INGIN TAHU 4 CARA FACEBOOK MENGATASI BERITA HOAX? BACA YUK...

Bagaimana Facebook mengatasi Berita Hoax? - Berita hoax di facebook saat ini sudah keterlaluan, dan anehnya berita yang benar benar palsu tetap saja ada setiap harinya, karena memang susah sekali untuk mengontrolnya. Bayangkan saja pada bulan april 2016 kemarin pengguna facebook dalam sehari mencapai 1,65 milyar (sumber: tekno.kompas.com) dan rata rata orang mengakses facebook selama 50 menit/hari, trus apa saja yang lakukan? yah.. paling update status, baca satatus/berita teman-nya. Dengan jumlah pengguna facebook yang begitu besar sehingga banyak orang memanfaatkan media sosial ini untuk promosi, meyebar berita baik nyata maupun berita hoax saja.

Ngomong ngomong berita hoax, berapa bulan kemaren facebook telah mengumumkan untuk memblokir berita hoax dalam situsnya, bagaimana cara mereka untuk dapat mendeteksi bahwa berita itu plasu alias hoax? menurut Adam Mosseri (Facebook’s product management director) dalm blog resminya news feed menjelaskan bagaiman cara mengatasi berita hoax dan ststus palsu dalam platformnya.

Usaha Facebook dalam mengatasi berita palsu, berpusat dalam empat area yang merupakan bagian dari beberapa langkah awal yang Facebook ambil untuk memperbaiki pengalaman orang-orang di Facebook.


“Kami telah memfokuskan usaha kami pada hal yang terburuk sekalipun, dalam menghilangkan hoax yang disebarkan oleh para pembuat berita palsu untuk keuntungan mereka sendiri serta dalam berinteraksi dengan komunitas dan organisasi pihak ketiga,” tulis Adam di blog.

4 Usaha Facebook Untuk Mengatasi Berita Hoax


1. Proses pelaporan yang lebih mudah

Guna mempermudah pelaporan hoax jika Anda melihatnya di Facebook, Anda bisa melakukan hal ini dengan mengklik sudut kanan atas dalam sebuah postingan. Facebook akan sangat bergantung pada pengguna sebagai komunitas dalam membantu mengatasi permasalahan ini, dan dengan cara ini pengguna bisa membantu Facebook mendeteksi lebih banyak lagi berita palsu.

2. Memperingatkan Hal-hal yang Diperdebatkan

Perusahaan percaya dengan menyediakan konteks yang lebih baik bisa menolong banyak orang dalam mengambil keputusan mengenai apa yang bisa mereka percaya dan apa yang bisa mereka bagikan. Facebook telah memulai sebuah program kerjasama dengan organisasi pihak ketiga untuk mengecek fakta dengan International Fact Checking Code of Principles di Poynter.

Facebook akan menggunakan laporan dari komunitasnya, sejalan dengan sinyal lainnya, untuk mengirimkan berbagai berita ke organisasi di atas. Jika mereka mengidentifikasi sebuah berita palsu, maka akan terdapat tanda dan tautan ke artikel dengan penjelasan yang benar. Artikel yang diperdebatkan akan muncul lebih sedikit di News Feed.


Tentu cerita ini masih bisa dibagikan, tetapi Anda akan melihat tanda peringatan bahwa artikel tersebut telah diperdebatkan kebenarannya ketika Anda membagikannya. Ketika suatu artikel ditandai, maka berita ini tidak bisa dijadikan iklan dan dipromosikan.

3. Berbagi dengan Informasi yang Benar

Facebook menemukan bahwa jika dengan membaca sebuah artikel membuat orang-orang membagikan artikel tersebut secara signifikan, maka mungkin ini adalah pertanda sebuah artikel telah menyesatkan orang-orang dalam beberapa hal.

Perusahaan tengah melakukan uji coba untuk menggabungkan sinyal ini ke dalam peringkat, terutama bagi artikel yang sangat berbeda dan ketika mereka yang membaca artikel tersebut akan cenderung membagikan lebih sedikit.

4. Memutus Insentif Finansial bagi Penyebar Berita Palsu

Menurut Facebook, banyak berita palsu yang memiliki motif finansial. Penyebar berita palsu menghasilkan uang dengan menyamar sebagai organisasi media terkenal dan memuat hoax yang mengundang pembaca mengunjungi situs mereka, dimana kebanyakan isi situs mereka adalah iklan.

Oleh karena itu, Facebook tengah melakukan berbagai hal untuk mengurangi insentif finansial ini. Dalam sisi pembelian, juga telah mengeliminasi kemampuan pembelian bagi domain yang sifatnya menipu, yang akan mengurangi prevalensi dari situs-situs yang berpura-pura sebagai media yang sesungguhnya. Dalam sisi penerbit, perusahaan tengah menganalisis situs penerbit untuk mendeteksi dimana tindakan penegakan kebijakan mungkin dibutuhkan.

BACA JUGA: TIPS PALING JITU MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL UNTUK MELIPATGANDAKAN PENJUALAN
Dalam paragraf terakhir, Adam menekankan bahwa penting bagi Facebook untuk memastikan bahwa segala hal yang dilihat pengguna di platformnya adalah otentik dan bermakna. Adam bersemangat dalam proses kemajuan yang dibuat, namun ia memahami bahwa masih banyak hal yang harus dilakukan. “Kami akan terus bekerja untuk mengatasi masalah ini selama apapun untuk melakukan hal yang benar.”

Begitulah kata Adam Mosseri (Facebook’s product management director) untuk mengatasi berita dan status Hoax di facebook yang selama ini meresahkan masyarakat.

Reverensi: http://selular.id/qDMniV





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : INGIN TAHU 4 CARA FACEBOOK MENGATASI BERITA HOAX? BACA YUK...

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE