Home » » HATI HATI...!!! INI 11 BAHAYA MSG BAGI KESEHATAN MANUSIA

HATI HATI...!!! INI 11 BAHAYA MSG BAGI KESEHATAN MANUSIA

Apa Yang di Maksud Dengan MSG? - Apakah Aman Mengkonsumsi MSG? - MSG kependekan dari Monosodium glutamat, namanya erat sekali dengan bahan kimia. Ya memang MSG adalah bahan kimia yang sering kita jumpai ketika ibu kita memasak didapur, karena MSG adalah penyedap rasa yang membuat masakan entah itu sayur ataupun gorengan semakin terasa enak dan lezat. Lalu barang apa saja yang termasuk MSG? dari beberapa sumber yang saya ketahui merk merk penyedap rasa adalah AJI-NO-MOTO®, Sasa, Vetsin dan Ac'cent.

MSG adalah garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu asam amino non-esensial paling berlimpah. MSG memiliki Kode HS 29224220 dan Nomor EC E621 Glutamat dalam MSG memberi rasa umami yang sama seperti glutamat dari makanan lain. Keduanya secara kimia identik. Produsen makanan industri memasarkan dan menggunakan MSG sebagai penguat cita rasa karena zat ini mampu menyeimbangkan, menyatukan, dan menyempurnakan persepsi total rasa lainnya. (sumber: https://id.wikipedia.org)


MSG sebenarnya tidak enak jika kita rasakan secara langsung, namun jika dikombinasikan dengan daging, ikan, daging unggas, berbagai sayuran, saus, sup, dan marinade maka akan menjadi lezat, namun jika berlebihan maka rasa akan menjadi rusak.

Apakah MSG aman dikonsumsi? Untuk jawaban atas pertanyaan ini sebenarnya masih menjadi perdebatan, sebab efek yang ditimbulkan tidak dirasakan secara langsung. Ada yang katanya terasa pusing dan mual, namun itu kurang jelas penyebabnya MSG atau hanya sekedar Chinese Restaurant Syndrome (CRS) yang dsebabkan oleh glutamat yang merupakan asam amino non esensial.

Sebuah laporan dari Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB) yang disusun pada tahun 1995 atas nama United States Food and Drug Administration (FDA) menyimpulkan bahwa MSG aman bila "dikonsumsi pada tingkat yang sesuai". Namun Bagaimanapun juga kita tetap harus menghindari konsumsi MSG yang berlebihan, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan, sebab penggunaan MSG dalam jangka panjang bisa berakibat buruk pada kesehatan.

11 Dampak Buruk MSG Bagi Kesehatan 

Saya bukan ahli kesehatan, bukan pula ahli kimi yang meneliti dan membuktikan secara lagsung dari efek mengkonsumsi MSG. Saya hanya mengumpulkan dari berbagai sumbur juga, mengkonsumsi MSG yang berlebihan dalam jangka panjang menyebabkan berbagai gangguan penyakit, anta lain;


1. Memicu kanker

MSG yang dibuat melalui proses pemanasan dengan suhu tinggi dan waktu yang lama dapat membentuk pirolisis. Pirolisis sendiri memiliki sifat karsinogenik yang berbahaya dan memicu datangnya penyakit kanker.

2. Menyebabkan kegemukan

Dampak buruk MSG yang kedua adalah bisa memicu kegemukan. Konsumsi MSG dapat membuat efek ketagihan bagi konsumen sehingga berakibat pada keinginan menyantap makanan tersebut lagi dan lagi.

Kenyataan tersebut di atas, juga telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan di negeri China. Penelitian tersebut melibatkan 752 orang sehat pada rentang usia 40 hingga 59 tahun.

Sebagian dari mereka diminta untuk mengonsumsi makanan komersial dengan kandungan MSG di dalamnya. Sementara sebagian lagi diminta untuk mengonsumsi makanan tanpa MSG di dalamnya. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi makanan dengan kandungan MSG di dalamnya, memiliki berat badan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi.

3. Buruk bagi jantung

Dampak buruk konsumsi MSG yang selanjutnya adalah menurunkan  kesehatan jantung. MSG dapat membuat organ jantung mengalami beberapa gangguan seperti berdetak secara tidak teratur, berdetak lambat, kekacauan irama jantung ataupun jantung yang berdetak lebih dari seratus kali pada tiap menitnya. Gejala tidak beraturnya irama jantung seperti di atas, umumnya terjadi bersamaan dengan rasa cemas serta was-was.


4. Memperlambat perkembangan kecerdasan anak

Konsumsi MSG terutama di usia dini, tidak baik bagi perkembangan otak  anak. Jika konsumsi diteruskan, dapat memicu perkembangan otak anak yang lambat. Untuk menghindarinya, ada baiknya bagi orang tua untuk selalu mengawasi dan memberikan makanan sehat bagi anak tiap harinya.

5. Gangguan pernapasan

Masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat konsumsi MSG selanjutnya adalah gangguan pernapasan. Jika konsumsi dilakukan secara berlebihan, maka bersin-bersin bahkan asma dapat menjangkiti tubuh anda.

6. Tekanan darah tidak normal

Konsumsi MSG terlebih dalam jumlah berlebih juga dapat memicu yang namanya tekanan darah tidak normal. Akibatnya, tekanan darah dapat naik atau malah sebaliknya.

7. Kerusakan otak

Bukan hanya menyebabkan gangguan perkembangan otak, konsumsi MSG dapat pula menyebabkan kerusakan pada otak. Perlu diketahui jika MSG dapat merangsang terjadinya kinerja otak untuk merespon nafsu seseorang untuk makan. Jika konsumsi MSG dilakukan secara terus menerus, maka bagian otak yang bertugas dalam mengendalikan nafsu makan dapat mengalami bermasalah.

8. Kekakuan otot

Bahaya MSG bagi kesehatan tubuh manusia yang selanjutnya adalah gangguan otot dalam tubuh. Dalam hal ini, seseorang akan lebih mudah mengalami nyeri sendi serta kekakuan otot.

9. Rusaknya sistem syarat 

Mengonsumsi penyedap rasa atau MSG, dapat berakibat pada migrain, depresi, disorientasi bahkan insomnia. Selain itu, seseorang dapat pula mengalmi gangguan syaraf yang lain seperti parkinson, autisme hingga alzheimer.

10. Gangguan penglihatan

Terganggunya penglihatan seseorang, bisa jadi disebabkan oleh konsumsi MSG yang berlebih. Jika dibiarkan berlarut-larut, maka kerusakan mata seperti timbulnya nyeri pada organ mata serta pandangan yang mengabur dapat terjadi.

11. Gangguan pada organ genital

Beberapa gangguan pada organ genital yang dimungkinkan terjadi akibat konsumsi MSG adalah nyeri pada kandung kemih, membengkaknya prostat hingga sering kencing.

BACA JUGA: TIDAK INGIN PERUT GENDUT...?? HINDARI BUAH DAN MAKANAN YANG PALING ENAK INI

Semuanya saya kembalikan kepada anda sebagai pembaca yang cerdas, saya tidak mau berdebat mengingat saya bukan ahli dibidangnya, saya hanya mengumpulkan dari berbagai sumber. Dan yang menjadi perhatian adalah kemampuan seseorang dalam menerima dan mengkonsumsi MSG berbeda beda entah dalam jangka pendak maupun jangka panjang.

Jadi Orang-orang yang menganggap dirinya sensitif terhadap MSG dianjurkan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makan yang bayank menagandung MSG. Walupun bisa melezatkan masakan, sebaiknya hindari MSG yang berlebihan. Lebih baik menggunakan penyedam masakan dari rempah-rempah dan bahan alami saja. Selain lebih lezat tentunya juga lebih sehat.
Abu Azma
AbuazmaShare Updated at: Tuesday, December 06, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

back to top

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×