APA SIH ENAKNYA MENJADI WIRA USAHA? BERAT TAU'..!! MENDING JADI PNS

Suka Dan Duka Jadi Orang Gajian (PNS) Dan Pengusaha - Enak Mana Jadi Wirausaha (pengusaha) Atau Jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)? - Banyak orang yang membuat pernyataan "Kalau ingin kaya banyak uang jangan jadi pekerja gajian" bahkan ada bilang "kalau ingin kaya ya jangan jadi pegawai negeri". Sampai segitunya, padahal enak lho jadi orang gajian. Tiap bulan pasti terima gaji sehingga dapur tetap ngebul, mau musim hujan ke' mau musim kemarau ke' yang penting tetap gajian. Apa lagi pegawai negeri, itu lho yang namanya SK (aku sendiri nggak tau apa itu SK) katanya bisa buat jaminan ngutang ke bank, jika meninggal dalam keadaan ngutang keluarga/ahli waris tidak perlu membayari lagi, sudah ditanggung negara.

Selain itu gaji PNS juga diterima oleh ahli warisnya ketika sudah meninggal, jadi walaupun orangnya sudah tidak ada, gaji tetap jalan, kecuali diambil dalam sekali bayar dan ahli waris utama yaitu Istri sudah meninggal atau nikah lagi.

Credit image by: www.beritapns.com

Suka Dukanya Jadi Orang Gajian (PNS)

Pekerjaan PNS banyak sekali yang mencari, mulai dari guru honorer yang berjuang hingga 10 tahun lebih baru di angakat, sehingga mendekati pensiun ada yang baru jadi PNS, ada yang jadi polisi / tentara langsung jadi PNS tapi berjuang/ditugaskan dahulu ditempatkan di derah perbatasan atau terpencil yang banyak resiko dan jauh dari keluarga, ada yang jadi office boy atau satpam di kantor pelayanan publik 8 tahun lebih baru diangkat PNS.

Ya itulah setiap pilihan semua ada risikonya, bahkan risiko paling pahit adalah ketika di iming imingi menjadi PNS lebih cepat oleh oknum oknum yang tidak bertanggungg jawab dengan membayar sejumlah uang 80 juta - 150 juta rupiah, dan anehnya mereka percaya. Setalah ditunggu tak kunjung diangkat juga, stres akhirya.

Sebagai pengetahuan saja ini, terakhir kali gaji dinaikan 6% pada tahun 2015 berlaku hingga 2017, dimana gaji terendah PNS adalah Rp 1.488.500/bulan. Gaji pokok tersebut untuk PNS Golongan I a dengan masa kerja 0 tahun. Sementara gaji pokok tertinggi PNS adalah Rp 5.620.300/bulan untuk PNS Golongan IV e dengan masa kerja 32 tahun.

Sumbernya dari sini: Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2015 - 2017. Itu belum termasuk tunjangan, biasanya tunjangan itu lebih besar dari gaji 1 bulan, seperti tunjangan fungsional, tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan hari raya, belum lagi gaji tahun ke 13 (kok ada ya padahal 1 tahun cuma 12 bulan)

Suka Dukanya Jadi Pengusaha (Wirausaha)

Nah itu sekilas mengenai pahit manisnya jadi orang gajian khususnya PNS, lalu apa enaknya jadi wira usaha atau ada yang bilang pengusaha? "WiraUsaha" wira itu pendekar/pahlawan usaha artinya ya usaha sehingga lebih akrabnya disebut Pengusaha, artinya bekerja sendiri untuk memenuhi kebutuahnya dan keluarganya.

Seorang pengusaha itu berat untuk mencapai kesuksesan, ya minimal penghasilanya melebihi gaji PNS golongan tertinggi (IV e) , bagi saya pribadi pengusaha yang penghasilannya menyamai PNS golongan tertinggi sudah bisa dibilang sukses, karena sudah bisa memenuhi kebutuhan sendiri, kelurga dan bisa menabung.

Seorang pengusaha untuk mencapai itu perlu bekerja keras, pendidikan teori tentang bisnis yang ditempuh 3 - 4 tahun belum tentu ketika terjun langsung bisa sukses, karena ternyata keadaan dilapangan tidak sesuai dengan apa yang ada di teori bisnis yang telah ia pelajari.

Kalau menurut saya ketika anda mulai belajar, maka sebaiknya diiringi praktek kerja sesungguhnya, jangan menunggu lulus sekolah bisnis baru memulai usaha. Karena kenyataannya sorang pengusaha itu selalu dimulai dari NOL walaupun sudah sekolah bertahun tahun.

Risiko pengusaha bisa dipastikan akan gagal diawalnya, disinilah anda akan diuji untuk belajar bersabar sekaligus belajar sukses dalam berbisnis sesunggunya, jadi tidak logis jika anda takut gagal. Karena gagal berbisnis itu bagian dari kesuksesan itu sendiri, disinilah doperlukan mental yang tahan banting.

Percayalah suatu saat anda akan berhasil sehingga melebihi gaji PNS golongan tertinggi sekalipun. Banyak peluang bisnis yang bisa anda coba, sulit memang untuk menemukan bisnis yang cocok. Cocok disini maksudanya sesuai keadaan dan keinginan anda, cocok bagi orang lain belum tentu cocok bagi anda.

Saya sendiri menemukan pekerjaan yang cocok baru ketemu ketika usia sudah 35 lebih, anak sudah 2. Ini semua perlu proses panjang mulai dari jadi office boy, sales dor to dor, mencoba kerja pabrik, kemudian sales motoris dari warung ke warung, dan terakhir jadi publiser penulis di internet (blogger).

BACA JUGA: INGIN TAU MERUBAH HOBI JADI UANG SECERA ONLINE? BACA YUK, MUDAH KOK...!
Jika sudah menentukan pilihan pekerjaan yang cocok begini maka total waktu anda harus belajar dan bekerja, tidak peduli siang atau malam dalam bebrapa bulan hingga 1 tahun rela memeras otak dan tenaga, maka anda akan melihat hasilnya. Sukanya kalau sudah menjadi pengusaha dengan penghasilan lumayan kita bisa santai, tidak terikat waktu, tidak di perintah atau di target orang lain, ibadah lebih tenang.

Nah itulah celotehan saya mengenai Suka Dan Duka Jadi Orang Gajian (PNS) Dan Pengusaha. Bagaimanapun juga kita tidak perlu mengolok, menghina mana yang paling enak, mana yang paling tinggi gajinya. Kita manusia makluk sosial yaitu saling membutuhkan, yang orang gajian (PNS) membutuhkan membeli barang dari pengusaha, sedangkan pengusaha menginginkan barang dagangannya dibeli orang gajian 





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : APA SIH ENAKNYA MENJADI WIRA USAHA? BERAT TAU'..!! MENDING JADI PNS

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE