Home » , » CARA PALING AMAN MEMBERSIHKAN DAN MENYEMBUHKAN SERUMEN YANG SUDAH PARAH

CARA PALING AMAN MEMBERSIHKAN DAN MENYEMBUHKAN SERUMEN YANG SUDAH PARAH

Bagaimana Cara Membersihkan Atau Menyembuhkan Serumen (Kotoran) Telinga Jika Sudah Parah - Pada halaman sebelumnya sudah kami berikan Tips membersihkan serumen (Kotoran pada telinga) sendiri di rumah tanpa bantuan ahli kesehatan. Namun cara paling aman sebaiknya anda tetap harus ke yang ahlinya yaitu dokter THT karena mereka tahu bagaimana cara membersihkan atu menyembuhkan subatan serumen prop yang sudah parah.

Serumen prop ini tingkatnya sudah tidak dapat anda tangani sendiri, cairan yang meyerupai lilin sudah banyak yang keluar, biasanya akan berlagsung lama, bisa juga di obati sendiri tapi lama yang bikin tidak mengenakkan itu orang orang di sekitar anda tidak tahan akan baunya, anda sendiri juga akan terganggu pendengarannya. Tetap saja anda harus mencari Perawatan Profesional (Ke dokter ahli)


Jika ragu memastikan apakah gejala yang Anda alami memang disebabkan oleh serumen telinga, Jangan coba mencungkil serumen telinga yang telah mengeras karena hal ini justru dapat mendorong sumbatan itu semakin jauh ke dalam telinga.

Tipa Menyemuhkan/Membersihkan Serumen Prop Ke Dikter

1 Bicarakan mengenai pilihan perawatan profesional dengan dokter. 
Jika Anda tidak bisa membersihkan serumen telinga di rumah atau mengalami masalah lain seperti kehilangan pendengaran berat, nyeri, atau ada cairan yang keluar dari dalam telinga, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui pilihan perawatan pembersihan serumen telinga.

Dengan demikian, Anda dapat menentukan perawatan yang paling efektif, paling ringan, sekaligus tidak menimbulkan nyeri untuk mengatasi impaksi serumen. Dokter mungkin akan menganjurkan penggunaan obat atau tindakan yang dapat digunakan di rumah seperti tetes dan irigasi telinga.

2 Jalani irigasi kanal telinga berulang. 
Dokter mungkin memutuskan untuk mengatasi sumbatan serumen dengan mengirigasi kanal telinga. Tindakan ini bermanfaat untuk melunakkan serumen dan membersihkan sumbatan penyebab ketidaknyamanan yang Anda rasakan.
  • Dokter akan menyuntikkan air atau larutan obat lainnya seperti salin, ke dalam telinga dan membiarkan larutan itu melunakkan serumen.
  • Setelah air dikeluarkan dari dalam telinga, dokter akan memeriksa apakah sumbatan telah teratasi atau harus dibersihkan dengan alat seperti kuret.
  • Selama irigasi telinga dilakukan, Anda mungkin merasa sedikit tidak nyaman.

3. Jalani tindakan sedot telinga. 
Tidak seperti alat sedot komersial, dokter akan menggunakan alat sedot yang lebih kuat untuk membersihkan kanal telinga Anda. Tindakan ini sangat efektif untuk membersihkan sumbatan serumen secara menyeluruh.
  • Dokter akan memasukkan alat penyedot ke dalam kanal telinga untuk membersihkan serumen.
  • Setelah itu, dokter akan memeriksa apakah sumbatan telah teratasi dan menentukan apakah Anda membutuhkan tindakan atau perawatan yang lebih kuat untuk mengatasi impaksi.
  • Tindakan ini mungkin menyebabkan Anda merasa sedikit tidak nyaman atau mengalami pendarahan.

4. Keluarkan serumen dengan alat. 
Jika sumbatan serumen pada telinga Anda sangat sulit dibersihkan, dokter mungkin akan mencoba mengeluarkannya dengan alat yang berbeda, seperti sendok serumen atau kuret. [57] Perawatan ini akan menghilangkan sumbatan serumen secara langsung, serta mengatasi impaksi dengan cepat dan efektif.
  • Kuret adalah alat kecil dan tipis yang akan dimasukkan oleh dokter ke dalam kanal telinga untuk mengatasi sumbatannya.
  • Sendok serumen adalah alat berukuran kecil yang akan dimasukkan ke dalam kanal telinga untuk mengeluarkan sumbatannya.
  • Pembersihan serumen dengan alat mungkin membuat Anda merasa sedikit tidak nyaman dan mengalami pendarahan.

5. Periksakan telinga yang tersumbat dengan mikroskop. 
Dokter umum mungkin akan merujuk Anda ke dokter spesialis THT (telinga, hidung, dan tenggorokan) jika ia tidak bisa mengeluarkan sumbatan serumen. Dokter spesialis THT mungkin akan menggunakan mikroskop agar dapat mengamati sumbatan serumen dalam kanal telinga dengan lebih jelas. Pemeriksaan ini dapat membantu dokter menentukan tingkat keparahan impaksi dan apakah sumbatan itu telah berhasil diatasi seluruhnya.
  • Untuk melihat ke dalam telinga dengan mikroskop, dokter spesialis THT akan memasukkan spekulum logam ke dalam kanal telinga, kemudian menyalakan lampu mikroskop di dalamnya. 
  • Dokter spesialis THT mungkin akan terus menggunakan mikroskop untuk memandu proses pembersihan serumen.
BACA JUGA: ANDA MENDERITA INSOMNIA...!!! 6 TIPS INI AKAN MEMBUAT ANDA NYEYAK TIDUR
Demikianlah cara yang paling aman mengatasi sumbatan pada telinga yang disebebkan oleh kotoran telonga, atau serumen prop yang sudah parah.

Sumber: http://id.wikihow.com/
Abu Azma
AbuazmaShare Updated at: Saturday, March 04, 2017

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

back to top

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×