Home » , » Awas...!!! Posisi Menggunakan Gadget Yang Salah Dapat Membahayakan Kesehatan

Awas...!!! Posisi Menggunakan Gadget Yang Salah Dapat Membahayakan Kesehatan

Info Kesehatan - Posisi Yang Salah Ketika meggunakan Gadget/Semartphone, TV, Leptop - Dampak Negetaif Menggunakan Teknologi Disebabkan Salah Posisi Menggunakan Tenologi - Kemajuan teknologi yang semakin meningkat membuat gadget menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Penggunaan gadget hampir dapat ditemukan diseluruh aktivitas manusia. Bahkan bagi sebagian orang sangat sulit rasanya melepaskan diri dari ketergantungan gadget.

Namun tanpa diketahui, penggunaan gadget sendiri memberi dampak dan pengaruh yang cukup membahayakan bila dipakai terlalu berlebihan. Selain terdapat efek radiasi,, posisi tubuh ketika  menggunakan gadget juga perlu diwaspadai karena dapat mempengaruhi kesehatan. Kira kira posisi tubuh seperti apa yang ternyata dianggap berbahaya? Yuk simak di bawah ini.

1. Tidur sambil tengkurap dengan separuh badan terangkat sambil menggunakan handphone

Walaupun bagi sebagian orang posisi ini dianggap nyaman, posisi seperti ini  membuat tekanan darah menuju jari jari tangan terhambat oleh posisi siku yang tertahan pada lantai. Hal ini dikarenakan semua berat badan tertumpu pada siku sehingga hal ini dapat memperburuk saraf saraf pada tangan, lengan, dan jari.

Jika hal terus dilakukan maka akibat nya dapat membuat anda cepat kesemutan, mati rasa dan bahkan nyeri.sehingga lama-kelamaan anda akan kehilangan tenaga untuk menggemgam ponsel.

Lebih  baik jika posisi anda berguling ke samping, cari posisi yang akan mengambil tekanan dari siku anda dan meringankan kerja punggung anda. Gunakan satu tangan secara bergantian agar tidak menghambat aliran darah terutama pada tangan, pundak, dan leher.

2. Posisi berdiri dengan kepala tertunduk ke ponsel

Ketika berada di posisi seperti ini anda akan mempercepat degenerasi tulang belakang sehingga dapat membahayakan otot leher anda. Sebuah penelitian di jurnal bedah internasional menemukan bahwa posisi ini seakan memberi beban sekitar 60 pound atau setara dengan empat bola bowling pada tulang belakang bagian atas.

3. Menggunakan laptop dalam posisi duduk sambil memangku

Posisi seperti ini membuat kepala anda akan membungkuk dan menyebabkan sakit punggung serta linu disekitar panggul. Selain itu, aliran darah di kaki akan terganggu dan menyebabkan anda merasa lemas saat akan berdiri.

Seorang ahli fisioterapis di dalhouise university menyebutkan bahwa posisi memangku laptop dengan badan membungkuk seperti itu dapat menyebabkan masalah sepanjang tali tulang belakang. Posisi baik yang disarankan yaitu dengan menggunakan meja sebagai alas laptop dan duduk sejajar dengan meja.

4. Duduk bersandar sambil bermain tablet atau ponsel dengan paha tertekuk

Jika anda terlalu sering menggunakan gadget dengan posisi seperti ini dapat mengakibatkan nyeri punggung dan leher. Jika memang ingin posisi  yang santai, lebih baik dengan berbaring menyamping namun dilakukan secara bergantian ke arah kanan dan kiri. Tetapi yang harus diingat jangan menutup sebelah mata saat sedang menggunakan gadget  dalam posisi  ini karena dapat menyebabkan gejala kebutaan sementara.

5. Posisi tengkurap dengan ponsel diletakkan di lantai 

Posisi ini sangat tidak baik karena memaksa darah mengalir ke bagian kepala lebih cepat dari biasanya. Di waktu yang sama, otot leher pun dipaksa menopang berat bobot kepala.

Efek dari posisi ini dapat menyebabkan nyeri punggung. Selain itu menurut penelitian di australia, posisi ini juga menyebabkan sakit punggung bagian bawah. Sehingga sangat membahayakan tubuh. Akan lebih baik jika diganti dengan posisi rebahan dan memegang gadget dengan kedua tangan di atas kepala.

6. Posisi kepala yang terlalu menunduk atau menengadah saat menonton televisi

Pada saat menonton televisi, penempatan jarak televisi yang terlalu jauh atau dekat serta terlalu tinggi ataupun rendah dapat menyebabkan kerja sendi, otot, ligament, dan tulang menjadi  lebih berat daripada sebelumnya. Hal ini dapat menyebabkan anda merasa cepat lelah.
BACA JUGA: INGIN INFO & PENGADUAN MASALAH KESEHATAN? YA KE "HALO KEMKES DAN POJOK INFO"
Nah itu dia beberapa Posisi Yang Salah Ketika meggunakan Gadget/Semartphone, TV, Leptop yang harus anda hindari. Dampak Negetaif Menggunakan Teknologi Disebabkan Salah Posisi Menggunakan Tenologi , Semoga bermanfaat
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Monday, November 14, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top