follow us

[PENGALAMAN] STEP BY STEP MUTASI KENDARAAN BERMOTOR MASUK KE DAERAH BARU

Info Pelayanan Publik - Cara Mutasi Kendaraan Masuk ke Daerah Baru Tanpa Balik Nama - Apa Saja Syarat Mutasi Kendaraan Masuk? - Halaman ini adalah lanjutan dari artikel yang sudah saya tulis pada postingan saya yang berjudul "Cara Mutasi Kendaraan Cabut Berkas Dari Daerah Asal Kendaraan Terdaftar Menuju Ke Daerah Baru 2017" yang pasti semua persyaratan sudah ada dalam berkas samsat asal, anda tinggal ambil kembali dengan membawa "Surat Resi/Pengambilan Mutasi".

Proses Mutasi kendaraan keluar dan masuk ke daerah tujuan ini ternyata memakan waktu 1 bulan + 6 hari kerja, jadi tidak lantas langsung jadi. Sebagaimana yang saya lakukan ini, saya mutasi kendaraan mulai dari cabut berkas dari daerah asal ke daerah baru pada januari - februari 2017. Hari ini genap 1 bulan dari proses pendaftaran pencabutan berkas dan pagi ini saya harus mengambil berkas itu dengan membawa resi pengambilan mutasi.

Pagi itu saya ke samsat soekarno hatta Bandung dekat Uninus, sampai ketempat tujuan langsung ke bagian pengambilan berkas mutasi yang ada di sebelah kiri kantor utama "Pak mau ambil berkas mutasi keluar ini resinya" kemudian petugas akan mengumpulkan resi saya bersama yang lain dan tinggal mununggu antrian untuk di panggil.


Setelah mendapatkan panggilan dan berkas sudah di berikan kepada saya, oleh petugas bilangnya "Langsung ke bagian Viskal samsat Kawaluyaan" kenapa tidak langsung di proses di samasat Suekartno - Hata? dulu ketika saya membeli motor Samsat bandung Timur (Kawaluyaan) belum di bangun sehingga semua berkas saya ada di Samsat Soekarno-hatta, 

Makanya setelah berkasnya didapat saya meluncur ke Kawaluyaan. Disini saya disuruh foto kopy lagi, motor atas nama Istri sehingga saya disuruh menyertakan foyo copi KTP saya sendiri, wiss... pokoknya ikut intruksi saja...


Setelah di Foto Copy langsung menuju ke bagian "Viskal Antar Daerah" untuk meyerahkan berkasnya. Disini yang lama, ngantri banyak, setelah mendapatkan panggilan saya disuruh membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Rp12.000


Kemudian setelah membayar, itu kertas STNK yang masih baru dan kosong kecuali PKB saja yang Rp12.000 tadi, lalu diserahkan kembali ke bagian Viskal Antar Daerah" kemudian menunggu untuk dipanggil kembali. Disinilah akhir dari proses cabut berkas dari daerah asal untuk menuju ke derah baru saya yaitu samsat Rancaekek Kab. Bandung ini saya lakukan esok harinya lagi karena kebetulah kemarin saya lakukan pada hari sabtu jam kerja hanya sampai jam 11:00

Pendaftaran Mutasi Kendaraan Bermotor Ke Daerah Baru

Agar tidak nganri terlalu lama sebaiknya kita datang tepat waktu sekitar jam 08:00 langsung ke bagian pendaftaran "Loket Cek Fisik Kendaraan Bermotor" untuk mendapatkan stiker untuk menggosok nomer kendaraan.


Disini kita disuruh duduk dulu untuk di panggil, setelah mendapatkan panggilan bersama diberi formulir + stiker langsung saja menuju ke Cek Fisik Kendaraan, kalem saja disini juga ngatri...


Setelah cek fisik nomer kendaraan selesai, lalu ke bagian Foto fisik kendaraan. Kita ke luar samsat dahulu untuk mencari tukang foto, bilang saja mau foto motor keperluan Mutasi. Tukang photo copy juga sudah paham dan gerakannya cekatan karena memang sepertinya sehari hari selelu ada yang mita tolong foto keperluan mutasi.


Setelah kendaraan di Foto lalu hasil jepretan tadi di scan untuk di tempatkan pada formulir permohonan yang didapatkan pada loket cek fisik tadi, kemudian silahkan di isi formulirnya sesuai motor kita beserta pemiliknya.


Setelah selesai di isi semua formulir tadi, kita disuruh ke bagian Foto copy, "Mas mau foto copy mutasi tanpa balik nama/balik nama" ikuti saja ditempat foto copy ini tukang foto copy juga sudah cekatan dalam mengerjakannya karena memang sudah tau saja. 


Setelah foto copy selesai, kembali kita ke bagian "Loket Pendaftaran Cek Fisik" serahkan saja berkasnya dan bilang "Pak sudah beres tinggal di Cap dan Tanda Tangan" tunggu saja untuk di panggil kembali petugas akan memriksa dan jika sudah sah maka akan di Cap dan tanda tanga. 


Langkah selanjutnya masuk kan kantor utama didalam ini anda langsung ke bagian "Pendaftaran Mutasi Masuk" silahkan serahkan berkasnya. Kita tunggu lagi antrian untuk di panggil, setelah mendapatkan panggilan kita akan di beri selembar kertas semacam  Suarat Jalan bertuliskan "REGESTRASI MUTASI MASUK"seperti dibawah ini contohnya..


Nah sampai disini kita tinggal satu tahab lagi, tapi disuruh menunggu 6 hari untuk datang kembali, maka artikel ini akan saya sambung seminggu lagi ketika sudah beres semua. Mungkin anda bertanya "Habis berapa semuanya untuk biaya Mutasi Masuk ini?" saya belum mengeluarkan uang biaya keseluruhan. 12rb + 5rb + foto kendaraan, foto copy berkas 2rb saja. nanti kalau sudah beres mungkin abru bayar gedenya.

BACA JUGA: INI LHO...!!! TARIF BARU PENERBITAN STNK, BPKB, SIM DAN NOMER CANTIK 2017

Oke sahabat semua, itulah proses step by step, langkah langkah, mekanisme, prosedur Mutasi Masuk kendaraan bermotor ke daerah baru, sampai jumpa pada info pelayanan publik laiinya...

You Might Also Like: