follow us

APA ITU #SKIPCHALLENGE..!!! TINDAKAN BODOH & KONYOL JANGAN DITIRU

Apa itu Skip Challenge? Apa Akibatnya Jika Melakukan Tindakan Skip Challenge? -  Pagi ini saya masih melihat video "Skip Challenge" di Facebook yang di lakukan oleh anak sekolah setingkat SMA, ya memang dalam 1 minggu ini tindakan "Skip Challenge" lagi menjadi viral di media sosial, lalu apa itu Skip Challenge? permainan ini awalnya dari negara inggris sekitar tahun 2005 caranya dengan menekan dada dengan kuat selama beberapa waktu, akibat tekanan itu suplai oksigen ke otak berkurang dan kondisi ini berujung hilangnya kesadaran bahkan hingga kematian. bagi para remaja Tren ini merupakan tantangan sejauh mana keberanian mereka atau istilah lain "dare game".

Skip Challenge sebenarnya berasal dari internet yang suka dilakukan anak-anak muda berusia 9-16 tahun yang rata-rata cerdas dan berprestasi, bukan mereka yang merupakan pecandu alkohol dan narkotika. Pada 2016, diperkirakan sekitar 250-1000 orang anak meninggal di Amerika Serikat karena memainkan tantangan choking game.

Apa YAng Terjadi Jika Melakukan Skip Challenge?

Tindakan Skip Challenge adalah konyol dan bodoh, itu sama dengan bunuh diri, bagaiman tidak? Dada yang ditekan dengan kuat akan menghalangi jalan oksigen untuk masuk ke paru paru, kami lansir situs cnnindonesia.com bahwa Saat dada ditekan dengan kuat, pembuluh darah besar akan tertekan dan menghambat aliran darah beroksigen ke otak. Hal ini akan menyebabkan orang akan kejang dan pingsan.

Terhambatnya oksigen ke otak ini disebut sebagai hypoxic-anoxic brain injury (HAI). Selain menyebabkan masalah seketika (sesak napas dan lainnya), aksi ini juga menyebabkan efek jangka panjang untuk tubuh. Aksi ini akan menyebabkan kematian sel tubuh, masalah penglihatan, kerusakan fungsi motorik tubuh.

Kejang, sesak napas, dan lainnya hanyalah efek kejang karena kekurangan oksigen dalam waktu singkat dan bisa 'diterima' tubuh. Namun Nastiti mengatakan, jika tubuh terlalu lama tak mendapat asupan oksigen, maka sel tubuh mulai rusak.

Kematian sel bisa terjadi setelah beberapa menit kekurangan oksigen dan menyebabkan berbagai masalah tubuh. Misalnya, kerusakan dan kematian sel di area mata akan mengganggu penglihatan, sedangkan kematian sel motorik akan menyebabkan gangguan fungsi motorik.

Gangguan pada fungsi motorik ini akan sangat berbahaya bagi pelaku. Pasalnya gangguan motorik ini akan menyebabkan cedera serius pada si penerima tantangan karena mereka tidak bisa mengontrol tangan dan kaki untuk menghindari benda-benda saat mereka jatuh pingsan. Hal ini yang menyebabkan mereka punya banyak luka biasa maupun serius di berbagai anggota tubuh.

Hal yang lebih berbahaya akan terjadi jika sel otak dan sel tubuh lain yang tidak bisa diperbaiki ikut rusak. Beberapa masalahnya antara lain gejala stroke sampai gangguan kecerdasan. Hal ini juga bisa berujung pada kematian. Segala hal yang membuat orang jatuh pada kondisi kekurangan oksigen itu berbahaya," ujar dr Nastiti Kaswandani dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI di Menteng, Jakarta Pusat.

Apakah Sudah Ada Korban Saat Remaja Melakukan Skip Challenge

Di Inggris Salah satu korban meninggal adalah Karnel Haughton asal Birmingham, pada 1 Juni 2016 lalu. Pihak keluarga mengklaim Karnel meninggal karena sesak napas, dan meyakini hal ini karena choking game. Kemudian di Amerika Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menyatakan, sepanjang 1995-2007 saja, ada 82 media di AS yang melaporkan kematian karena skip challenge.

Sayangnya, sejumlah remaja yang melakukan skip challenge tak memperhatikan masalah kesehatannya. Mereka justru terlihat menganggap permainan yang viral di media sosial dengan tagar #SkipChallenge itu sebagai sebuah tantangan yang patut dicoba.

Mengingat banyak video bertagar #SkipChallenge yang dilakukan dalam kelas di sekolah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy pun melarang tindakan ini dan meminta pada guru mencegah remaja lakukan skip challenge.

Source: 
http://www.antaranews.com/berita/617277/apa-itu-skip-challenge
http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170310151049-255-199274/bahaya-skip-challenge-aksi-penantang-kematian/
http://health.kompas.com/read/2017/03/10/160000023/inilah.yang.terjadi.pada.tubuh.ketika.lakukan.skip.challenge.

You Might Also Like: