Home » , » ANDA MENDERITA INSOMNIA...!!! 6 TIPS INI AKAN MEMBUAT ANDA NYEYAK TIDUR

ANDA MENDERITA INSOMNIA...!!! 6 TIPS INI AKAN MEMBUAT ANDA NYEYAK TIDUR

Tips Mengatasi Insomnia (susah/sulit tidur) - Tidur yang berkualitas adalah ketika anda dapat tidur dengan nyenyak 7-8 jam setiap harinya, tanpa adanya gangguan yang membuat terbangun di tengah-tengah tidur anda. Tentunya tidur yang demikian menjadi harapan bagi semua orang. Namun sayangnya, Tiap semua orang bisa seperti itu, karena berbagai sebab, tak jarang orang mengalami sulit tidur atau imsomnia yang menyiksa. Durasi tidur yang kurang dari standar ini akan membuat kita sering pusing dan sakit sakitan, bahkan menimbulkan kandungan gula darah yang meningkat sehingga penyakit lainnya akan berdatangan.

Mungkin ini berlaku pada mereka yang telah berusia 35 ke atas, nyatanya ketika usia saya masih sekitar 25 tahun keluhan itu tidak ada, pokoknya kalau sudah mapan di tempat tidur dan niat akan tidur mka dalam15 - 30 menit akan tertidur pulas.


Seiring umurnya bertambah dan masalah keluarga makin bertumpuk, maka berpengaruh sekali dengan gangguan tidur ini, pada awalnya ketika menonton tv atau sedang membaca buku rasa kantuk seakan akan menyerang, namun setelah rasa kantuk itu di turuti dengan berbaring di tempat tidur anehnya seketika rasa kantuk itu pergi entah kemana.

Nah, buat anda yang saat ini mengalami keluhan susuah tidur atau istilahnya "insomnia",  anda tidak perlu khawatir, karena 6 terapi yang kami bagikan berikut ini, bisa di jadikan solusi guna  mengatasi insomnia yang tengah anda derita.

Tips Mengatasi Insomnia (Sulit Tidur)


1. Terapi cahaya

Terapi cahaya bisa dilakukan dengan cara meredupkan lampu sebelum tidur. Hal ini dilakukan agar seseorang mudah terlelap melalui cahaya yang rendah. Sistem pencahayaan yang rendah bermanfaat dalam memicu produksi melatonin, yakni sejenis hormon yang menginduksi tidur. Berbeda saat malam hari, di siang hari, produksi melatonin dalam tubuh menjadi tertutup.

2. Aromaterapi

Penggunaan aroma lavender mampu membuat seseorang merasa lebih tenang sekaligus rileks sehingga cocok digunakan sebagai terapi penghilang insomnia. Aroma lavender sendiri mampu mempelambat aktivitas sistem saraf yang berperan dalam meningkatkan kualitas tidur dengan suasana hati yang lebih positif.

Studi menunjukkan jika pijat menggunakan minyak essensial lavender berguna dalam meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik sekaligus membuat mood seseorang lebih stabil.

3. Suplemen herbal

Menurut American Academy of Sleep Medicine, melatonin merupakan salah satu jenis suplemen yang populer untuk membantu tidur. Suplemen ini juga berguna dalam membantu penderita untuk mengurangi gangguan tidur untuk sementara.

Penggunaan melatonin mampu membantu orang untuk tertidur secara lebih cepat, meningkatkan kualitas tidur sekaligus memperpanjang waktu tidur mereka.

4. Akupuntur

Terapi yang disarankan dalam mengatasi insomnia selanjutnya adalah akupuntur. Terapi yang satu ini berguna dalam meningkatkan sekresi produksi melatonin.

Hal ini juga telah dibuktikan melalui studi di tahun 2004, yang telah diterbtkan dalam Journal of Neuropsychiatry serta ilmu saraf klinis yang menemukan jika terjadi peningkatan produksi melatonin dalam tubuh setelah 5 minggu pengobatan akupuntur dilakukan.

Pengobatan insomnia melalui prosedur akupuntur tertentu, memiliki tingkat keberhasilan hampir 90 persen dalam mengatasi gangguan tidur.

5. Terapi perilaku kognitif

Mengatasi insomnia yang selanjutnya bisa dilakukan dengan terapi perilaku kognitif. Pedoman dari American College of Physicians yang juga diterbitkan di Annals of Internal Medicine, menemukan jika terapi ini menjadi salah satu pengobatan terbaik untuk insomnia dibandingkan dengan mengonsumsi pil tidur. 

Keterangan di atas didukung dengan studi yang dilakukan pada tahun 2004 yang menemukan jika satu jam melakukan terapi ini mampu membantu 73 persen penderita insomnia dalam meningkatkan kualitas tidur mereka. Sementara itu, penelitian lain menyebutkan jika terapi ini mampu mengurangi gangguan insomnia pada 86 persen penderita. 

Terapi perilaku kognitif dilakukan melalui pendekatan baru dengan perilaku serta pikiran untuk mempengaruhi tidur seseorang. Dalam hal ini diperlukan upaya yang gigih sekaligus kesadaran pasien akan bahaya insomnia, sehingga mereka mau melakukan pengobatan dalam mengatasi gangguan tidur yang satu ini.

6. Hipnoterapi

Langkah terapi untuk mengatasi insomnia yang selanjutnya adalah dengan melakukan hipnoterapi. Hipnoterapi dilakukan untuk membantu pasien supaya lebih rileks dan jatuh dalam tidur. 

BACA JUGA: LAKUKAN 5 KEBIASAAN BAIK INI DIPAGI HARI AGAR JAUH DARI PENYAKIT

Nah begitulah Tips Mengatasi masalah Susah Tidur, Sulit Tidur (Insomnia) - Bagi anda yang mengalami insomnia dan ingin segera mengatasinya, maka tidak ada salahnya jika anda melakukan salah satu terapi insomnia yang kami bagikan di atas. Selamat mencoba dan semoga keluhan anda bisa segera hilang.
Abu Azma
AbuazmaShare Updated at: Thursday, January 26, 2017

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

back to top

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×