Home » , » SIAPA YANG INGIN TERHINDAR DARI SAMBARAN PETIR...!!! BACA 10 TIPS INI

SIAPA YANG INGIN TERHINDAR DARI SAMBARAN PETIR...!!! BACA 10 TIPS INI

Bagaimana Caranya Agar Terhindar Dari Sambaran Petir? Tempat Apa Saja Yang Aman Untuk Berlindung Dari Sambaran Petir? - Halilintar, Petir, Guruh, Bledek, Gledek atau apalah yang pasti itu untuk sebutan kilat yang menyambar disertai bunyi yang menggelegar di atas atau di sela sela awan. Banyak orang ketakutan ketika mendengar suara petir, ya pasti itu karena memang sungguh dahsyat suaranya dan efeknya ketika terkena sambaran kilatnya akan hangus terbakar entah itu manusia, rumah, pohon ataupun makluk hidup lain-nya. Kebetulan sekarang ini musim hujan dan pastinya yang namanya petir ini selalu dibarengi dengan turun-nya hujan, pas banget kalau saya menulis tentang Petir

Memang Sambaran petir ini akan membahayakan ketika kita diluar rumah, untuk meminimalkan risiko akibat pertir ini nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Tips ketika ada petir menggelegar agar tidak terkena smabaran-nya. Namun sebelum ke inti dari topik ini akan lebih baik kita mengenali petir itu sendiri.

Proses Terjadinya Petir

Kita sering menjumpai petir, namun bagaimana proses terjadinya petir itu? Terdapat 2 teori yang mendasari proses terjadinya petir yaitu :

1. Proses Ionisasi

Maksud dari ionisasi ini adalah, Petir terjadi diakibatkan terkumpulnya ion bebas bermuatan negatif dan positif di awan, ion listrik dihasilkan oleh gesekan antar awan dan juga kejadian Ionisasi ini disebabkan oleh perubahan bentuk air mulai dari cair menjadi gas atau sebaliknya, bahkan padat (es) menjadi cair.

Ion bebas menempati permukaan awan dan bergerak mengikuti angin yang berhembus, bila awan-awan terkumpul di suatu tempat maka awan bermuatan akan memiliki beda potensial yang cukup untuk menyambar permukaan bumi maka inilah yang disebut PETIR

2. Gesekan Antar Awan

Pada awalnya awan bergerak mengikuti arah angin, selama proses bergeraknya awan ini maka saling bergesekan satu dengan yang lainya , dari proses ini terlahir electron-electron bebas yang memenuhi permukaan awan. proses ini bisa digambarkan secara sederhana pada sebuah penggaris plastic yang digosokkan pada rambut maka penggaris ini akan mampu menarik potongan kertas.

Pada suatu saat awan ini akan terkumpul di sebuah kawasan, saat inilah petir dimungkinkan terjadi karena electron-elektron bebas ini saling menguatkan satu dengan lainnya. Sehingga memiliki cukup beda potensial untuk menyambar permukaan bumi.


Warning...!!!

Perlu anda ketahui bahwa kilat dapat menyambar di tempat yang sama sebanyak dua kali atau bahkan ratusan kali. Kondisi yang menarik bagi petir tidak mungkin berubah. Jadi jika ada sambaran petir dekat dengan Anda, jangan menganggap Anda sudah aman.

Menurut  National Weather Service menyarankan sebaiknya anda mengikuti aturan 30/30 untuk mengetahui apakah Anda sudah aman atau belum dari sambaran petir. Lalu apa itu maksudnya 30/30?

Maksudnya untuk menghindari sambaran petir anda disarankan menghitung detik setelah ada sambaran kilat. Jika Anda mendengar petir mulailah menghitung dalam waktu 30 detik, kemudian berlarilah ke tempat yang aman. Jangan ke luar ruangan lagi sampai 30 menit setelah bunyi petir terakhir.

Perlu anda ketahui juga bahwa; Udara dalam petir panasnya mencapai 50.000 derajat fahrenheit, sedangkan Tanah yang tersambar petir menghasilkan listrik 100 juta sampai 1 miliar volt listrik, kemudian Panas sambaran kilat lima kali lebih panas dari permukaan matahari.

Tips Agar Tidak Terkena Sambaran Petir

Jika kebetulan kita keluar rumah atau dijalanan lalu ada petir yang menggelegar segeralah mencari tempat tertutup yang aman untuk berlindung, penting untuk anda ikuti tips ini...

  1. Jika Anda terperangkap di luar segera masuk ke dalam bangunan. Tidak ada tempat yang aman di luar. Larilah ke mobil atau bangunan yang aman setelah Anda mendengar guntur.
  2. Jangan berada di sawah, lapangan, taman. Karena petir mencari tanah untuk melepaskan energinya.
  3. Jika sedang di kolam renang dan terlihat tanda-tanda awan sudah gelap segeralah ke luar karena kolam renang adalah sasaran empuk buat petir melepas energi.
  4. Jangan berlindung di bawah pohon karena pohon yang tersambar petir energinya bisa melompat ke tubuh.
  5. Jauhi tiang listrik, menara atau sesuatu yang tinggi yang mudah tersambar petir.
  6. Jika sedang berteduh di luar ruangan jangan terlalu dekat dengan orang lain setidaknya beri jarak 3-5 meter untuk menghindari lontaran energi jika ada petir.
  7. Jika sedang mengendarai motor segeralah berhenti dan cari tempat berlindung. 
  8. Jauhi teras rumah ataupun tempat lainnya yang memiliki teras terbuka, lebih baik masuk kedalam rumah
  9. Jangan menelpon pakai telpon rumah karena arus listrik bisa melewati sambungan telpon. Pakai telpon genggam lebih aman.
  10. Jika didalam rumah menjauhlah dari peralatan rumah yang terbuat dari logam seperti kusen atau pegangan pintu dari logam.

Tempat Yang Aman Dari Sambaran Petir

Aku rasa tidak ada tempat yang aman dari samabaran petir, namun dari beberapa penelitian dan pengalaman jika ingin lebih aman masuklah ke dalam Mobil, karena petir hanya akan mengelilingi permukaan mobil lalu energinya jatuh ke tanah. Jika di dalam rumah cabut stop kontak listrik seperti televisi dan komputer yang tersambung ke antena luar karena antena TV bisa menghantarkan listrik yang tersambar petir. Dan yang paling penting jangan lupa memasang alat penagkal petir

BACA JUGA: SISTEM / CARA KERJA ALAT PENANGKAL PETIR

Oke sahabat semua, dengan membaca artikel tentang Caranya Agar Terhindar Dari Sambaran Petir diharapkan kita lebih berhati hati dan tahu apa yang akan diperbuat jika sewaktu waktu ada suara petir yang menggelegar.

Reverensi: http://www.jasapenangkalpetir.com/category/petir-2
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Tuesday, November 08, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top