SYARAT LENGKAP DAN CARA MEMBUAT SURAT KETERANGAN USAHA (SKU)

Bagaimana Cara Membuat Surat Keterangan Usaha (SKU) - Apa Saja Syarat Pembuatan Surat Keterangan Usaha? - Seperti Apa Contoh Surat Keterangan Usaha? - Anda pasti sedang bingung mencari cari informasi tentang apa itu Surat Keterangan Usaha, gunanya apa saja sih?. Ini pengalaman saya sendiri ketika sedang mengajukan hutang ke Bank atau lembaga keuangan, ya itulah gunanya SKU pihak bank ingin memastikan bahwa anda benar benar memiliki usaha dalam wilayah tertentu, pastinya ini harus berhubungan langsung dengan aparat setetempat mulai dari RT/RW dan Kelurahan untuk mendapatkan surat tersebut.


Adanya Surat Keterangan Usaha (SKU) ini dimaksudkan untuk memperkuat jaminan untuk kredit yang Anda ajukan. Memang wajar saja pihak bank menginginkan jaminan untuk mengantisipasi kalau kredit yang diambil nasabahnya macet. 


Tentunya jika Anda yakin dengan prospek kelangsungan usaha Anda, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jadi setelah Anda memegang SKU untuk usaha Anda, kini Anda bisa pergi ke bank atau lembaga keuangan untuk memproses pengajuan kredit atau pinjaman Anda.

Memang begitulah prosedurnya, kadang kita juga bertanya tanya "kenapa sih mau ngutang dikit saja tetangga harus mengetahui? bikin malu saja" lalu apa saja syarat untuk mendapatkan SKU dan bagaimana prosedurnya? Ok silahkan simak selengkapnya di bawah ini...

Syarat & Presedur Pembuatan Surat Keterangan Usaha

Untuk membuat Surat keterangan Usaha anda harus membuat/membawa dokumen ibawah ini;
  • Kartu Tanda Penduduk (eKTP) yang masih berlaku (Asli & Fotokopi)
  • Kartu Keluarga (KK) (Fotokopi)
  • Surat pengantar RT/RW setempat
  • Surat Pernyataan/Permohonan
Langkah pertama anda harus ke pak RT/Rw bilang saja "pak saya minta surat pengantar untuk membuat surat keterangan usaha ke kelurahan/kantor desa". Biasanya oleh pak RT/RW sudah disediakan kertas yang sudah jadi, tinggal tanda tangan dan cap RT/RW tempat anda tinggal.

Silahkan dijadikan satu semua persyaratan di atas lagsung menuju ke kantor kelurahan, Di sini Anda akan diminta mengisi formulir pembuatan Surat Keterangan Usaha. Silakan Anda isi dengan benar dan lengkap. Setelah berkas persyaratan dan formulir Anda serahkan kepada petugas, Anda tinggal menunggu SKU dibuat. 

Waktu menunggu tergantung masing-masing Kelurahan/Desa, silakan Anda tanyakan langsung kepada petugas di Kantor Kelurahan Anda. Yang pasti hari itu juga sudah bisa dibuat, Pembuatan SKU di Kelurahan atau Desa ini juga resminya tidak dipungut biaya.

Kemudian anda akan disuruh kekantor kecamatan untuk minta cap dan tanda tangan kecamatan, ingat semua tidak ada biaya administrasi, Surat Keterangan Usaha (SKU) memiliki masa berlaku satu tahun sejak tanggal diterbitkan.

Contoh Surat Keterangan Usaha

SURAT KETERANGAN USAHA
Nomor:____________


Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa {Nama Desa}, Kecamatan {Nama Kecamatan}, Kabupaten {Nama Kabupaten}, dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                            : {Nama Anda}
No. KTP                       : {No. KTP Anda}
Jenis Kelamin              : {Jenis kelamin Anda}
Tempat/Tgl. Lahir      : {Tempat/Tanggal lahir Anda}
Agama                        : {Agama Anda}
Pekerjaan                   : {Pekerjaan Anda}
Alamat                        : {Alamat Anda}
Adalah benar penduduk yang berdomisili di Desa {Nama Desa}, Kecamatan {Nama Kecamatan}, Kabupaten {Nama Kabupaten}.

Berdasarkan pengamatan kami bahwa nama tersebut di atas adalah benar memiliki usaha {Jenis usaha Anda, misalnya warung, bengkel, atau toko} dengan nama {Nama usaha Anda} di wilayah Desa {Nama Desa}.

Adapun Surat Keterangan ini dibuat untuk kelengkapan persyaratan mengajukan kredit bank...
Demikian Surat Keterangan Usaha ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dan bagi instansi yang berkepentingan menjadi bahan periksa adanya.


Dikeluarkan di           : {Nama Desa}
Pada tanggal              : {Tanggal SKU diterbitkan}

Kepala Desa {Nama Desa}
Kecamatan {Nama Kecamatan}, {Nama Kotamadya/Kabupaten}



( Nama Kepala Desa )


BACA JUGA: E-KTP ANDA HILANG ATAU RUSAK? NIH CARA MENDAPATKAN KEMBALI PADA 2017 

Begitulah syarat, Cara, Prosedur, Pembuatan Surat Keterangan Usaha, Contok Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk anda yang saat ini sedang/ingin mengajukan kredit ke bank atau lembaga keuangan, Ok selamat menjalankan uasah semoga berhasil..

Reverensi: https://www.cermati.com/artikel/surat-keterangan-usaha-bagaimana-sih-cara-membuatnya





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : SYARAT LENGKAP DAN CARA MEMBUAT SURAT KETERANGAN USAHA (SKU)

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE