Home » , , » LINDUNGI RUMAH DARI PETIR DENGAN CARA INI....!!!

LINDUNGI RUMAH DARI PETIR DENGAN CARA INI....!!!

Mengenal Bahan \ Bagian Alat Penagkal Petir & Cara Kerja Penangkal Petir - Bagaimana Cara melindungi Rumah Dengan Penangkal Petir - Cuaca ekstrim sering kali datang dengan tiba tiba tanpa bisa diprediksi sebelumnya, hujan angin dan badai sering memicu terjadinya sambaran petir yang menimpa pada manusia, rumah dan pepohonon. Dengan sekali sambar seketika objeknya akan terbakar entah itu manusia, perumahan, maupun pepohonan karena memang manusia dan pepohonan adalah pengantar arus listrik yang kuat terutama saat kita berada pada posisi di ketinggian atau alam terbuka.

Namun walaupun objek yang tersambar itu rendah dari sekitarnya tatap bisa menjadi sasaran petir karena bila medan listriknya saat itu lebih kuat dibanding obyek lain di sekitarnya. Makanya jika terjadi hujan lebat dan petir yang menggelegar sering membuat kita panik dan ketakutan.

Selain mengenai manusia, hewan ternak, rumah dan pepohonan petir tuga dapat menyambar kabel PLN yang ternbuka di luar rumah, hal ini sudah biasa terjadi karena kabel distribusi PLN memakai kabel distribusi terbuka dan letaknya tinggi, seperti yang terpasang pada jaringan listrik tegangan tinggi di Indonesia


Arus listrik yang dilepaskan petir sangat besar dalam tempo amat singkat dan itu cukup untuk menyalakan 10.000 lampu berdaya @100 watt. Pantas saja jika sekali petir menyambar efeknya bisa langsung terbakar. Nah agar rumah kita terhindar dari sambaran petir ini sebaiknya dipasangi penangkal petir, Ada 3 bagian dalam pemasangan alat penangkal petir yaitu..

Grounding / Pembumian

Cara ini kita membenamkan bahan batang tembaga, lempeng tembaga atau kerucut tembaga, dengan diameter kira kira 1,5 cm dan panjang sekitar 1,8 – 3 m, berfungsi untuk melepaskan muatan arus listrik pada petir kedalam bumi . Standart kelayakan grounding/pembumian harus bisa memiliki nilai Tahanan sebaran/Resistansi maksimal 5 Ohm (Bila di bawah 5 Ohm lebih baik).

Semakin luas permukaan material grounding yang di tanam ke tanah maka resistansi akan semakin rendah atau semakin baik. Sebaiknya pemasangan ini di lakukan oleh para ahli dibidangnya, karena tidak semua area memenuhi syarat agar alat ini bekerja dangan maksimal, bayak faktor yang mempengaruhi, antara lain...
  • Tingkat Keasaman - semakin asam PH tanah maka arus petir semakin mudah menghantarkan.
  • Tekstur tanah - untuk tanah yang bertekstur pasir dan porous akan sulit untuk mendapatkan tahanan sebaran yang baik karena jenis tanah seperti ini air dan mineral akan mudah hanyut.
  • Kadar air - bila air tanah dangkal/penghujan maka nilai tahanan sebaran mudah didapatkan.
  • Mineral/Garam - kandungan mineral tanah sangat mempengaruhi tahanan sebaran/resistansi karena jika tanah semakin banyak mengandung logam maka arus petir semakin mudah menghantarkan.

Kabel konduktor Penangkal Petir

Kabel konduktor berfungsi meneruskan aliran muatan listrik dari batang muatan listrik ke tanah. Kabel konduktor tersebut dipasang pada dinding di bagian luar bangunan. Secara umum kabel penyalur yang dibutuhkan dalam instalasi penangkal petir adalah kabel yang memiliki luas penghantar 50 mm (minimal), bila lebih besar kemampuan penghantarnya akan lebih baik, sedangkan jenis kabel tergantung dari keadaan jalur instalasi yang dilewati. 

Bila jalur kabel instalasi penangkal petir menempel di struktur bangunan atau tower maka harus menggunakan conduite, biasanya menggunakan pipa PVC. Ada 2 metode pemasangan kabel ini yaitu diluar ruangan dan didalam ruangan dan jenis kabel yang digunakan juga berbeda agar alat ini bekerja dengan maksimal.


Batang penangkal petir

Batang penangkal petir berupa batang tembaga yang ujungnya runcing. Dibuat runcing karena muatan listrik mempunyai sifat mudah berkumpul dan lepas pada ujung logam yang runcing. Dengan demikian dapat memperlancar proses tarik menarik dengan muatan listrik yang ada di awan. Batang runcing ini dipasang pada bagian puncak suatu bangunan.

Instalasi penangkal petir harus sesuai dengan daerah dimana peralatan akan dipasang , meletakkan di posisi di tengah areal sangatlah di harapkan agar mendapat perlindungan yang optimal. Persyaratan kunci untuk instalasi penangkal petir adalah terminal penerima penangkal petir  harus ditempatkan minimal 3 meter lebih tinggi dari permukaan atas bangunan yang ada .

Atau dengan memasang lebih tinggi sebesar 3 meter dari tinggi rata-rata bangunan, hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal Jika lebih pendek maka peralatan ini tidak akan bekerja dengan baik atau kurang maksimal. Bila pemasangan penangkal petir neoflash semakin tinggi maka semakin besar radius perlindungan yang di dapatkan.
BACA JUGA: 8 TIPS MENATA RUANG KERJA DIRUMAH INI SUNGGUH NYAMAN JIKA ANDA IKUTI
Pada halaman selanjutnya akan kami berikan Tips atau tindakan yang harus dilakuam agar terhindar dari samabaran petir, tetaplah bersama kami. Nah sekarang anda sudah mengetahui sistem kerja, alat, bahan penangkal petir yang digunakan, jika rumah anda belum ada penangkal petirnya akan lebih baik mulai sekarang dipasangi alat penangkal petir ini, dan jika anda buta tentang kelistrikan sebaiknya minta tolong kepada ahlinya atau ke jasa pemasangan penangkal petir yang sejarang mulai banyak yang menawarkan.

Reverensi:
http://www.propertiindonesiaku.com/article/lindungi-bangunan-rumah-anda-dari-sambaran-petir/
http://www.jasapenangkalpetir.com/cara-pasang-penangkal-petir.html
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Wednesday, November 02, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top