Home » » OUW...!!! TERNYATA INI LHO MANFAAT SEMUT RANGRANG PADA TANAMAN

OUW...!!! TERNYATA INI LHO MANFAAT SEMUT RANGRANG PADA TANAMAN

Apa Manfaat Semut Rangrang Pada Tanaman Dan Buah Bahan? - Semut Rangrang atau Angkrang merupakan semut yang agresif dan selalu menyerang pada hewan lain-nya termasuk kepada manusia, jika kita mendekati dan mengganggu sarangnya dapat dipastikan anda akan digigit. Walaupun semut rangrang ini kecil, namun dari gigitan-nya sakaitnya juga lumayan, karena ada cairan yang dikeluarkan dari mulutnya itulah gigitan-nya terasa perih dan panas.

Jika anda perhatikan, semut rangrang ini suka bersarang pada pohon yang ada buahnya, entah itu tanaman pertanian ataupun pohon buah buahan. Lalu apa sih manfaat bagi tanaman dan buah buahan itu dengan adanya semut rang rang? tentu saja ada, segala sesuatu yang di ciptakan Allah itu pasti ada manfaatnya, cuma kita saja sebagai manusia tidak melihat, membaca apa yang dilakukan semut rang rang itu.

image by: www.ilmuhewan.com

Semut Rangrang sering kali kita jumpai pada pohon buah jambu air, daun yang lebar membuat semut rangrang betah jika dibikin sarang Rangrang. Anda bisa perhatikan secara langsung pada pohon buah buahan yang ada semut rangrang-nya pasti buhnya rata rata bagus, tidak dimakan ulat dan hama lainya, karena ulat dan hama pada buah buahan itu dimakan oleh semut Angkrang.

Semut rangrang juga dimanfaatkan oleh para petani sebagai pengendali hama tanaman pada perkebunan kopi. Ternyata pada tanaman kopi yang ditempati sarang ini lebih baik keadaannya dari pada tanaman yang tidak ditempati semut rangrang.

Seorang ahli serangga Ghana telah menggunakan jenis semut rangrang Afrika (Oecophylla longinoda) untuk mengendalikan hama tanaman cokelat. Keberadaan semut rangrang ternyata mampu mengurangi dua macam penyakit serius yang disebabkan oleh virus dan jamur, yaitu dengan jalan menyerang dan membunuh kutu daun yang menjadi penyebar penyakit ini.

Kutu daun sangat merugikan, karena menghisap cairan tanaman sekaligus memakan jaringannya. Cara pengendalian hama seperti ini dikenal sebagai "biological control", dan ini merupakan contoh tertua dalam sejarah pertanian.

BACA JUGA: APA PESAN SEMUT KETIKA BERSALAMAN DENGAN TEMAN-NYA?

Sekitar tahun 300 Masehi di Canton (China). Semut rangrang ini dimanfaatkan untuk mengusir hama pada tanaman jeruk. Para petani jeruk di sana mengambil sarang-sarang semut rangrang dari hutan, memperjualbelikannya, lalu meletakannya di pohon-pohon jeruk jenis unggul. Teknik yang sama tetap dilakukan sampai abad ke 12, dan masih diterapkan di selatan China sampai saat ini.

Begitulah manfaat semut rangrang pada tanaman pertanian dan pohon buah buahan, yang dapat menambah lebih baik kualitas dari hasil tanaman dan buah buan tersebut. Selain itu, telur semut Rangrang atau Kroto sangat baik untuk nutrisi yang dibutuhkan oleh burung, sehingga para penggemar burung berkicau selalu mengandalkan telur semut Rangrang sebagai makanan utama untuk burung mereka.

Reverensi: http://kroto-ukj.blogspot.co.id/
Abu Azma
AbuazmaShare Updated at: Monday, December 05, 2016

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

back to top

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×