follow us

TIPS PALING JITU MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL UNTUK MELIPATGANDAKAN PENJUALAN

Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan Dengan Memanfaatkan Media Sosial (Facebook, Twitter)..? - Pengaruh media sosial saat ini sungguh luar biasa terutama pada Facebook, yang ke dua BBM Massenger lalu Twitter. Sehingga ketika ada informasi yang menjadi trending topik dalam sebuah negara, kota atau daerah tertentu hampir semua orang cepat mengetahuinya. Kehadiran media sosial tidak bisa dipungkiri sehingga menjadi salah satu lahan promosi gratis yang seringkali dimanfaatkan banyak pelaku bisnis guna meningkatkan penjualan produk mereka.

Alasan kemudahan serta karena sebagai tempat berkumpulnya banyak orang membuat media sosial sangat cocok untuk meraih banyak calon konsumen. Lantas, bagaimana cara meningkatkan penjualan online kita dengan memanfaatkan media sosial tersebut? Nah, berikut cara-caranya...


Tips Memasarkan Produk Melalui Media Sosial


1. Menarik lebih banyak konsumen dengan isi konten

Cara pertama untuk menarik lebih banyak konsumen adalah dengan memberikan konten-konten atau isi status postingan yang bermanfaat bagi banyak orang. Pelaku bisnis online harus aktif memasarkan produknya, sekaligus membuat postingan yang bisa memberikan manfaat bagi followers atau pengikutnya di media sosial. 

Anda juga bisa membuat konten berupa video atau gambar dengan materi yang menarik, sehingga mampu menarik calon konsumen dan meningkatkan penjualan secara online. Terutama bukti testimoni sahabat anda yang pernah memakai produk anda itu bisa membuat orang tertarik untuk mencobanya.

2. Menyebarluaskan konten di media sosial

Bagi anda pemilik bisnis online yang mempunyai website tempat memajang produk-produk jualan anda, maka sharing konten ke lebih dari 1 media sosial maka bisa berpotensi mendatangkan trafik yang luar biasa, terlebih jika teman atau followers anda berjumlah ribuan orang. Postingan di media sosial tidak harus berupa produk yang di jual di toko online anda, tetapi juga bisa berupa artikel menarik yang masih terkait dengan produk yang anda jual.

3. Tentukan target market yang cocok dengan produk yang anda jual

Pelaku bisnis online pasti mempunyai produk spesifik yang mereka jual, misalnya jika sebuah toko online menjual tas, maka akan ada beragam jenis dan merk tas yang dijual. Maka target market yang disasar adalah pengguna atau penyuka tas dan disesuaikan dengan jenis kelamin dan usia serta lokasi. 

BACA JUGA: 5 TIPS JITU MEMASARKAN PRODUK DI TWITTER
Dengan memanfaatkan sosial media, anda bisa meriset target market anda lebih mudah. Kemudian, bergabunglah ke grup-grup atau menfollow komunitas yang menyukai produk yang anda jual, sehingga lebih mudah untuk meningkatkan penjualan.

4. Berikan informasi yang lengkap

Informasi yang terkait dengan produk yang dijual sangat penting bagi calon konsumen untuk mengetahui spesifikasi yang lengkap mengenai barang yang akan mereka beli. Produk yang hanya menampilkan harga dan foto produk saja, akan membuat calon pembeli menjadi ragu dan pada akhirnya memilih untuk membeli produk sejenis yang lengkap informasinya. Kemudian jangan lupa untuk memberikan layanan yang baik kepada calon pembeli meskipun pada akhirnya mereka tidak jadi membeli.

5. Tampilan yang unik dan menarik

Memiliki tampilan yang menarik sudah menjadi 1 langkah maju untuk mendapatkan konsumen. Minimal mereka akan tertarik untuk mengunjungi atau berlama-lama browsing di website atau akun sosial media kita. Oleh karena itu percantik tampilan blog, website dan akun sosial media tempat anda berjualan produk, dengan demikian anda akan lebih mudah menarik konsumen untuk meningkatkan penjualan online anda.

6. Buatlah komunitas

Cara lain dalam meraih lebih banyak konsumen adalah dengan membuat komunitas. Cara ini bisa membuat konsumen menjadi loyal, sehingga selalu merekomendasikan produk anda ke komunitas lain yang sejenis. Namun pastikan produk anda memang berkualitas dan tetap utamakan layanan yang maksimal demi kepuasan pelanggan.


7. Jika Ada Dana, Beriklanlah Melalui FB Ads.

Jika anda mau perhatikan, pada situs facebook versi PC/Laptop sebalah kanan itu ada iklan. Enatah itu iklan berita biasa ataupun iklan berupa produk. Selain itu anda juga bisa melihat iklan mirip status sebagimana anda menulis status harian, nah itulah FB Ads. 

Buatlah anggaran harian, kalau tidak salah itu perhari hanya sekitar 30 rb rupiah, kelebihanya jangkauan iklan dapat anda targetkan mulai dari umur seseorang, jenis kelamin, dan penargetan kota atau negara. Sudah banyak situs yang memberikan tutorialnya,atau anda bisa langsung bikin halaman facerbook disitu akan terhubung lagsung dengan oenawaran beriklan, silahkan dicoba...

SIMAK JUGA: NIH...!!! CARA MEMBUAT TOKO ONLINE PADA HALAMAN FACEBOOK TERBARU
Itulah 7 cara meningkatkan penjualan online melalui sosial media. Poin pentingnya adalah rajin memposting produk dan artikel bermanfaat ke target market jualan produk anda. Selain itu, meningkatkan layanan dan membuat komunitas juga efektif untuk menjaring lebih banyak calon konsumen.

You Might Also Like: