Home » » UNTUK MENABUNG SAJA SUSAH...!!! COBA TIPS INI BIARPUN GAJI PAS PASAN

UNTUK MENABUNG SAJA SUSAH...!!! COBA TIPS INI BIARPUN GAJI PAS PASAN

Tips Jitu Untuk Membiasakan Diri Disiplin Menabung - Membiasakan menabung dari gaji adalah hal yang sangat penting, tidak hanya untuk simpanan jika suatu saat anda membutuhkan dana, akan tetapi juga kebiasaan yang harus diterapkan untuk mendapat kondisi finansial yang stabil. Namun sayangnya, untuk membiasakan hal tersebut bukanlah perkara gampang. Selalu ada saja godaan yang membuat kita gatal untuk membelanjakan uang tersebut, walaupun barang yang di rumah masih layak pakai.

Terlebih hal ini terjadi pada kalangan remaja yang masih belum mempunyai tanggung jawab menafkahi anak istri. Mereka cenderung berlaku konsumtif, menerapkan gaya hidup yang tidak tepat dan berpotensi merugikan masa depannya.

Ingatlah tidak selamanya anda bergantung kepada orang tua dan saudara, belajarlah mandiri jika anda sudah bekerja, anda bisa belajar tentang keadaan ekonomi bagi mereka yang sudah berkeluarga, punya anak.
Kebutuhan apa saja sehingga mereka terlihat susah dalam menafkahi keluarganya, jadikan pelajaran, manabunglah! tidak-kah kau ingin hidup seperti mereka yang terlahat sukses kehidupan ekonominya, dulu meraka juga menabung untuk meraih kedudukan yang sekarang mereka nikmati.

Menabunglah, apalagi anda masih usia belajar entah itu SMA atau masih kuliah, untuk mendapatkan kualitas sekolahan dan tingkatan ilmu yang lebih tinggi, Jika anda sudah menikah tetaplah untuk berusaha menabung akan banyak tanggungan menanti anda di masa depan.

Mungkin sebagian orang jawaban-nya "Jangankan menabung, untuk makan saja pas pasan bahkan kadang susah", Nah bagi anda yang juga mengalami hal seperti ini, mungkin tips-tips yang kami bagikan di bawah ini bisa membuat anda menerapkan hidup hemat, dan bisa selalu rutin menyisihkan sebagian gaji untuk di tabung.

SIMAK JUGA YA: ANDA BARU MENIKAH? BACA 5 TIPS MENGELOLA KEUANGAN INI DARI PENGALAMAN PRIBADI

6 Langkah Efektif Membiasakan Menabung Dari Uang Gaji

1. Temukan tujuan untuk menabung dan berkomitmen

Langkah pertama, yang wajib anda harus tahu adalah mengenai tujuan anda menabung. Apakah untuk jaminan hari tua? Atau untuk membeli rumah, mobil, modal usaha, atau untuk keperluan-keperluan lainnya.

Ketika anda sudah memutuskan target anda, secara tidak langsung tentunya anda akan termotivasi untuk selalu berusaha menabung agar tujuan anda tersebut tercapai. dan jangan lupa bayangkan hal-hal indah apabila anda berhasil menabung hingga target tujuan tersebut terpenuhi.

2. Tentukan seberapa dana yang ingin ditabung

Setelah tujuan menabung anda tentukan, maka saatnya untuk menghitung seberapa besar dana dari gaji anda yang ingin anda tabung. Idealnya, pakar keuangan menyarankan untuk menyisihkan 1/3 dari total gaji anda untuk ditabung atau digunakan sebagai investasi, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Namun idealnya, tetap sesuaikan dengan pengeluaran bulanan anda juga, apabila pengeluaran bulanan anda lebih besar dari 1/3 gaji anda, maka dana yang ditabung bisa dikurangi, begitu pula sebaliknya.

3. Gunakan rekening tersendiri

Menabung gaji bisa menjadi sulit apabila anda tidak memisahkan  antara rekening yang khusus untuk tabungan dan rekening yang anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Beberapa orang memang masih memilih untuk menabung dengan tidak menggunakan uang tunai, seperti menggunakan emas batangan, atau berbagai perhiasan. Apapun jenis tabungan yang anda pilih, pemisahan rekening tabungan menjadi perlu agar anda dapat membedakan antara rekening tabungan yang tidak boleh digunakan dengan rekening pribadi untuk keperluan anda sehari-hari.

4. Buat daftar prioritas pengeluaran untuk kebutuhan

Seringkali tak sedikit orang mengeluh bahwa gaji mereka bahkan belum mencukupi untuk kebutuhan bulanan mereka, jadinya mereka pikir hampir tidak mungkin untuk dapat menyisihkan untuk menabung. Sebenarnya, mungkin saja kita masih bisa menabung di tengah terbatasnya pemasukan yang kita dapat tersebut. Asalkan  mau membuat daftar prioritas kebutuhan anda.

Tahan dulu kebutuhan yang memang belum mendesak, dan dahulukan kebutuhan dasar anda. Mungkin anda akan sedikit terkejut setelah anda menyusun daftar tersebut, karena seringkali pengeluaran-pengeluaran besar kita adalah bukan untuk kebutuhan primer. Dari sini anda akan bisa menentukan mana kebutuhan utama anda dan mana yang bisa anda kurangi, dan kemudian uang tersebut kita simpan untuk di tabung.

5. Jangan menunda untuk menabung

Begitu anda menerima gaji anda, akan lebih bijak jika anda mendahulukan untuk menabung sebelum berbelanja. Jangan membiasakan menabung dari uang sisa diakhir bulan, karena kemungkinan besar dana yang seharusnya anda tabung menjadi terpakai dan jumlah yang seharusnya bisa anda tabung menjadi berkurang karena anda menunggu hingga akhir bulan. Dengan menyisihkan sebagian gaji diawal bulan akan membantu anda lebih teratur dalam hal pengeluaran.

6. Jaga kedisiplinan

Setelah anda sudah menjalankan semua langkah diatas, hal terakhir yang harus anda jaga adalah kedisiplinan. Anda dapat menabung dengan rutin atau tergoda membelanjakannya untuk kebutuhan konsumtif tergantung dari niat dan seberapa disiplin anda. Selalu ingatkan diri anda akan tujuan anda menabung, agar anda terus termotivasi dan disiplin dalam menabung hingga mencapai nominal yang anda inginkan.

BACA JUGA: TIPS MEMILIH BANK UNTUK MENABUNG YANG SESUAI KEBUTUHAN ANDA

Membiasakan menabung gaji memang tidak terlihat mudah pada awalnya. Banyak godaan dan kesulitan yang ditemui ditengah jalan. Namun jika anda sudah tahu poin-poin diatas, dan berusaha menerapkannya, maka sangat mungkin kegiatan menabung anda malah menjadi hal yang menyenangkan.
Abu Azma
abuazmaShare Updated at: Thursday, November 17, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

Artikel Terkait

back to top