BARU TAU AKU..!! KALAU MUTASI KENDARAAN PLAT NOMER DAN BPKB GANTI BARU

Info Pelayanan Publik - Pengalaman Mutasi Kendaraan Keluar Daerah, Ternyata Semua Data Diganti Baru (BPKB, Plat Nomer, STNK) - Artike ini sebenarnya lanjutan dari halaman sebelumnya dengan judul artikel "[Pengalaman] Step By Step Mutasi Kendaraan Bermotor Masuk Daerah Baru" Sebelumnya kita sudah proses pencabutan berkas di Samsat Asal Kendaraan tersebut lama proses 1 hari meliputi cek (gosok) nomer rangka mesin, daftar mutasi keluar dan prosesnya, diberikan resi/bukti pengambilan berkas, lalu tunggu 1 bulan proses pencabutan berkas. Sudah 1 bulan kita ambil berkas dari samsal asal kendaraan untuk dibawa ke derah baru.

Proses pendaftaran mutasi ke daerah baru ini juga seperti dari awal lagi yaitu cek fisik kendaraan, daftar masuk dan ikuti prosesnya. Terakhir kita akan di berikan selembar kertas semacam surat jalan gitu, mungkin sebagai bukti bahwa kendaraan ini sedang dalam proses mutasi masuk daerah baru dan kita masih disuruh menunggu selama 6 hari untuk proses pembuatan STNK baru dan Surat Ketetapan Pajak.



Sudah 6 hari maka langsung saja kita mendatangi Samsat daerah baru ini dan resi/surat jalan tadi kita berikan kebagian "Pendaftaran Mutasi Masuk" bilang saja "Pak ini lanjutan proses mutasi masuk 6 hari yang lalu" maka anda akan disuruh menunggu antrian nanti dipanggil untuk membayar PKB, Pokok SWDKLLJ, Bea ADM STNK, Bea ADM TNKB dan jumlah denda jika terlambat, 


Setelah itu anda akan diberikan STNK baru kemudian menuju ke bagian pembuatan plat nomer baru, disini juga anda ngantri. Kemudian untuk BPKB masih menunggu pembuatan baru juga di polres kabupaten/kota madya, prosesnya lama juga ini kalau tidak salah 1 bulan sejak daftar mutasi masuk. Ketika artikel ini saya tulis BPKB belum jadi.


Ketika pengambilan BPKB ini anda akan diberikan pilihan jika ingin urus sendiri maka anda disuruh ke Polres langsung, namun jika ingin menunggu di Samsat setempat maka akan dikenakan biaya, saya diminta Rp25.000, mungkin tiap daerah berbeda.
BACA JUGA: PROSEDUR MUTASI KENDARAAN, CABUT BERKAS DAERAH ASAL KENDARAAN TERDAFTAR
Demikianlah pengalaman saya ketika mutasi kendaran keluar daerah dan masuk ke daerah baru, kenapa harus mutasi? karena alamat KTP dengan alamat yang di STNK berbeda, maka nanti ketika membayar pajak kita akan repot juga soalnya disuruh mutasi dulu.





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : BARU TAU AKU..!! KALAU MUTASI KENDARAAN PLAT NOMER DAN BPKB GANTI BARU

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE