PENTING...!! PERTIMBANGKAN 8 HAL INI SEBELUM PINJAM UANG KE BANK

Apa Yang Harus di Pertimbangkan/Perhatikan Sebelum Mengambil Keputusan Untuk Berhutang Ke Bank? - Terkadang dalam hidup ini kita menghadapi keadaan tersulit dalam hal keuangan ketika ingin mendapatkan sesuatu atau ketika ingin menjalankan usaha berupa jasa dan perdagangan, kita butuh modal untuk bisa menjalankan usaha itu, namun lagi lagi terbentur oleh modal. Kemudian pikiran kita akan tertuju pada bank ataupun leasing yang sekarang terang terangan menawarkan uang dengan jaminan BPKB ataupun Serifikat rumah. Kita bisa lihat mereka menempelkan iklannya di pinggir pinggir jalan, di tiang tiang listrik dengan menyertakan nomer HP.

Dari pengalaman saya, sangat mudah berhutang perusahaan swasta seperti itu, kita hanya mengisi formulir lalu menyerahkan fc kTP, surat keterangan usaha dari RT/RW setempat (jika diperlukan) lalu yang terpenting BPKB motor, dan beberapa jam saja uang sudah bisa diambil.

Lain lagi dengan perusahaan BUMN seperti bank BRI, bank BNI ataupun bank Mandiri, mereka sangat hati hati dan terlalu mendetail mengorek keterangan tentang kita sebagai debitur, pihak bank biasanya akan melihat track record kita dalam dalam dunia perbankan apakah kita punya sejarah buruk mengenai kredit yang macet, tagihan kartu kredit yang sering telat terkena limit dll.


Jika anda berencana untuk meminjam uang ke Bank, entah itu Bank swasta maupun Bank pemerintah, alangkah baiknya jika anda pertimbangkan dulu banyak hal, sebelum memutuskan menunjuk suatu Bank yang akan di pilih. Memiliki hutang itu tidak enak tau'...! segala sesuatunya seakan akan kita di tekan/tertekan, khawatir jika tidak bisa membayar bulanan sepeda motor atau rumah kita akan melayang.

Jika hutang untuk kebutuhan konsumtif hati hati saja, namun jika untuk modal buka usaha baru dan prospeknya cerah tdak ada salahya anda berhutang ke Bank. Idealnya anda perhatikan beberapa hal di bawah ini agar anda tidak menyesal di kemudian hari akibat terlau terburu-buru memutuskan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan/Dipertimbangkan Saat Meminjam Uang di Bank

1. Perhatikan Jumlah yang Akan Dipinjam

Sebelum memutuskan untuk meminjam uang di Bank, anda wajib menentukan berapa jumlah yang akan anda ajukan. Dan juga pastikan anda telah mengetahui kemampuan/kekuatan anda perbulannya dalam membayar cicilannya. Lalu, tinggal sesuaikan saja, nominal yang akan di pinjam dan kemampuan anda dalam cicilan, jangan sampai anda mogok di tengah jalan tidak bisa bayar sama sekali

2. Pilih Prioritas Kebutuhan

Pastikan anda meminjang uang hanya untuk hal-hal yang sifatnya penting saja. Dan pergunakan uang tersebut sesuai prioritas, seperti yang sudah anda rencanakan. Jangan sampai uang pinjaman hanya di habiskan sedikit demi sedikit untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terlalu penting.

3. Lakukan Survey

Sebelum memutuskan untuk meminjam uang di suatu Bank, lakukan survey terlebih dahulu disetiap Bank. Hal ini dilakukan supaya anda mendapatkan Bank yang paling menguntungkan buat anda. Pilihlah program-program Bank yang sekiranya terbaik, mulai dari jumlah bunga Bank yang berlaku ketika masa peminjaman, jumlah denda yang diterapkan jika anda membayar melebihi jatuh tempo, dan lain sebagainya.

4. Pelajari Kebijakan Bank

Sebelum menyetujui pinjaman yang anda lakukan, pelajari terlebih dahulu mengenai kebijakan yang diberikan oleh pihak Bank. Lihat hak dan kewajiban yang diberikan oleh pihak Bank. Jangan gegabah jika kebijakan Bank tersebut tidak berpihak atau terlalu merugikan  anda. Jika anda terlalu gegabah karena tuntutan kebutuhan, anda akan terjebak dengan aturan yang berlaku di Bank yang anda pilih.

5. Tentukan Jangka Waktu

Angsuran yang anda bayarkan setiap bulannya akan ditentukan dengan jangka waktu anda meminjam. Semakin lama jangka waktu yang anda pilih, akan semakin kecil jumlah angsuran yang akan dibayar.

Berbeda halnya jika anda memilih mempersingkat jangka waktu peminjaman, angsuran yang anda keluarkan akan jauh lebih besar. Kondisikan hal tersebut dengan pemasukan anda. Jika pemasukan anda tergolong besar, pilihlah jangka waktu yang lebih cepat agar hutang yang anda pinjam segera berakhir.

6. Tekan Biaya Hidup

Untuk meminjam uang di Bank, hal yang harus anda lakukan yaitu menekan biaya kehidupan sehari-hari. Jangan hidup boros jika anda memiliki hutang di Bank. Hal ini akan membantu anda untuk mengangsur hutang yang anda buat. Alhasil, hutang terbayar dan masalah terselesaikan.

7. Buat Rencana Pembayaran

Batas maksimal suatu angsuran harusnya sebesar 30% dari jumlah pemasukan. Tentukan rencana pembayaran, bagaimana anda akan membayar hutang tersebut, dan atur keuangan supaya tidak menimbulkan masalah dengan rencana keuangan dimasa yang akan datang.

8. Pilih Jaminan ke Bank

Sebelum pencairan dana, pihak Bank pasti meminta jaminan kepada anda agar uang dapat dicairkan. Perlu diperhatikan, pilihlah jaminan yang sedang menganggur atau tidak sedang anda gunakan. Salah satu contohnya seperti sertifikat rumah yang anda tinggal atau tanah/sawah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir sesuatu yang tidak diinginkan terjadi dikemudian hari.

BACA JUGA: INGIN TAU MERUBAH HOBI JADI UANG SECERA ONLINE? BACA YUK, MUDAH KOK...!

Nah demikan di atas 8 hal yang sebaiknya anda perhatikan atau pertimbangkan sebelum memutuskan meminjam uang pada Bank. Dan pastikan gunakan dengan bijak uang tersebut agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENTING...!! PERTIMBANGKAN 8 HAL INI SEBELUM PINJAM UANG KE BANK

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE