Home » » 8 TIPS MENATA RUANG KERJA DIRUMAH INI SUNGGUH NYAMAN JIKA ANDA IKUTI

8 TIPS MENATA RUANG KERJA DIRUMAH INI SUNGGUH NYAMAN JIKA ANDA IKUTI

Bagaimana Cara Menata Ruang Kerja di Rumah Agar Lebih Nyaman? - Apakah anda seorang publiser, konsultan (arsitek, desainer interior, desainer grafis, engineer), broker, trader, pengacara, notaris, dokter, atau akuntan. Aku yakin anda pasti kerjanya banyak di dalam rumah seperti yang saya lakukan selama ini sebagai publiser. Memang kerja di dalam rumah lebih nyaman dibandingkan kita kerja diluar atau di perusahaan orang lain, Kita tidak perlu kepanasan dan kehujanan, tidak perlu capek bermacet macetan di jalan, kita hanya cukup memanfaatkan teknologi yang sekarang mulai di lirik para pebisnis online yaitu hanya di depan komputer/laptop.

Nah untuk mendapatkan suasanya kerja yang nyaman kita perlu menata ruangan yang merupakan kantor pribadi kita, dengan suasana dan keadaan yang nyaman kita tidak mudah stress ketika mengerjakan tugas harian, dengan suasana dan tempat yang nyaman kita akan lebih semangat dan bisa berlama lama di ruang kerja sehingga hasil kerja kita memuaskan.

Lalu ruangan kerja yang seperti apa agar suasanya nyaman? penataan ruangan kerja yang bagaimana agar berdampak positif terhadap hasil kerja kita? Ok dari pengalaman pribadi ada 7 tips yang dapat saya bagikan, antara lain;..


Tips Menata Ruang Kerja Dirumah Yang Nyaman Dan Menari

1. Anda Harus Tentukan Letak Ruang Kerja

Bekerja identik dengan aktifitas yang dituntut untuk fokus tanpa ada gangguan dan tanpa mengganggu orang lain. Jadi, silahkan Anda menentukan sendiri dimana ruang kerja yang menurut Anda aman, nyaman tanpa bercampur ruangan dengan keluarga seperti di kamar tidur atau diruang tamu. Gunakan ruang kosong yang tidak terpakai untuk ruang kantor Anda.

2. Berikan Sirkulasi Udara Yang Cukup

Sirkulasi udara pada ruang kerja adalah hal penting agar ruangan nyaman untuk bekerja. Selain sirkulasi udara, penting juga memperhatikan orang yang mengisi ruang kerja tersebut. Jika ada karyawan, pintu masuk ruang kerja sebaiknya berbeda dengan pintu masuk rumah. Ruangan kerja juga sebaiknya dapat diakses langsung dari teras rumah, tanpa perlu masuk dulu ke dalam rumah, sehingga tidak mengganggu penghuni rumah.

Jika diperlukan, dapat dipasang penyejuk udara: AC, kipas angin, atau exhaust fan. Pastikan kapasitas penyejuk udara sesuai dengan ukuran ruangan. Kapasitas yang terlalu tinggi untuk ruangan yang kecil dapat membuat suhu terlalu rendah, begitu pula sebaliknya.

3. Atur Letak peralatan Kerja

Posisi untuk meletakkan peralatan kerja berpengaruh dalam menciptakan kenyamanan bekerja dan sirkulasi penghuni ruangan. Rencanakan di mana peralatan akan diletakkan agar tidak mengganggu aktivitas atau sirkulasi orang. Jangan meletakkan komputer membelakangi jendela, karena akan menyilaukan saat Anda melihat layarnya.

Posisi yang paling baik adalah komputer diletakkan di samping jendela. Anda dapat menambahkan rak dan buku-buku, rak buku, meja dan kursi komputer, telepon, tempat penyimpanan filing. Sesuaikan ukuran meja dan kursi dengan luasnya ruangan.

4. Pilih Warna Ruangan Yang Netral

Warna yang dipilih di ruang kerja (kantor) sebaiknya menggunakan warna netral seperti putih. Pemilihan warna yang tepat diharapkan bisa meningkatkan semangat Anda ketika bekerja. Pilih dan gunakan warna cat yang bisa menyatu dan kohesif dengan lantai. Pertimbangkanlah untuk menggunakan warna-warna yang netral sebagai warna utama.

Warna netral akan memberikan kesan ruangan kantor yang luas, ingat bahwa kantor Anda adalah area dengan space yang sempit, sehingga Anda sebaiknya menggunakan warna-warna yang terang agar kesan luas bisa didapatkan.

Setalah memilih warna utama, selanjutnya Anda bisa menggunakan 1 warna bright sebagai aksen. Warna terang sebagai aksen akan memberikan daya tarik, sehingga ruangan tidak terkesan polos dan monoton.

5. Aturlah Pencahayaan

Untuk pencahayaan di ruang kerja (kantor) Anda, sangat disarankan menggunakan jenis lampu pijar yang berwarna kuning dan lampu dengan intensitas cahaya yang cukup tinggi agar mata Anda tidak cepat lelah. Gunakan floor lamp yang cukup tinggi, ceiling fixtures atau lampu gantung untuk memberi kesan dramatis tetapi ruangan kantor harus dijaga agar tetap lega.

Dibanyak ruangan kantor Anda pasti sering melihat lampu spotlight atau downlight, Anda juga bisa menggunakannya di ruang kerja Anda. Jika memungkinkan tambahkan task lamp dimeja Anda, task lamp sangat efektif dan tidak mengambil banyak space diatas meja atau area kerja Anda.

6. Letakan Hiasan Yang Anda Sukai

Selain nyaman mungkin Anda memerlukan hal yang menarik agar kinerja Anda semakin menikmati berada di ruangan tersebut. Nah, agar ruang kerja Anda lebih menarik, berikan hiasan dekorasi yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan kantor Anda. Anda bisa memajang foto-foto di dinding, lampu hiasan atau perabotan unik dan lucu di letakkan disekitar ruang kerja Anda.

7. Jauh Dari Suara Bising & Berisik

Suara yang bising dari kendaraan bersliweran dan berisik suara anak anak tetangga yang lagi main sungguh mengganggau kita disaat sedang serius dan konsentrasi mengerjakan pekerjaan harian kita, hal ini sering saya alami ketika ruangan kerja saya dekat dengan jalan raya, akan kebih baik anda punya ruang kerja yang terpisah atau jika rumah anda berlantai 2 atau lebih ruang paling atas pilihan yang tepat.


8. Perdengarkan Musik Yang Anda Sukai

Hmm... kalau yang ini saya yakin pasti setiap orang suka dengan musik, entah itu musik pop, dangdut, jazz, musik daerah, bahkan musik instromental. Anda bisa lihat diberbagai tempat entah ia bekerja di bangunan, ataupun di kantor suara musik selalu tidak ketinggalan menemani mereka.

BACA JUGA: CARA AGAR RUANGAN RUMAH SELALU HARUM ALAMI
Ok sahabat semua, begitulah beberapa tips agar  Cara Menata Ruang Kerja di Rumah Agar Lebih Nyaman dan menarik sehingga kita betah didalam ruangan itu mengerjakan tugas harian kita. Disamping ruangan ini untuk bekerja bisa juga untuk ruang belajar yang nyaman.

Reverensi: http://www.propertiindonesiaku.com/article/menata-ruang-kerja-tuh-begini-nyaman-dan-menarik/
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Tuesday, November 01, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top