INILAH ARTI 16 ANGKA NIK PADA E-KTP ANDA

Apa Itu NIk? Apa Arti 16 Angka NIK Pada e-KTP - Sudahkan anda memiliki eKTP? penting lho untuk dimiliki. segala sesuatu yang berhubungan pelayanan publik diwajibkan menyertakan KTP, begitu pula dengan urusan perbankan anda harus menunjukkan sebagai identitas asli anda. Bicara soal eKTP Kebanyakan kita pasti kurang memperhatikan tentang 16 angka yang ada pada eKTP kita, "ya pokoknya itu nomer induk kependudukan saya lah..." ya benar itu jawabannya, namun dari 16 angka itu teryata ada artinya lho... ah yang benar saja? iya, jadi ingin mengetahui juga? Ok silahkan baca ulasan saya di bawah ini..

Pastinya anda juga mengetahui bawa setiap orang di dunia memiliki Nomor Identitas atau kalau orang bule bilang  "Single Identity Number / Personal Identity Number". Begitu pula di Indonesia, setiap warga negara wajib memiliki nomor identitas yang dinamakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertulis pada Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda penduduk (KTP).

(NIK) Nomor Induk Kependudukan yang terdapat di dalam e-KTP merupakan nomor yang unik, khas, tunggal, dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia dan berlaku seumur hidup dan selamanya.


Nomer NIK ini diberikan Negara kepada penduduk seluruh di Indonesia. NIK akan dikenakan pada setiap orang ketika terdaftar sebagai penduduk Indonesia, dan NIK tersebut tidak akan dapat diubah sampai orang tersebut meninggal dunia.

Perlu anda ketahui untuk mengetahui/mengecek identitas seorang penduduk dapat dilihat dari Nomor Induk Kependudukannya (NIK). NIK seseorang tersebut ditentukan dan dikelola oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Anda bisa perhatikan gambar di atas, NIK terdiri dari 16 digit angka, misalnya disana tertulis 32 04 05 12 10 78 0001 sengaja saya kasih kotak warna warni dan saya berikan nomer 1 - 7 agar mudah untuk saya jelaskan. Jadi arti dari nomer NIP diatas adalah;
  1. 32 - untuk  2 angka pertama : Kode Provinsi
  2. 04 - untuk 2 angka ke dua : Kode Kabupaten / Kotamadya
  3. 05 - untuk 2 angka ke ketiga: Kode Kecamatan
  4. 12 - untuk 2 angka ke empat: Tanggal Lahir pemilik eKTP
  5. 10 - untuk 2 angka ke lima  : Bulan Lahir pemilik eKTP
  6. 78 - untuk 2 angka ke enam: Tahun Lahir pemilik eKTP
  7. 0001 - untuk 4 angka terakhir : Nomor Register Kependudukan 

Penjelasan selanjutnya kotak diatas saya bagi menjadi 3 bagian lagi yang terdiri dari 6 angka awal, 6 angaka berikutnya dan 4 angka terakhir:
  • 6 angka pertama - menerangkan informasi mengenai tempat di mana NIK e-KTP tersebut diterbitkan
  • 6 Angka selanjutnya - menunjukkan ientitas pribadi meliputi tanggal, bulan, tahun lahir pemilik e-KTP 
  • 4 Angka terakhir  - menunjukkan nomor urut registrasi kependudukan, di mana nomor urut registrasi ini sesuai dengan urutan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran yang sama dalam 1 wilayah yang dimulai dari 0001.

Catatan: 
Khusus untuk jenis kelamin perempuan/wanita, tanggal lahir ditambahkan dengan angka 40. Berikut contoh NIK berdasarkan jenis kelamin:
  • 1101011310780010 = jenis kelamin laki-laki, yang lahir tanggal 13
  • 9101015310710010 = jenis kelamin perempuan, yang lahir tanggal 13

Sebagai Contoh NIK: 13 71 01 17 09 86 0005, maka penjelasan dari NIK tersebut:
  • 13 menunjukkan kode provinsi : Provinsi Sumatra Barat
  • 71 menunjukkan kode kabupaten/kota : Kota Padang
  • 01 menunjukkan kode kecamatan : Kecamatan Padang Selatan
  • 17 menunjukkan kode tanggal lahir : lahir tanggal 11, (bila penduduk tersebut perempuan, maka tanggalnya ditambah 40, sehingga 17 + 40 menjadi 57)
  • 09 menunjukkan kode bulan lahir : lahir bulan 09/ bulan September
  • 86 menunjukkan kode tahun lahir : lahir tahun 1986
  • 0005 menunjukkan kode nomor urut registrasi, contoh menunjukkan urutannya adalah: 5, artinya penduduk tersebut urutan ke-5 dari sekian banyak penduduk yang mempunyai tanggal kelahiran yang sama dalam 1 wilayah kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat yang membuat KTP.

BACA JUGA: E-KTP ANDA HILANG ATAU RUSAK? NIH CARA MENDAPATKAN KEMBALI
Begitulah arti dari Nomer Induk Kependudukan (NIk) yang tertulis dalam eKTP anda, sampai jumpa pada info pulik selanjutnya, semoga bermanfaat...

Reverensi: https://www.cermati.com/artikel/cara-cek-status-e-ktp-online





You Might Also Like: