saat ini penyakit sroke sering sekali kita jumpai pada masyarakat modern seperti sekarang terutama pada usia di atas 50 tahun keatas namun tidak menutup kemungkinan usia muda juga berpeluang terkena stroke, bukan hanya penderitanya yang tersiksa namun anggota keluarga dan orang orang terdekat juga terkena dampaknya, karena memang penderita penyakit stroke ini secara fisik sudah tidak sempurna lagi.

Imge by: www.m.webmd.com

Devinisi Stroke

Beban yang ditimbulkan oleh penderita penyakit stroke mencakup beberapa hal, mulai dari fisik, emosi bahkan keuangan juga akan terkuras karena memang biaya pengobatan dan pasca pengobatan (rehabilitasi) mahal. Lalu apa itu penyakit Stroke? Dalam bahasa inggris Stroke bermakna "Pukulan", ada banyak sekali terminologi dan devinisi stroke , salah satunya sroke adalah salah satu sindrom klinis yang di tandai oleh serangan akut atau mendadak yang menyebabkan kelumpuhan salah satu sisi badan secara persisten.

Menurut WHO pada tahun 1988, stroke adalah tanda tanda klinis mengenai gangguan fungsi serebal secara fokal atau global, yang berkembang dengan cepat, dengan gejala yang berlangsung selama 24 jam atau lebih, atau mengarah ke kematian tanpa penyebab yang kelihatan, selain tanda tanda yang berkenaan dengan aliran darah di otak.

Namun dalam bahasa yang sederhana dapat dikatakan bahwa stroke adalah serangan mendadak yang terjadi di otak yang melibatkan pembuluh darah di otak yang tersumbat atau pecah ada akhirnya bermanefestasi delam beragam gejala mulai dari kelumpuhan, bicara yang tidak jelas (pelo), terganggu ketika menelan, cara berjalan yang pelan dan gemetar dan masih banyak lagi.

serangan di otak tersebut disebabkan oleh 2 hal yaitu adanya sumbatan atau hambatan dan adanya pembuluh darah yang pecah di otak, ke dua hal itu pada akhirnya aka menimbulkan gangguan pada daerah otak tertentu yang di pengaruhi oleh pembuluh darah yang pecaha atau tersumbat tadi.

Begitulah devinisi atau penjelasan sedikit mengenai penjakit stroke, pada halaman selanjutany akan kami jelaskan istilah istilah yang pada penyakit stroke, kemudian gejala gejala jika terserang stroke, perawatan dan rehabilitasinya, tetaplah bersama kami untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai panyakit Stroke

Reverensi: Dr. Rudianto Sofwan dalam bukunya "Stroke dan Rehabilitasi Pasca-Stroke"

You Might Also Like: