follow us

PROSEDUR MUTASI KENDARAAN, CABUT BERKAS DAERAH ASAL KENDARAAN TERDAFTAR

Mekanisme, Prosedur, Cara Mutasi Kendaraan Cabut Berkas Dari Daerah Asal Kendaraan Terdaftar Menuju Ke Daerah Baru 2017- Pegalaman Mutasi Keluar Daerah di Samsat Soekarno Hatta Bandung - Walaupun sering menulis artikel pelayanan publik, namun agak bingung juga jika saya sendiri yang melakukan langsung, saya juga sempat bertanya tanya bagian customer service bagaimana proser sebenarnya. Untuk mutasi tahun 2017 ini aku lihat lebih bersih dari tahun sebelumnya, kalau gratis ya gratis bener. Secara gitu lho sekarang semua tarif yang berhubungan dengan kepolisisn begini naik serentak sejak 6 januari 2017, apa lagi ada Saber Pungli, itu lho yang suka menangkap para calo dan pungli di semua dinas kementrian termasuk juga di dispenda atau samsat.

Awal tahun 2017 ini kebetulan saatnya bayar pajak kendaraan tahunan, dan sekaligus mau mutasi kendaraan dari kota Bandung (Jl Suekarno Hatta, dekat Uninus) menuju kabupaten Bandung yaitu Cileunyi. Awalnya bingung bayar pajak motor atau mutasi, makanya saya tanya ke bagian customer service, menurutnya lebih baik saya cabut berkas dulu untuk mutasi. Soal pajak tahunan nanti sekalian kalau sudah beres.
 Prosedur cek fisik kendaraan

Persyaratan Mutasi Kendaraan Bermotor

  • Bawa BPKB + Kwitansi pembelian ada materaimya Rp6000; asli dan fotokopi 2 2 lembar
  • STNK asli dan fotokopi 2 lebmar
  • KTP asli pemilik daerah yang dituju dan foto copy 2 lembar, semua masukan dalam map
  • (Untuk badan hukum ): Salinan akte pendirian + 1 lembar foto copy, keterangan domisili, surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan.
  • Untuk intansi pemerintah ( termasuk BUMN & BUMD ) : surat tugas atau surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap intansi yang bersangkutan.
  • Sebaiknya bawa alat tulis (bolpoint) sendiri
Ok lansung saja, setelah anda sampai ke samsat, silahkan mendaftar ke loket 1 untuk mendapatkan blagko berupa formulir dan kertas stiker untuk menggesek nomer kendaraan. Biasa disini anda harus antri, kalau nggak pingin ngantri sebaiknya berfangakat lebih pagi.

Mendaftar untuk mendapatkan blagko dan stiker cek nomer kendaraan

Cek fisik sekarang gratis lho, kalau dulu waktu saya pajak 5 tahunan ogkosnya 10 ribu - 15 ribu. wah pokoknya bersihlah dari pungutan yang tak jelas, karena tukang cek fisik juga sudah di gaji pastinya. lagian buat apa kalau semua tarif naik tapi masih ada pungutan sana sini yang tak jelas.

Cek fisik kendaraan

Setelah cek fisik kendaraan selesai, anda akan disuruh ke gudang penyimpanan arsip kendaraan anda ketika dulu terdaftar. Siapkan KTP, BPKB, STNK asli dan semua persyaratan tadi yang ada dalam map serahkan saja semuanya, silahkan duduk dulu untuk dipanggil dan peyerahan arsip kendaraan anda.

 
 Pendaftaran mendapatkan arsip kendaraan

Setelah mendapatkan arsip kendaraan anda, sekarang ke area cek fisik tadi dan jangan lupa isi semua formulir/blagko waktu pertama mendaftar tadi. Pada bagian ini semacam pengecekan keabsahan data kendaraan, soalnya pegawainya cuma paraf dan ceklis dan cap saja

 
Cek keabsahan data kendraan

Sudah selesai dicek data data lengkap kendaraan, lalu anda menuju ke loket 1 semula ketika pertama kali mendapatkan blagko untuk menyerahkan data/arsip tadi, disana anda mendapatkan nomer antrian. silahkan duduk menunggu di loket 2 nanti akan dipanggil lagi.

 
Pengesahan arsip/data kendaraan mutasi

Setelah dipanggil disini, anda sudah beres pada bagian cek fisik dan keabsahan data kendaraan anda. Setelah itu langsung saja menuju ke kantor dalam pagian Pendaftaran  Mutasi Kendaraan keluar Daerah. Bilang saja "Pak mau mutasi keluar daerah" taruh map kelengkapan arsip dan data kendaraan tadi di mejanya.

 
Pendaftaran mutasi keluar derah dan bayar Rp150.000; ke BRI

Pada tahap ini anda akan diberikan kertas kwitansi untuk pembayaran biaya mutasi keluar di bank BRI yang outletnya ada di dalam samasat tersebut, setelah dibayar lunas maka anda disuruh kembali ke sini lagi, lalu oleh petugas anda diberikan selembar kertas kecil warna hijau "Surat Resi/Pengambialn Mutasi" yang di staples bersama fotokopi STNK, BPKB dan Sertifikat Nomer Identifikasi Kendaraan (NIK). 

 
 Resi pengambilan mutasi keluar

Dalam resi itu bertuliskan tanggal pengambilan berkas berikutnya kira kira 1 bulan, soalnya pengajuan saya tanggal 11/1/2017 dan disitu tertulis 11/2/2017. Artikel ini saya tulis ketika proses cabut berkas dari daerah asal kendaraan terdfatar. Insyallah akan saya sambung pada artikel berikutnya yaitu ketika ke daerah baru, tempat saya tinggal sesuai KTP saat ini.

 


O iya perlu saya ingatkan disini bahwah jam pelayanan samsat adalah sebagai berikut:
  • Waktu normalnya senin - kamis dari jam 08:00 sampai dengan 14:30. Kemudian diselani istirahat dari jam 11:30 sampai 13:00
  • Hari jumat buka jam 08:00 - 11:00. Istirhat dulu sampai jam 13:00 lalu dilanjut kerja seperti biasa sampai 14:30
  • Hari sabtu buka seperti biasa dari jam 08:00 - 11:00 saja, jadi hanya setengah hari

You Might Also Like: