Home » , » ANDA STRES...!!! COBA 5 LANGKAH INI DIJAMIN HILANG STRES ANDA

ANDA STRES...!!! COBA 5 LANGKAH INI DIJAMIN HILANG STRES ANDA

Bagaimana Cara Mengatasi Keadaan/Suasana Stres Pada Diri Kita? - Aktivitas yang berat dengan segudang beban pikiran dapat memicu strees. Stress memang suatu hal yang lumrah dan pastinya hampir tiap orang pernah mengalaminya. Namun, jika kondisi ini terus berlanjut, tak menutup kemungkinan bisa berdampak serius bagi kesehatan. Tingkat stres pada diri seseorang berbeda beda tergantung berbagai masalah yang dihadapinya, ada stres berat sehingga down diam tidak ingin melakukan apapun dan putus asa. Jika tingkat stresnya berat dan tidak berusaha mencari solusi masalah yang dihadapinya maka lambat laun akan masuk dalam kondisi sakit jiwa. Hal ini akan semakin berat karena diri sendiri sudah tidak dapat mengendalikan, maka perlu pertolongan orang lain.

Sedangkan jika tingkat stres-nya masih ringan ringan saja, santai saja kali. Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan hambanya, karena itu sudah diperhitungkan olehNya, sebelum jauh lebi parah sebaiknya simak dan terapkan tips yang kami rangkum di bawah ini, agar stres bisa segera hilang dan anda bisa beraktifitas kembali dengan maksimal dan lebih enjoy..


Tips Terbaik Mengatasi & Mencegah Stress

1. Refreshing ke alam terbuka dan hirup nafas dalam-dalam

Refreshing ke alam terbuka dapat mengistirahatkan otak sejenak dan membuat pikiran anda fresh. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa jalan santai ke alam terbuka, sambil menghela nafas panjang, ditambah dengan melihat hijaunya dedaunan dapat mengurangi efek buruk yang di timbulkan strees.

Oleh karena itu, jika pada suatu kondisi tertentu anda mengalami banyak tekanan dan dituntut dengan banyak deadline yang harus segera anda selesaikan pada hari tersebut, sehingga menyebabkan anda stress, maka kami sarankan anda untuk hentikan sejenak aktivitas yang dilakukan dan segera keluar ruangan atau mendekati jendela sambil menghirup nafas dalam-dalam.

Setelah beberapa saat melakukan hal itu dan kondisi sudah cukup tenang, maka anda bisa  kembali lagi kepada rutinitas awal anda. Dan anda pun dapat bekerja/beraktivitas kembali dengan pikiran baru dan juga semangat baru.

2. Buatlah rencana tujuan yang bertahap

Rencana tujuan yang bertahap dapat membantu untuk mengurangi beban pikiran anda, karena anda akan mengalami proses perencanaan setiap tahapannya dengan matang. Bercita-cita setinggi mungkin itu baik, namun jika anda terlalu perfecsionis dan mengharapkan segala sesuatunya berjalan cepat tanpa mempersiapkan potensi dalam diri anda, hal itu justru dapat menjadi beban pikiran ketika apa yang anda harapkan tidak sesuai dengan kenyataannya. Akibatnya anda akan mengalami strees.

3. Melakukan Meditasi

Beberapa penelitian membuktikan bahwa bermeditasi dapat membuat pikiran seseorang menjadi lebih jernih dan luwes. Pada proses tersebut, seseorang akan mulai merenungi setiap tindakannya serta akibat yang dihasilkan dari perlakuannya.

Maka logis kiranya jika setelahnya ia akan bersikap bijak dan lebih bisa memikirkan rencana lanjutan dari permasalahan yang sedang dihadapinya. Hal ini tentunya akan berbeda jika seseorang lebih memilih menghadapi permasalahannya dengan terbawa emosi.

Untuk melakukan meditasi mudah saja, anda hanya perlu ruangan yang tenang jauh dari kebisingan, duduk bersila, kosongkan udara paru para lalu ambil nafas dalam dalam dan pelan kira kira 10 kali hitungan (detik). Tahan sejenak paru paru dalam keadaan terisi udara 7 - 10 kali hitungan (detik), kemudian lepaskan pelan juga 10 kali hitungan. begitu seterusnya selama kurang lebih 15 - 30 menit. Anda kan merasakan sensasi suasana jiwa yang tenang dan nyaman...

4. Menggerakkan Anggota Tubuh (Olah Raga Ringan)

Jalan jalan sebentar 30 menit atau bersepeda santai. Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang sering latihan fisik akan memiliki otak yang lebih awet muda dibandingkan dengan mereka yang memilih melakukan aktivitas mental. Aktivitas mental lebih menuntut banyak pikiran dan memperberat kinerja otak. Hal inilah yang menyebabkan mereka lebih rentan mengalami stress.

5. Jangan Kepo Media Sosial Orang Lain

Di zaman era digital ini, seseorang lebih dimudahkan untuk mengetahui aktivitas orang lain lewat media sosial. Beberapa orang yang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi cenderung menghabiskan waktu luangnya untuk mengintip media sosial orang lain lewat jalan tersebut.

Nah, hal ini secara tidak disadari dapat membuatnya membandingkan keadaan dirinya dengan orang lain, akibatnya mereka bisa merasa stress sendiri karena merasa dirinya tidak ada apa-apanya dan tidak sebahagia orang lain.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa media sosial merupakan pedang bermata dua. Anda bisa menjalin silaturrahmi melalui media tersebut, namun di sisi yang lain ketika tidak digunakan dengan bijak justru dapat mendapatkan kerugian dari media tersebut. Oleh karena itu, ambillah manfaatnya saja dan lakukanlah aktivitas yang bermakna supaya anda tidak terlalu fokus di media sosial.

Sebenarnya ada satu lagi Tips jika anda benar benar melakukanya yang sangat ampuh yaitu rajin melakukan ibadah sholat malam, jika anda seorang muslim. setelah sholat 2 rakaat curahkan masalah anda kepada Allah karena Dialah yang memberikan masalah anda & hanya Dia yang mengetahui solusinya, lalu tawakal-lah yakin bahwa Allah akan memberikan solusinya, dan tidurlah seakan akan masalah anda telah teratasi dan lihatlah hasilnya...
Baca Juga: Bagaiana Cara Mengukur Berat Badan Yang Ideal? - Seperti Apa sih Berat Badan Yang Normal Itu?
Nah itu tadi adalah beberapa tips terbaik untuk mengatasi dan mencegah stress. Anda dapat mulai mengevaluasi diri anda dan terapkanlah beberapa tips yang kami ulas di atas. selamat mencoba...
Abu Azma
AbuazmaShare Updated at: Monday, January 16, 2017

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

back to top

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×