follow us

TIPS MENGUKUR BERAT BADAN YANG IDEAL

Tips Sehat - Bagaiana Cara Mengukur Berat Badan Yang Ideal? - Seperti Apa sih Berat Badan Yang Normal Itu? - Kegemukan badan atau obesitas sekarang ini menjadi sesuatu yang menghawatirkan bagi masyarakat modern, pola hidup yang tidak sehat yang meliputi makan makanan yang berlemak dan kandungan gula yang berlebihan membuat badan menjadi kacau, tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sebagaimana kita tahu bahwa sekarang banyak kasus penyakit yang di timbulkan oleh kegemukan ini, antara lain tekanan darah tinggi, kolesterol, stroke, kandungan gula darah yang berlebihan sehingga meyebabkan resistensi insulin berujung pada diabetes.

Yang jadi pertanyaan sebagai orang awam mungkin kenapa ebesitas atau kegemukan menyebabkan penyakit struk yang mengerikan itu? ya menurut saya stroke itu penyakit yang mengerikan, bagaimana tidak, saya pernah lihat orang yang terserang stroke ini, dia meninggal lebih cepat dari pada penyakit lainya. Namun bisa juga mati pelan pelan, dengan menderita stroke ringan dahulu, fungsi tubuh tidak normal, bicara tidak jelas, melangkah sempoyongan. Setelah lama menderita seperti ini akhirnya mati juga.


Tentang obesitas yang menyebabkan stroke dan penyakit lainnya, karena berat badan dan indeks masa tubuh berhubungan erat dengan tekanan darah. Distribusi lemak pada tubuh juga merupakan faktor penting  dalam hubungannya dengan hipertensi, hal inilah yang memicu terjadinya hipertensi lalu pada akhirnya berujung memicu terjadinya stroke.

Berapakah berat badan yang normal? dan bagaimana cara mengukurnya? Ada cara penghitungan berat badan yang cukup sederhana dan mudah untuk dipahami, yaitu dengan menilai dari Indeks Massa Tubuh (IMT) yang merupakan hasil penghitungan dari :

IMT = Berat Badan Dalam Kg/(Tinggi Badan dalam m)2   
Contohnya:
Seseorang dengan berat badan 50Kg dan Tinggi Badan 170 cm 
Maka Indeks Massa Tubuhnya adalah 50/(1,7)2 = 17,30

Setelah menghitung IMT lalu anda dapat melihat kotak dibawah ini dan lihat apakah anda termasuk dalam kriteria kelebihan berat badan atau tidak.

KriteriaIMT
Berat Badan Kurang
<18,5

Normal
18,5 - 25

Berat Badan Lebih/Overweight
25 - 30

Obesitas>30


Apa bila anda termasuk kategori berat lebih atau obesitas, risiko anda untuk terkena stroke akan meningkat sekitar 15%. Sekarang ini juga sering di pergunakan ukuran lingkar pinggang untuk menentukan apakah seseorang kelebihan berat badan atau tidak.
BACA JUGA: DAFTAR MAKANAN SEHAT YANG DAPAT MENGUSIR RACUN DALAM TUBUH
Begitulah cara mengukur berat badan dengan cara sederhana, sehingga kita bisa mengetahui badan idel kita, dapat mengontrol pola makan agar terhindart dari segala penyakit yang dipicu oleh kelebihan berat badan atau obesiatas, selain mengatur pola makan olah rtaga juga sangat diperlukan.

Sumber reverensi: Kutipan buku "Stroke & Rehabilitasi Paska Stroke" oleh dr. Rudianto Sofwan

You Might Also Like: