Home » , » INGIN JUALAN KE LUAR NEGERI SECARA ONLINE? SILAHKAN BACA TIPS INI...!

INGIN JUALAN KE LUAR NEGERI SECARA ONLINE? SILAHKAN BACA TIPS INI...!

Hal hal yang perlu diperhatikan jika ingin bisnis online menembus pasaran luar negeri - Jika kita bicara bisnis online melalui website toko online tentunya tak lepas dari pasar dalam negeri hingga ke luar negeri, karena tahu sendiri-kan sekarang orang akan memilih cara yang praktis tanpa keluar rumah barang cukup dipesan melalui jaringan internet pada situs resminya kemudian bayar melalui credit card atau transfer melalui akun semacam paypal dan barang diantar dengan garansi. Hal inilah membuat para pebisnis menjadi tantangan tersendiri, jika berhasil dilalui maka kesuksesan akan menanti.

Kita bisa lihat situs toko online iklan-nya sudah tersebar baik di dalam negerinya maupun di luar negeri seperti lazada, blibli, zalora, elevania mereka menjadi contoh sukses bagi anda yang akan memulainya. Situs toko online ini cara memasarkan barangnya tak tanggung tanggung dengan menggunakan jasa periklanan terbesar di dunia yaitu google adword, beriklan di situs PPC, CPM dll. Wajar saja cepat sekali berkembangnya.


Memang seharusnytalah para pebisnis selalu mencari cara untuk mengembangkan bisnis mereka. Merambah pasar luar negeri tentu menjadi suatu pertimbangan. Meskipun tidak semua pebisnis memiliki misi tersebut, namun banyak dari mereka yang berusaha memperluas pasar hingga luar negeri untuk meraih peluang pemasaran dan penjualan. Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukan pemasaran dan penjualan ke luar negeri adalah memastikan bahwa website Anda cocok untuk audiens Anda dimanapun mereka berada.

Para pemilik bisnis, termasuk pemilik UKM, harus memahami berbagai macam fungsi dan layanan yang ditawarkan pembuat website agar dapat memenuhi kebutuhan audiens yang dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda. Tips yang perlu dipertimbangkan oleh para pemilik bisnis ketika ingin melebarkan sayap ke dunia internasional melalui toko inline bisa anda baca dibawah ini.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Toko Inline Tembus Pasar di Luar Negeri

1. Buat Website Toko Online

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat website toko online, jika anda tidak tahu caranya untuk bikin sendiri bisa minta bantuan jasa pembuatan situs toko online yang sekarang banyak tersebar di internet, biasanya penyedia domain juga menawarkan. Namun akan lebih baik anda bikin sendiri dan tentunya harus belajar dahulu.

Dalam pemasaran ke pasar internasional, penting juga untuk memastikan alamat website mewakili keberadaan global. Penggunaan domain .com bisa mewakili hal tersebut. Ditambah dengan tersedianya berbagai Bahasa di website, tentu akan menarik bagi para pelanggan di luar negeri.

Setelah mendaftarkan alamat website berdomain .com, pebisnis juga bisa mendaftarkan nama domain lain dengan ekstensi berbeda atau bahkan dengan ekstensi domain khusus untuk negara tertentu, namun tetap diarahkan ke website utama, sehingga bisa memperbesar trafik.

2. Bahasa dan Lokalisasi

Salah satu tantangan terbesar dalam memasarkan dan menjual produk ke luar negeri adalah kendala Bahasa. Karenanya, penting untuk memperhatikan terjemahan Bahasa dalam website. Pemilik bisnis bisa menggunakan jasa pembuatan website yang menyediakan layanan alih Bahasa secara mudah untuk pengunjung. Dengan ketersediaan berbagai Bahasa, pelanggan bisa dengan mudah beralih ke Bahasa mereka.

3. Sistem Pembayaran Internasional

Hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah perbedaan mata uang. Sangat disarankan bagi pebisnis online untuk menyediakan berbagai solusi sistem pembayaran terutama yang sudah diakui secara internasional seperti WorldPay dan Paypal. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Menurut pengalaman pribadi jual beli melalui jasa pembayaran seperti Paypal ini sungguh praktis dan mudah serta aman sehingga memuaskan pembeli, karena hanya menggunakan akun email saja.

4. Perbedaan Mata Uang

Menyediakan berbagai pilihan mata uang untuk pembayaran tentu menarik bagi pelanggan di seluruh dunia. Seorang pelanggan dari Amerika misalnya, tentu tidak akan nyaman membayar menggunakan mata uang rupiah. Banyak layanan pembuat website yang menawarkan paket konversi mata uang. Dengan mengaktifkan fitur ini, pelanggan dapat memilih satu sistem pembayaran yang nyaman untuk mereka.

5. Sistem Pengiriman Internasional

Tips terakhir untuk memaksimalkan penjualan di luar negeri adalah menyediakan pilihan pengiriman internasional. Untuk memuaskan pelanggan di luar negeri dan membuat mereka kembali membeli produk yang ditawarkan, penting bagi pebisnis untuk mencari mitra pengiriman lokal yang menyediakan jasa pengiriman ke luar negeri.

Di Indonesia, perusahaan pengiriman barang seperti JNE, TIKI, dan Pos Indonesia bisa menyediakan layanan tersebut. Menyediakan pilihan pengiriman lebih dari satu juga akan memberikan servis lebih baik yang bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.

BACA JUGA: PANDUAN CARA BERIKLAN SENDIRI DI GOOGLE ADWORDS
Kredibilitas yang kuat, bisa dipercaya, dan selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen merupakan karakteristik yang akan sangat diperhatikan oleh para pelanggan baik di Indonesia maupun di luar negeri. Dengan menjalankan strategi-strategi di atas, bisa membawa bisnis Anda sukses di pasar domestik maupun internasional.

Tentunya jika anda masih pemula harus banyak belajar dari suksesor sebelumnya, bagaimana cara mereka bisa berkembang seperti itu, pihak/situs mana saja yang dapat menunjang kemudahan dalam bertransaksi jual beli, jasa periklanan mana yang benar benar tertarget menurut lokasi negara pengunjung situs anda.

Reverensi: http://selular.id/BoZzBT
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Sunday, November 20, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top