Home » , » BLOG YANG BAGAIMANA SIH YANG DAPAT MENGHASILKAN UANG? [WAJIB BACA]

BLOG YANG BAGAIMANA SIH YANG DAPAT MENGHASILKAN UANG? [WAJIB BACA]

Blog yang seperti apa sih yang dapat menghasilkan uang? - Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya sendiri setelah 2 tahun lebih 9 bulan full time. Banyak para blogger pemula bertanya tanya seperti itu "Blog yang seperti apa agar dapat menghasilkan uang? padahal ini juga sudah ngeblog tapi kok belum menghasilkan uang juga". Pada dasarnya semua blog dapat menghasilkan uang asalkan pengunjungnya banyak minimal 5000an per hari dan stabil bahkan lebih bagus lagi jika jumlah pengunjung terus meningkat.

Akan banyak penawaran yang masuk melalui email kamu jika blog kamu dirasa pantas untuk dipasangi iklan, para advertiser akan melihat, men-ngecek dari peringkat alexa ataupun dari rangking blog kamu dengan tool atau bantuan situs lain sehingga mereka berani membayar mahal hanya untuk menitipkan iklan.

Kemudian jika blog kamu benar benar unik dan bermanafaat pihak google juga akan menawarkan agar di daftarkan google adsense, sehingga dari iklan google adsense inilah blog kamu akan terus menghasilkan. Bukan hanya untuk kamu saja, bahkan keluarga kamu juga dapat menikmati legitnya gajian dari google.

Kisah Pribadi Tentang Dunia Blogging & Adsense

Mungkin yang akan menjadi pertanyaan adalah, "Saya sudah membangun blog, tapi sudah setahun lebih kok pengunjungnya masih sedikit sehingga tidak bisa menghasilkan uang, walaupun sudah memasang iklan google adesense".

Disinilah banyak blogger pemula mulai bosan dan jenuh sehingga menjual blognya sekalian akun adsense, padahal kalau mau belajar sedikit dari seniornya dan bersabar lagi penghasilan itu sudah menanti anda. Disini saya sebenarnya juga blogger pemula, tapi tetap bertahan dan belajar lagi.

Alhamdulillah satu tahun saya baru bisa menghasilkan dari blog, padahal latar belakang saya haya lulusan SMEA tahun 1997, tidak pernah belajar komputer. Saya hanya pedagang keliling (sales motoris) buta tentang teknologi

Ketrampilan menulis itu saya pelajari juga dari blog-nya para senior bagaimana ia menulis, susunan kata dan kalimat dan cara penyampaiannya. Pada halaman ini saya akan bagikan tips saya dalam membangun blog sehingga menghasilkan uang.

Pada awalnya hanya blog yang anda baca inilah tempat saya meluahkan isi hati, uneg uneg dalam otak saya tanggal 19/07/2014 pertama kali di isi dengan artikel gado gado, apa yang ada di otak semua di tulis termasuk curhat saya dalam kehidupan sehari hari ketika menemukan masalah.

Awal mulanya blog ini hanya sebagai penyaluran kegemaran saya dalam menulis, hanya pernah baca saja bahwa dari blog bisa menghasilkan uang jutaan rupiah, di sela sela kesibukan jualan keliling saya rasakan kebutuhan selalu mepet tidak pernah bisa tercukupi bahkan selalu berhutang untuk menutup kebutuhan sehari hari.

Dari siniah saya mulai berpikir bisnis apa yang sekali modal dapat menghasilkan selamanya, tanpa perlu memutar uang (modal) sebagaimana orang dagang barang, apakah saya perlu ikut bisnis investasi, lalu uang dari mana saya bisa berinvestasi?

Saya pernah ikutan bisnis jaringan MLM pulsa bernama DBS atau Duta Future Internasional (DFI) di bandung , tapi hasilnya tak ada bahkan menelan kerugian sekitar Rp700 ribu, saya rasa itu hanya permainan uang saja, jadi komisi didapat dari uang pendaftaran orang yang masuk.

Dari pengalaman itu saya sudah tidak mau lagi ikutran bisnis MLM hanya bikin kaya orang yang pertama masuk saja, tidak adil. Lalu saya browsing browsing dengan kata kunci "Cara menghasilkan uang dari blog" eit... ternyata banyak yang sudah menulis dan banyak cerita sukses dari menulis di blog.

Segera saya daftarkan blog kesayanganku ini, namun betapa kecewanya katanya blog saya ini tidak memenuhi syarat. Ya memang tulisan saya tidak berkualitas dan tidak unik, hanya bermanfaat untuk diri sendiri, padahal syarat utama agar di terima unik dan bermanfaat untuk orag lain.

Lalu saya terpaksa bangun blog lagi yang kata para mastah harus satu topik (niche) dan berbahasa inggris "waduh bhs inggris?" ini yang saya tidak mampu, tapi tak apalah saya bisa manfaatkan google translate, lalu saya bikin blog bhs inggris topik kesehatan, ada sekitar 50 artikel sudah saya isi, lalu saya daftarkan Adsense, namun tetap saja di tolak,

Kemudian tambahi artikel hingga 100 dan tetap saja ditolak kalau tidak salah 5 kali penolakan, lau saya tinggalkan saja blog bhs inggris ini. Saya hampir putus asa "maunya apa sih google ini?" Kemudian sekali lagi saya membuat 3 blog sekalian, 2 bahasa indonesia tentang kesehatan dan android, 1 bhs inggris topik forex, kemudian bikin akun baru untuk Adsense Youtube. Saya berpikir dengan banyak blog akan bayak alternatif untuk di daftarkan dan harapan untuk di terima 1 blog masa' nggak ada.

Coba bayangkan 1 orang mengurus 3 blog belum lagi saya harus update blog yang anda baca ini. Terhitung sekitar 3 bulan saya daftarkan semua itu blog melalui upgrade youtube soalnya kata para senior lebih mudah.

Al hasil banyak akun youtube saya nganggur karena 1 akun youtube untuk 1 blog, saya daftarkan berangsur bergantian jadi tidak sekaligus, soalnya menunggu jawaban dahulu jika gagal barulah mendaftarkan blog yang satunya lagi.

Dan Alhamdulillah memang benar 1 blog saja yang diterima topik kesehatan, padahal saya tidak yakin dengan blog ini, domain-nya juga gratisan dotTK, artkel baru sekitar 20an blog gak keurus karena lebih mementingkan yang bhs inggis tadi, bahkan isi artikel sebagian copas, dari berbagai situs saya jadikan satu.

Blog Yang Seperti Apa, Dan Yang Bagaimana Sehingga Dapat Menghasilkan Uang?

Ternyata setelah diterima Adsense perjuangan belum selesai, karena blog memang masih sepi walaupun blog utama yang anda baca ini sudah lama di bangun, artikel sudah sekitar 300 - 400 saya tempel iklan adsense hanya menghasilkan sekitar $2 saja. Kalau begini caranya kapan bisa menghasilkan, bahkan gajian tetap? sebab saya akan terima gaji jika sudah mencapai minimal $100., itulah ambang batasnya.Kalau akun Adsense anda IDR sekitar 1,3 juta.

Kemudian saya dalam 3 bulan kedepan fokus membesarkan blog utama ini dan Alhamdulillah dalam waktu 3 bulan itu barulah bisa gajian pertama dari google soalnya diakumulasi dari awal diterimanya Adsense. Namanya manusia tidak puas dengan satu blog, dan memang rata rata para blogger mempunyai blog lebih dari 1, dengan asumsi jika 1 blog menghasilkan $2 bagaimana jika 10 blog? wah PNS juga kesalip.

Tips Membuat Blog Agar Penghasilan Stabil

Entah mengapa, pada awal 2017 ini blog berisi artikel campuran jumlah pengunjung terjun bebas, tadinya blog ini sebagai blog utama visitor bisa tembus 15K - 20K, dan artikel sudah mencapai 740 namun sekarang pengunjung hanya sekitar 4000 sehingga penghasilan juga turun drastis. Memang kata para masTah google sedang update algoritma baru sehingga artikel yang tidak original yang tadinya naik daun, sekarang sudah tidak muncul lagi di halaman utama.

Dari peristiwa ini dapat kita ambil kesimpulan, menulislah yang original dan tetap bermanfaat untuk orang lain. Dan jika ingin membuat blog baru, buatlah yang membahas 1 topik misalnya kuliner ya kuliner saja isinya, tips android ya tentang android saja. Dengan demikian para Advertiser dapat menetukan pilihnnya sesuai produk yang ia punya.

Dan terbukti memang 2 blog saya tentang perbankan dan resep masakan kuliner dapat megalahkan blog ini, walaupun jumlah artikel hanya 300an. Mungkin yang membuat bingung bagi anda semua pasti menentukan topik blog (Niche). Untuk hal ini sebenarnya mudah saja :"Tanyakan pada diri sendiri, apa sih yang biasanya orang cari informasi di Internet?" bahkan kebutuhan kita sendiri apa info apa yang belum kita ketahui? ketika kita sedang melakukan sesuatu.

Ingin Tahu apa yang saya lakukan jika sedang membuat blog? nih...
Membuat blog bagi saya adalah mempersiapkan ladang yang subur untuk investasi, dari ladang itu kita dapat menanam tumbuhan yang produktif, maka tanamlah pohon (artikel)yang bermanfaat untuk orang lain dan nggak pernah basi. Disamping itu ladang yang kita tanami tanahnya harus subur yaitu topik (niche) dari blog itu sendiri. Untuk mengetahui tanah dari ladang itu subur atau tidak harus melakukan percobaan seperti yang saya lakukan di bawah ini...
  1. Gunakan Google Adword Keyword Tool untuk reset keyword.
  2. Buat blog dari reset keyword tadi, dan isilah artikel sekitar 15 bagus lagi 20, jangan lupa daftarkan ke Google web master tool, Bing webmaster toll, Yandex webmaster tool 
  3. Tunggu sekitar 1 minggu - 10 hari agar terindex oleh mesin pencari 
  4. Silahkan cek di dasbor blogger >> Statistik >> Sumber lalulintas >>Telusuri Kata Kunci
  5. Jika disitu sudah ada kata kunci artikel kita yang di baca orang, berarti bagus blog itu wajib dilanjutakan. Jika tidak ada sama sekali bisa dipastikan akan membuat kita kerja berat kedepannya untuk mengembangkan-nya, lebih baik bikin blog topik lain-nya.
  6. Tidak perlu ratusan kata dan ber bait, bait dalam mebuat artikel yang membuat kita stres, kecuali blog curhat. Cukup 3 bait tentukan target kata kunci didepan, tengah dan akhir. Contoh lihat blog ini : http://jambuka.blogspot.co.id/http://weekendbanking.blogspot.co.id Pastikan topik blog anda dibutuhkan orang. Sudah paham kan...
  7. Selamat bekerja...
Namanya juga investasi, maka bisnis membuat blog untuk Adsense ini jenis bisnis jangka panjang, tidak bisa dibuat instan, perlu 1 tahun agar blog itu benar benar menghasilkan. Di sinilah ujian kesabaran kita, agar terasa ringan berpikirlah "Tidak mengapa korban waktu dan tenaga 1 tahun, tapi kalau hasilnya dapat dinikmati hingga akhir hayat, bahkan dapat diwariskan"
BACA JUGA : JANGAN PUSING SOAL REZEKI ( KISAH PRIBADI )
Tips ini saya terapkan, blog yang baru berusia 4 bulan maksimal sudah menghasilkan $0,50 - $1/hari jika ditempeli iklan Adsense. Silahkan perkirakan jika sudah berusia 1 tahun dan anda update terus. Asiknya lagi blog 1 topik begini visitor-nya stabil sehingga penghsilan juga stabil. Dengan begini kita bisa ternak blog sebanyak banyaknya, nggak apa apa blog gratisan juga.

O iya untuk anda yang belum diterima Adsense bisa gabung di bisnis CPM banyak macamya kok silahkan cari di google, sudah banyak yang review, Kelebihan bisnis CPM begini mudah diterima 1 X 24 jam sudah diterima, tidak perlu ada klik iklan, yang penting pengunjung banyak maka blog anda sudah menghasilkan.
Abu Azma
AbuazmaShare Updated at: Wednesday, May 17, 2017

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog kami yang sederhana ini,
* Jika artikel kami bermanfaat silakan berbagi di media sosial tombolnya ada di atas itu,
* Jika berkenan tinggalkan jejak anda di kolom komentar di atas/bawah ini...
* KOMENTAR ANDA AKAN DI TAYANGKAN & DI JAWAB KETIKA ADMIN SEDANG ONLINE

back to top

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×