Home » , » TIPS LANGKAH CERDAS BISNIS KULINER DENGAN MEMANFAATKAN INTERNET

TIPS LANGKAH CERDAS BISNIS KULINER DENGAN MEMANFAATKAN INTERNET

Cara Memanfaatkan Internet Untuk Mengembangkan Bisnis Kuliner - Sekarang ini perkembangan teknologi smartphone pesat sekali, karena memang banyak yang membutuhkan-nya. Ditambah lagi semakin lama harga perangkat ponsel cerdas ini semakin murah sehingga wajar saja bertambah tahun penggunanya juga makin banyak. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis yang tadinya hanya diketahui orang orang sekitar saja dan orang yang kebetulan lewat, namun dengan adanya gadget ini bisnis mereka mulai dikenal seluruh Indonesia bahkan mungkin luar negeri, karena dipasarkan secara online.

Banyak macam bisnis mulai fashion, barang elektronic, properti, hingga kuliner. Hmm... kuliner? memang bisa bisnis kuliner secara online? bisa saja, kenapa tidak? sekarang orang kalau sedang liburan yang dipikir selain tempat wisata adalah kulinernya, jadi anda tidak perlu memikirkan ongkos kirim dan caranya bagaimana sehingga kuliner kita itu sampai ketangan pelanggan anda di luar kota.


Dengan memanfaatkan internet anda bisa memperkenalkan produk anda entah itu berupa masakan siap santap, bakso, cemilan dll. Biasanya ketika seseorang sedang mengunjungi kota lain akan memanfaatkan mesin pencari seperti Google dll, cukup mengucapakan OK Google "Kuliner Paling Enak di Kota Bandung" maka google search akan menunjukan alamat usaha anda dan website yang telah anda tulis artikel tentang kuliner tadi.

Memulai usaha kuliner adalah sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Karena kuliner selalu dicari oleh banyak orang. Namun memulai bisnis apapun diperlukan langkah cerdas agar bisnis bisa cepat berkembang, termasuk juga dengan bisnis kuliner. Dan berikut adalah beberapa langkah cerdas dalam memulai bisnis kuliner melalui internet yang sebaiknya Anda terapkan pada usaha Anda.

Tips memulai bisnis kuliner dengan internet


1. Menentukan jenis kuliner dan nama produk yang unik

Langkah pertama adalah dengan menentukan jenis kuliner dan nama produk yang unik. Keunikan dari sebuah produk akan menjadikan produk cepat dalam menguasai pasar dan tentunya berdampak pada cepatnya perkembangan bisnis. Buatlah produk makanan yang unik dengan mengolah kreatifitas Anda. Setelah itu buatlah nama yang unik dari produk Anda dan tentunya nama yang mudah diingat oleh masyarakat luas.

2. Membuat website

Langkah cerdas kedua setelah Anda mempunyai produk dan nama yang unik adalah dengan membuat lapak online atau website. Lapak online adalah toko Anda di dalam dunia online. Cantumkan informasi penting dalam website Anda seperti logo usaha yang unik, informasi tentang produk yang lengkap, informasi alamat lengkap lokasi usaha, bagaimana cara transaksi dan bagaimana dengan proses pengiriman barang.

Buatlah website yang unik juga dengan tema yang sama seperti produk Anda. Dan jangan lupa buatlah website yang mobile friendly atau website yang dengan mudah dibaca melalui smartphone. Karena saat ini akses website lebih banyak melalui mobile / smartphone daripada melalui dekstop komputer.

3. Manfaatkan sosial media

Setelah website Anda jadi, langkah cerdas selanjutnya adalah promosi dan optimasi website melalui sosial media. Tidak bisa dipungkiri penggunaan sosial media saat ini sangatlah banyak dengan pengguna yang beragam mulai dari remaja sampai orangtua. Nah manfaatkan sosial media untuk promosi dan mengoptimasi website Anda.

Promosi melalui sosia media juga tanpa biaya dengan sasaran yang luas. Promosikan produk Anda dengan mengunggah foto serta diskripsi produk dan bagaimana cara memesannya. Didalam sosial media, Anda juga bisa melakukan tagging atau menandai teman Anda, sehingga akan semakin banyak yang mengetahui produk Anda tersebut.

4. Berikan jaminan pengiriman

Langkah cerdas selanjutnya adalah dengan memberikan jaminan pengiriman. Untuk produk jenis makanan, pengiriman secara online akan membutuhkan perhatian yang lebih ketimbang produk selain makanan. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk menentukan jasa pengiriman, terlebih dahulu pilahlah jenis makanan yang akan dikirim.

Jika tergolong makanan kering yang awet, maka pengiriman bisa sampai ke luar kota dengan menggunakan ekspedisi antar kota. Saat ini juga banyak sekali ekspedisi yang memberikan jaminan pengiriman dengan asuransi. Nah manfaatkan layanan asuransi dari ekspedisi tersebut untuk menjamin pengiriman produk Anda sampai ke tangan konsumen.

Namun jika tergolong makanan basah yang tidak tahan lama, maka pengiriman hanya bisa di dalam kota Anda. Pengiriman jenis ini bisa menggunakan jasa pengambilan dan pengiriman barang seperti ojek online. Saat ini juga banyak sekali jasa transportasi online yang bisa mengambil dan mengantar barang termasuk makanan tentunya dengan pelayanan yang cepat.

Jika menggunakan layanan ojek online, Anda harus memberikan jaminan kepada konsumen bahwa apabila terjadi kerusakan saat pengiriman akan diganti atau dikirim ulang. Untuk meminimalisir kerugian, Anda bisa bekerja sama dan bernegoisasi dengan pihak jasa transportasi online tersebut.

Khusus makanan seperti bakso ini anda bis meniru sahabat saya di facebook, beliau bersedia megirimkan baksonya minimal pembelian 5 bunkus (kalau belum berubah) untuk wilayah dalam kota saja.

5. Jaga kepercayaan konsumen

Setelah Anda berhasil mengirimkan produk makanan ke konsumen, maka langkah cerdas selanjutnya adalah dengan menjaga kepercayaan konsumen. Ingatlah bahwa omongan baik dari konsumen akan memberikan dampak positif untuk bisnis Anda. Testimoni dari konsumen bisa juga Anda unggah di website untuk meyakinkan calon pembeli yang lain.

BACA JUGA: INGIN JUALAN KE LUAR NEGERI SECARA ONLINE? SILAHKAN BACA TIPS INI...!
Nah beberapa poin diatas merupakan langkah cerdas dalam memulai bisnis kuliner melalui internet. Diluar itu semua, untuk lebih menarik perhatian konsumen dan membuatnya semakin loyal lagi dengan Anda, adalah dengan selalu memberikan respon yang cepat terhadap sekecil apapun keluhan atau masukan dari konsumen Anda.

Dan terakhir yang tak kalah penting, yaitu jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas produk Anda. Ok sahabat semua, jangan ragu ragu untuk memulai bisnis kuliner secara online, manfaatkan teknologi informasi ini agar produk anda dikenal luas, Selamat mencoba mencoba tips di atas dan semoga sukses.
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Wednesday, November 30, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top