Home » » 10 CARA MUDAH DAN AMPUH MENGUSIR KUTU BERAS

10 CARA MUDAH DAN AMPUH MENGUSIR KUTU BERAS

Bagaimana Cara Menghindari, Mencegah Dan Mengusir Kutu Pada Beras? - Apakah anda pernah melihat kutu pada beras? saya rasa semua orang khususnya ibu ibu sering menjumpai kutu beras ini. Entah dari mana datangnya kutu bersa ini, sepertinya tau saja kalau ada beras yang sudah lama disimpan. Mau dibuang mubazir mengigat harga beras kualitas sedang sekarang sudah mencapai 11 ribu per kilo gramnya apa lagi yang kualitas super. Dari pengalaman pribadi, dulu ketika pulang kampung saya selalu di beri beras oleh orang tua dan saudara yang memang kerjanya bertani padi. Karena terlalu banyak tak sebanding orang yang memakan-nya beras sekarung itu bertahan hingga 3 bulan di penyimpanan beras semacam cosmos gitu.

Tak disangka ketika mau di masak banyak sekali kutu beras berkerumunan beracampur dengan beras itu sehingga sulit untuk dipilih dibuang atau di usir satu persatu, saya dulu sewaktu masih di kampung pernah melihat orang tua saya menjemurnya sehingga kutu beras itu kepanasan dan pergi mencari tempat yang teduh dan sebagian ada yang mati.


Nama lain dari Kutu beras adalah grain weevil sering kita jumpai pada tepung dan beras yang sudah disimpan lama, walaupu kecil bentuknya namun ia bisa menggigit bahan bahan yang terbyat dari plastik dan kertas.

Jika kita membiarkan kutu beras bertahan lama pada beras pastinya akan mengurangi kualitas beras itu sendiri, maka dari itu sebaiknya kita mengusirnya dan mencegah kutu kutu beras itu agar tidak kembali lagi. Lalu bagaimana cara mengusir kutu beras ini? ternyata caranya sangat mudah, silahkan ikuti cara saya ini..

9 Cara Mengusir & Mencegah Kutu Beras Agar Tidak Datang Kembali

1. Cara Mengusir Kutu Beras Dengan Daun Jeruk purut


Daun jeruk purut (limau purut) selain untuk bumbu masakan ternyata bisa untuk mengusir kutu beras dan sekaligus mencegah agar tidak kembali lagi, aroma yang wangi yang menyengat untuk kita teryata tidak disukai oleh kutu beras.

Untuk caranya mudah saja, silahkan taruh beberapa daun jeruk purut pada wadah beras tersebut pada bagian permukaan (atas), tengah dan bawah beras sehingga aroma wangi jeruk purut tersebut merata, maka kutu beras tidak akan mau mendatangi dari segala arah.

2. Cara Mengusir Kutu Beras Dengan Daun Pandan

Daun Pandan juga salah satu daun yang beraroma kuat, sehingga jika di taruh pada beras kutu beras juga tidak menyukainya, maka satu persatu kutu kutu beras itu akan pergi sendiri. Caranya sama degan daun jeruk purut, anda taruh saja pada bagian atas, tengah dan bawah pada wadah penyimpanan beras.

 3. Cara Mengusir Kutu Beras Dengan Daun Salam Kering

Saipa yang tidak tahu daun salam, saya rasa ibu ibu sudah akrab sekali dengan daun yang satu ini, daun salam biasanya untuk bumbu dan pengharum masakan yang bersantan, sehingga masakan tersebut akan wangi dan menambah nafsu makan. Ternyata daun salam juga bisa untuk mengusir dan mencegah kutu beras datang kembali.


4. Cara Mengusir/Mencegah Kutu Beras Dengan Cabai Kering


Salah satu cara mengusir kutu beras adalah dengan cabai kering (Cili Kering), rasa dan panas cabai kering ini tidak disukai kutu beras. Caranya adalah dengan mematahkan cabai tersebut menjadi 2 atau 3 bagian lalu masukan kedalam tempat beras tersebu, jangan laupa jika sudah tidak ada aromanya sebaiknya ganti dengan yang baru.

5. Cara Mengusir/Mencegah Kutu Beras Dengan Kulit Kayu Manis

Kulit kayu manis adalah salah satu rempah remapah kekayaan orang asia termasuk indonesia, selain digunakan untuk bumbu masakan dan pengobatan herbal, kulit kayu manis juga bisa untuk mengusir dan mencegah kutu beras agar tidak datang kembali, caranya masuknan beberapa gulungan kulit kayu manis pada beras tersebut. Jika anda kurang suka dengan aromanya sebaiknya gunakan cara lain ya...

6. Cara Mengusir Kutu Beras Dengan Kain Lembab

Kalau cara ini berbeda dengan yang diatas, kalau cara diatas kutu beras akan pergi menjauh, namun kalau kain lembab ini malah untuk memancing datang dan berkumpul pada kain lembab tersebut, sehingga terkumpul dan kita semakin mudah untuk membuangnya.

7. Cara Mencegah Telur Kutu Beras Menetas Dengan di Freeser

Mungkin anda akan bertanya tanya apa hubungan-nya dengan kulkas, karena suhu dingin pada tingkat 0 derajat celcius kutu beras akan mati berikut telur telurnya tidak akan menetas. Simpanlah beras dalam keranjang beras lalu masukan kedalam kulkas, lemari es (melayu; peti ais) selama 3 hari 

Maka kutu beras akan mati berikut telurtnya tidak menetas. Setelah 3 hari angkat dan cucilah ketika mau memasak, maka ketika tersiram airt kutu beras akan terangkat mengapung & kita akan semakin mudah membuangnya.

8. Cara Mengusir Kutu Beras Dengan Asam Keping/Asam Gelugur Kering


Satu lagi bahan yang tidak disukai kutu beras adalah asam keping/asam gelugur, Untuk caranya seperti yang diatas tadi yaitu taruh saja pada wadah beras yang tertutup, maka kutu beras tidak akan nyaman, lalu pergi sendiri.

9. Cara Mengusir Kutu Beras Dengan Daun Asam Jawa

Daun asam juga tidak disukai oleh kutu beras, anda bisa meletakan beberapa daun asam jawa pada wadah tertutup. Namun cara ini sepertinya kurang disukai karena daun asam jika sudah mengering maka akan rontok sehingga akan mengotori beras.


10. Cara Mengusir Kutu Beras Dengan di Jemur

Dari berbagai cara diatas, mungkin inilah cara yang paling umum dan klasik sebagaimana yang dilakun oleh orang tua kita, namun dengan dijemur terkena sinar matahari secara langsung kutu beras akan berlindung ditumpukan beras. Agar mau pergi dari beras sebaiknya anda berikan cabai kering yang dipatah patakan, atau daun jeruk purut campurkan kedalam beras, maka kutu beras akan pergi sambil mengsap usap mukanya

BACA JUGA: NIH...!!! 18 BUAH, SAYUR, MAKANAN YANG TIDAK BAIK SIMPAN DI KULKAS (LEMARI ES)
Itulah 10 tips cara mengusir kutu beras agar tidak kembali lagi, sehingga beras kita aman, tidak rusak dan tetap terjaga kualitasnya, semoga bermanfaat...

Reverensi: https://siraplimau.com/cara-hilangkan-kutu-beras-dengan-pantas/
Abu Azma
AbuazmaShare Updated at: Saturday, December 03, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

back to top

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×