FACEBOOK AKAN DETEKSI AKUN PALSU, BAGAIMANA CARA KERJANAYA?

Cara Facebook mendeteksi akun palsu, abal abal, yang sering menyebar berita hoax - Maraknya berita palsu yang sangat gencar menjelang pemilihan kepala negara dan kepala daerah saat ini begitu luar biasa, dan dampaknya bisa dilihat secara langsung pada group group di facebook yang share ulang. Bukan hanya masalah politik yang berisi hasutan dan himbuan yang bagikan secara publik, hal yang bersifat pribadi khususnya group jual beli.

Contonya group GoogleAdsense.oreder hampir setiap 3 hari - 1 minggu sekali selalu ada laporan anggota group yang tertipu, uang sudah dikirim tapi barang yang dipesan tidak dikirim juga. Hal ini terjadi juga kasus penipuan jual beli artikel, seperi situs ini www.kreasiana.com, sudah ada 2 orang yang tertipu.

Kambali ke topik, cara facebook deteksi akan palsu. sebagaimana yang kami kutip dari situs resmi selular.id, Diberitakan Engadget, pengguna yang menyalah gunakan Facebook akan makin sulit dalam membuat akun palsu atau akun untuk kekerasan siber. Disebutkan Facebook akan membuat pendeteksian akun palsu jadi lebih mudah.

Shabnam Shaik Manager Tim Perlindungan dan Pemeliharaan dalam postingan di Facebook menuturkan, pihaknya telah memperbaiki sistem pengenalan akun-akun palsu dengan mengidentifikasi pola aktivitas akun tersebut.

Contohnya, sistem  mungkin mendeteksi adanya unggahan berulang terkait satu konten, atau banyaknya jumlah pesan yang dikirimkan oleh akun tersebut.

Shaik menambahkan, dengan perubahan ini, Facebook berharap dapat mengurangi penyebaran aktivitas palsu termasuk spam, informasi palsu, atau konten berbau penipuan yang sering dibagikan oleh pencipta akun palsu.

Shaik juga menuliskan apa yang dilakukan Facebook itu merupakan langkah awal untuk mengatasi akun-akun palsu. Dikatakan Shaik, Facebook akan terus bekerja keras untuk meningkatkan layanan.

Shaik menambahkan, setiap pengguna hanya boleh memiliki satu akun Facebook untuk dirinya sendiri. Kenyataannya sejumlah pengguna justru punya lebih dari satu akun Facebook, satu untuk umum, dan yang lainnya akun pribadi khusus berteman dengan anggota keluarga.

Tak hanya itu, ternyata ada juga orang yang sengaja membuat akun-akun Facebook untuk tujuan tak wajar. Misalnya saja untuk kekerasan siber (cyberbullying) atau akun palsu.

Reverensi: http://selular.id/news/2017/04/begini-cara-facebook-mendeteksi-akun-palsu/




You Might Also Like: