GAJI CEPAT HABIS...!!! TERAPKAN TIPS INI YUK AGAR BERTAHAN HINGGA AKHIR BULAN

Tips Mengatur Keuangan Agar Bisa Bertahan Hingga Akhir Bulan - Entah mengapa sulit sekali mempertahankan uang di dompet bisa bertahan hingga akir bulan agar ketika gajian berikutnya masih ada sisa sehingga bisa menabung untuk masa depan. Sepertiya hal ini akan terus terjadi sepanjang tahun, buktinya gaji sudah naik juga tetap habis dan pas pasan saja, kok bisa begitu ya? apanya yang salah? pada hal makan ya biasa itu itu saja, dasarnya memang tidak suka makan berlebihan. Selidik punya selidik ternyata gaji naik gaya hidup juga ikut berubah naik, ketika memegang uang sepertinya gatal ingin beli barang barang konsumtif seperti ponsel yang ingin ganti yang baru, TV ingin yang LED lebih besar lagi, sbun yang biasa beli juga sekarang ingin sabun pemutih yang harganya ratusan ribu dll.

Lalu dimana hasil belajar keuangan selama ini disekolah? yang katanya menejemen keuangan dan akuntansi itu? memang sulit rasanya untuk menerapkan teori, ketika uang benar benar dipegang sepertinya lupa semua itu yang namanya meanagement keuangan.


Memang saya akui mengatur keuangan memang bukanlah hal yang mudah. Terlebih untuk sahabat yang gajinya pas-pasan dan memiliki banyak tanggungan/cicilan. Sepertinya kita harus mulai menyadari akan manfaat menghemat pengeluaran yang selalu dipesankan oleh orang tua kita. Kita bisa belajar dari mereka dan cara orang orag kaya yang bagaimana mereka bisa sukses dalam mengelola keuangan.

Untuk itu, marilah kita menyadari dan belajar bersama sama lagi bagaimana mengatur keuangan yang benar, alangkah baiknya bila anda simak informasi yang kami bagikan berikut ini, yaitu tentang tips bagaimana mengatur keuangan agar gaji atau pemasukan anda bisa bertahan sampai akhir bulan.

Tips & Trik Mengatur Gaji Agar Bertahan Hingga Akhir Bulan


1. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Untuk mengatur gaji, anda harus melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan yang anda lakukan. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pada penerimaan. Jika hal tersebut terjadi, sangat mungkin gaji anda tidak akan bertahan hingga akhir bulan tiba, yang ada anda akan terlilit hutang dan masalah baru akan muncul.

2. Buat Anggaran Belanja

Dengan membuat anggaran belanja akan memudahkan anda untuk mengatur gaji yang anda terima. Kesuksesan tahap ini terletak pada rencana yang anda susun secara nyata dan menggambarkan pola hidup yang sebenarnya.

3. Atur Jadwal Penarikan Uang di ATM

Banyaknya mesin ATM yang di sediakan oleh Bank di berbagai tempat di sekitar lingkungan anda, tentunya akan memudahkan anda untuk mengambil uang dan itu dapat di lakukan setiap saat. Akan tetapi di balik kemudahan tersebut, sering kali kita secara tak sadar telah bergaya hidup boros.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya jika anda mengatur jadwal penarikan uang di ATM. Lakukan penarikan uang misalnya 1 bulan 1x atau 2x hanya saat akan belanja bulanan saja. Kemudian taruh dalam lemari kartu ATM anda. Jika ada keperluan jalan-jalan atau kemana, sebaiknya bawa uang tunai saja secukupnya.

4. Cari Sumber Pendapatan Lain

Jika anda merasa gaji yang anda miliki tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan anda, cobalah untuk mencari sumber pendapatan lain, misalnya menawarkan jasa sesuai skill anda, membuat online shop, atau membuka warung kelontong di depan rumah anda. Dengan cara tersebut, besar kemungkinan gaji anda akan bertahan hingga akhir bulan nanti.

5. Pilih Produk Dengan Harga Murah Tapi Yang Kwalitasnya Bagus

Ketika anda sedang pergi berbelanja, ada baiknya untuk memilih produk yang memiliki harga murah namun tetap baik kualitasnya. Jangan menghamburkan uang hanya untuk mendapatkan barang mahal yang tidak berarti apa-apa dan hanya mengejar gengsi semata. Idealnya selalu cermat dan pintarlah dalam berbelanja agar gaji anda bertahan hingga akhir bulan nanti.

6. Segera Lunasi Tanggungan

Segeralah melunasi hutang atau tanggungan yang anda miliki ketika gaji telah diterima. Hal tersebut dilakukan agar anda mendapat kemudahan dalam mengatur gaji anda sendiri. Selain itu, melunasi tanggungan akan membantu anda memperhitungkan anggaran untuk jangka panjang.

7. Miliki 2 Rekening Bank

Ini yang saya terapkan, di bank BRI saya memiliki rekening biasa berguna untuk menerima pembayaran, melakukan pembayaran tagihan bulan. Kemudian di bank BRISyariah saya ada rekening untuk simpanan tabungan. Kegunaan dari memiliki 2 rekening bank yaitu untuk memudahkan anda dalam mengatur keuangan yang kita miliki.

Kedua rekening bank tersebut memiliki peran yang berbeda antara satu dengan lainnya. Satu rekening bank digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran dan satu rekening bank yang lain digunakan untuk menabung gaji anda.

Dengan hal tersebut, uang anda akan terjaga hingga akhir  bulan datang. Perlu diingat, simpanlah rekening yang berisi tabungan ditempat yang tidak mudah anda jangkau agar uang yang ada di dalamnya gampang anda ambil untuk hal-hal yang tak terlalu penting.


8. Kendalikan Diri Anda

Hal dasar yang perlu dimiliki yaitu pengendalian diri. Jika anda tidak dapat mengendalikan diri anda ketika melakukan pengeluaran, gaji anda akan terbuang sia-sia dan tidak dapat bertahan untuk memenuhi kebutuhan anda hingga akhir bulan atau hingga masukknya gaji berikutnya.

9. Anda Bisa Simak Video "Karyawan Bisa Juga Kaya"
Tak ada salahnya anda belajar dari acara I_M Possible yang pernah ditayangkan di televisi swasta MetroTV, menurut saya acara itu sangat menginspirasi saya untuk dapat berhemat dan bahkan bisa berinvestasi.

Video Karyawan Juga Bisa Kaya


BACA JUGA: WAJIB DITIRU...!!! BAGAIMANA CARA ORANG KAYA MENGATUR KEUANGANNYA

Nah itulah 9 tips yang sebaiknya anda terapkan untuk mengatur gaji bulanan anda supaya tetap bertahan hingga akhir bulan. sehingga pada gaji berikutnya uang masih tersisa untuk ditabung Semoga bermanfaat.





You Might Also Like: