follow us

TIPS AMAN SAAT TERKONEKASI WIFI HOTSPOT TEMPAT UMUM

Bagaimana Caranya Agar Aman Saat Samrtphone Terkoneksi Wifi Hotspot di Tempat Umum? - Kebutuhan akan koneksi internet saat ini sepertinya seperti kebutuhan pokok, setiap bulan kita menyisihkan  uang makan hanya untuk membeli paket internet, dengan begitu kita akan terhubung dengan teman, sahabat dan keluarga melalui media sosial. Bukan itu saja ketika sudah memiliki paket internet kita dapat mengakses berbagai informasi baik melalui website maupun streaming musik dan video.

Adanya kebutuhan akan koneksi internet inilah membuka peluang bagi pemilik usaha seperti kafe, hotel, bandara dan fasilitas umum lainnya memberikan fasilitas wifi yang bebas di akses bagi siapa saja yang mengunjungi tempat tersebut, tujuannya memberikan pelayanan yang lebih sehingga para pengunjung akan betah dan suatu saat akan berkunjug kembali.


Namun tahukah anda melalui jaringan wifi hotspot gratisan begini sesungguhnya rentan sekali terhadap keamanan data yang tersimpan dalam smartphone atupun leptop. Ketika kita dapat mengkases wifi ini bisa jadi orang lain dapat mengetahi dan mencuri informasi pribadi seperti password transaksi perbankan, memasukkan maleware.

“Konsumen seringkali terlalu berpuas diri ketika terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, dan meyakini bahwa tidak ada hal buruk yang akan terjadi pada mereka,” ujar Nick Savvides, Security Advocate, Consumer Business Unit, Symantec.

Yang menyebabkan orang menjadi sasaran empuk bagi para hacker adalah ketidakpahaman mengenai keamanan jaringan-jaringan Wi-Fi publik. Sebagian besar orang menganggap bahwa semua jaringan Wi-Fi yang tersedia di fasilitas-fasilitas umum, seperti, bandara, hotel, dan kafe memiliki keamanan built-in.

Hal tersebut tidaklah selalu benar. Ketika para konsumen log in pada jaringan yang tidak aman, hacker dapat mencuri informasi saat informasi tersebut menjelajahi dunia maya, kemudian menjual informasi tersebut di pasar gelap untuk mendapatkan keuntungan atau bahkan menggunakan informasi tersebut untuk menguras akun bank konsumen.

Salah satu taktik umum lainnya, yang dikenal sebagai serangan titik akses tipuan, yaitu ketika penjahat cyber membuat jaringan Wi-Fi publik milik mereka sendiri dan mengarahkan pengguna untuk bergabung dengan jaringan tersebut.

Pengguna pun akhirnya memberikan data pribadi mereka kepada penjahat cyber tersebut, dan setelah mereka terhubung dengan jaringan hotspot tipuan, mereka dapat diarahkan menuju situs-situs penipuan atau situs yang mengandung virus, atau bahkan mereka dapat ditipu untuk memberikan informasi nomor kartu kredit mereka atau informasi penting lainnya. Untuk itu beberapa tips dibawah ini patut anda lakukan..


Tips Agar Tetap Aman Saat Pakai WiFi Hotspot Umum


  1. Jangan mengatur jaringan wireless Anda untuk secara otomatis terhubung dengan jaringan terdekat. Namun, pilihlah jaringan hotspot secara manual ketika hendak terhubung.
  2. Pastikan Anda mengakses jaringan hostpot yang legal dengan bertanya pada pemilik jaringan (host) untuk mengkonfirmasi nama jaringan dan proses koneksinya.
  3. Matikan fitur berbagi file/file sharing saat Anda menggunakan hotspot, dan usahakan untuk meminimalkan jumlah data pribadi yang sensitif yang disimpan di laptop dan telepon genggam Anda. Anda dapat menonaktifkan fitur file sharing melalui menu pengaturan jaringan pada sistem operasi perangkat Anda.
  4. Jangan melakukan transaksi perbankan atau perdagangan secara online saat menggunakan hotspot publik. Lakukan transaksi-transaksi tersebut saat berada dalam lingkungan yang lebih aman dan terkontrol.
  5. Jangan berselancar ke situs-situs yang Anda tidak ingin orang asing ketahui bahwa Anda sedang mengaksesnya.
  6. Saat Anda menggunakan sebuah jaringan hotspot publik, Anda tidak mengetahui infeksi apa yang sedang menjangkit perangkat lain yang juga sedang terhubung di jaringan itu, atau mengetahui keberadaan hacker yang mungkin sedang mengintai di jaringan tersebut.
  7. Ambillah keputusan berkomputasi yang bijaksana. Selalu hindari menggunakan hotspot untuk melakukan segala jenis komunikasi atau transaksi yang penting.
BACA JUGA: INGAT...!!! JANGAN ANDA PEDULIKAN IKLAN SEPERTI INI DI ANDROID
Itulah 7 Tips yang dapat anda lakukan ketika perangkat anda mendapatkan koneksi internet melalui Wifi Hotspot di tempat umum, yang pasti tetaplah waspada jika semartphone anda itu sebagai alat transakasi perbankan.

Reverensi: http://selular.id/tips/2017/03/8-tips-agar-tetap-aman-saat-pakai-wifi-hotspot-umum/

You Might Also Like: