NIH...!!! WAKTU YANG TEPAT UNTUK MENGKONSUMSI BUAH

Tips Kesehatan - Kapan Sih Waktu Yang Tepat Untuk Mengkonsumsi /Makan Buah? - Kebanyakan orang menyangka waktu yang tepat untuk mengkonsusi buah ketika setelah makan pagi siang atau makan sore, nyatanya ada yang bilang "makan buah sebagai pencuci mulut" sehingga banyak buah buahan disediakan di meja makan. Namun ternyata itu salah sahabat, bagi sebagian orang mungkin tidak berpengaruh sama sekali makan buah setelah makanan utama, namun pada orang yang punya persoalan gula darah yang belebihan, kolesterol dan menderita diabetes, hal ini akan menyebabkan kekacauan dalam tubuhnya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa, dalam buah terdapat kandungan gula (fruktosa dan glukosa), buah buahan juga termasuk sumber karbohidrat sehat terutama pada buah yang memiliki kandungan gula rendah.


Namun kandungan gula pada buah juga akan menimbulkan persoalan jika dikonsumsi dengan cara salah dan waktu yang tidak tepat. Gula buah akan cepat masuk ke aliran darah dari pada gula hasil pemecahan tepung dan protein.

Perbedaan waktu cerna ini menyebabkan peragian dan pembusukan di aliran cerna jika buah di konsumsi bersama makanan lain yang lambat diubah menjadi gula seperti tepung dan protein. Jika dipaksakan proses tersebut membentuk alkohol yang menimbulkan gas dan menyebabkan ingesti.

Untuk mencegah hal tersebut, buah harus dikonsumsi 30 menit sebelum makan atau 2 jam setelah makan makanan yang mengandung tepung. Mengingat waktu yang dibutuhkan untuk mencerna protein berlangsung lambat, maka jika anda bermaksud mengkonsumsi buah sesudah makan makan utama yang tinggi protein, anda sebaiknya harus mengkonsumsi 3 - 4 jam sesudah makan.

Khusus untuk apel, lemon dan jeruk dapat dikonsumsi pada waktu yang berdekatan dengan makanan utam bertepung dan berprotein. Kandungan gula yang rendah dan pektin yang tinggi pada buah buahan tersebut menyebabkan peragian tidak berlangsung cepat sebagaimana buah lain-nya.

Khusus buah avokad (alpukat) dapat anda perlakukan seperti makanan bertepung. Meskipun alpukat termasuk buah buahan namun memiliki waktu cerna yang jauh lebih lambat dibanding buah buahan pada umumnya. Anda boleh mengkonsumsi avokad bersama dengan makanan bertepung.

BACA JUGA: ANDA MENDERITA INSOMNIA...!!! 6 TIPS INI AKAN MEMBUAT ANDA NYEYAK TIDUR

Jika anda bermaksud mengkonsumsi mekanan berprotein tinggi saat makan utama, pastikan agar avokad anda konsumsi minimum 2 jam sesudahnya. Ok, sahabat semua begitulah tips mengkonsumsi buah yang benar, kapan waktu yang tepat untuk di konsumsi. Semoga bermanfaat....





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : NIH...!!! WAKTU YANG TEPAT UNTUK MENGKONSUMSI BUAH

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE