7 GOLONGAN YANG DI LINDUNGI ALLAH DI PADANG MAHSYAR, YANG MANAKAH ANDA?

7 golongan manusia yang mendapat naungan perlindungan di padang mahsyar - Asslamu'alaikum wahai saudaraku, sudah lama saya tidak menulis artikel islami, kebetula sekarang bulan yang sangat mulia yaitu bulan Ramadhan 1438 H, tidak lupa saya ucapakan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga Allah memberikan balasan yang yang terbaik sesuai kualitas puasa kita sebagaimana janjiNya yang termuat dalam hadis riwayat Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. 

Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.”


Ilustrasi Cuaca Padang Mahsyar, kok gak ada manusianya? kan dilarang posting conten dewasa nanti kategorinya

Itulah istimewanya puasa Ramadhan semua amala ibadah kita akan dilipatgandakan, kembali ke topik semula yaitu 7 golongan manusia yang mendapat lindungan oleh Allah di Padang Mahsyar. Sebagaiman kita ketahui setelah kita meninggal nanti, maka untuk sementara waktu kita menunggu di alam barzah (kubur) bukan di kuburan lho... alam kubur ini tempat penantian kita hingga datang sangka kala pertama, dan kedua.

Keadaan, Suasana & Cuaca Padang Mahsyar

Nah pada peniupan sangkakala ke-2 inilah semua umat manusia dari jaman nabi adam hingga umat nabi Muhammad saat ini dan nanti setelah kita meninggal akan di kumpulkan menjadi 1 ditempat yang maha luas seakan akan tak betepi, tanpa pohon untuk berlindung, tanpa air untuk menum yang ada hanya cuaca yang panas dan sesak.

Mahsyar adalah sebuah tempat yang rata. Tidak ada tempat yang tinggi, tidak pula ada gunung maupun bukit. Tempat yang rata, semua makhluk akan berkumpul di sana.” (Syarh Lum’atul I’tiqad, hal. 201)

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Sahl bin Sa’d radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Umat manusia akan digiring pada hari kiamat ke (mahsyar). Sebuah medan yang luas. Tanahnya berwarna putih seperti bundaran roti yang bersih.” Sahl z dan selainnya berkata: “Tidak ada di sana tanda (tempat keberadaan) bagi seorangpun.” (HR. Al-Bukhari no. 6521 dan Muslim no. 790)

Berkumpulnya seluruh makhluk di padang Mahsyar untuk menunggu diputuskan perkara yang dulu pernah terjadi diantara mereka, dengan waktu begitu lama dan dalam kondisi yang mencekam. Allah ta’ala mensifati hari tersebut dengan hari berkumpulnya manusia, seperti yang ada dalam firman -Nya:

﴿يَوۡمَ يَقُومُ ٱلنَّاسُ لِرَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ ٦﴾ [المطففين]

“(Yaitu) hari (ketika) manusia berdiri menghadap Tuhan semesta alam”. (QS al-Muthafifin: 6).

Al-Hafidh Ibnu Katsir menerangkan kondisi berdirinya mereka pada waktu itu: “Mereka berdiri dalam keadaan tidak beralas kaki, telanjang, dan tidak berkhitan, pada tempat yang sulit, cemas, serta sempit bagi pendosa, seluruhnya meliputi mereka dengan perintah Allah, dan semuanya tidak mampu menolaknya, baik yang kuat maupun yang lemah”.

Ada riwayat lain bahwa matahari seakan akan di atas kepala kita, saking panasnya sehingga tenggelam dengan keringat kita masing masing sesuai amalan kita.

Tahukah anda berapa lama kita terkumpul di padang mahsyar ini? lamanya ada yang meneyebutkan 40 ribu tahun, ada yang meriwayatkan 50 rubu tahun.

Diriwayatkan oleh Thabarani dalam Mu’jamul Kabir sebuah hadits dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: ‘Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «يجمع الله الأولين والآخرين لميقات يوم معلوم قياما أربعين سنة شاخصة أبصارهم إلى السماء ينتظرون فصل القضاء» [أخرجه الطبراني]

“Allah akan mengumpulkan dari makhluk pertama hingga terakhir pada hari yang telah ditentukan, mereka berdiri selama empat puluh tahun seraya pandangannya tegak melihat ke langit menunggu Allah untuk memutuskan perkara..”. HR ath-Thabarani 9/357 no: 9763. Dinilai shahih oleh al-Albani dalam shahih Targhib wa Tarhib 3/418 no: 3591.



Dalam hadits lain juga dijelaskan durasi zaman yang pada waktu itu, disebutkan oleh Imam Muslim dari haditsnya Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: “Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:



قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «مَا مِنْ صَاحِبِ ذَهَبٍ وَلاَ فِضَّةٍ لاَ يُؤَدِّى مِنْهَا حَقَّهَا إِلاَّ إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ صُفِّحَتْ لَهُ صَفَائِحَ مِنْ نَارٍ فَأُحْمِىَ عَلَيْهَا فِى نَارِ جَهَنَّمَ فَيُكْوَى بِهَا جَنْبُهُ وَجَبِينُهُ وَظَهْرُهُ كُلَّمَا بَرَدَتْ أُعِيدَتْ لَهُ فِى يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ حَتَّى يُقْضَى بَيْنَ الْعِبَادِ فَيُرَى سَبِيلُهُ إِمَّا إِلَى الْجَنَّةِ وَإِمَّا إِلَى النَّارِ» [أخرجه مسلم]

“Tidaklah seorang yang punya emas dan perak lalu tidak menunaikan hak keduanya, melainkan kelak pada hari kiamat akan diberikan padanya lempengan logam dari api neraka, lantas dicelupkan kedalam neraka Jahanam, selanjutnya digosokkan pada tulang rusuk, kening serta punggungnya, dan tiap kali menjadi dingin maka dicelupkan lagi, pada hari yang sama dengan lima puluh ribu tahun, (itu terjadi) hingga diputuskan perkara hamba, maka dirinya sudah melihat jalannya, apakah ke surga atau ke neraka“. HR Muslim no: 987. [ read more ; https://albayyinahgriya.wordpress.com ]


Baik 40 ribu tahun ataukah 50 ribu tahun seandainya masa itu kita lalui di dunia, sungguh jumlah yang luar biasa bukan? 100 tahunpun belum tentu kita sampai, karena mati duluan ketika umur sekitar 70 tahun "Yaa Rabbi aku berlindung kepadamu dari kesengsaraan di Padang Mahsyar".

Hanya 7 golongan manusia yang mendapat perlindungan Allah Subhanahu watallah siapa sajakah itu? sudah banyak buku dan situs lain yang menyebutkan 8 golongan ini, agar kita tidak lupa akan saya tuliskan disini...

7 Golongan Manusia Yang Mendapat Perlindungan Allah di Padang Mahsyar

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:

سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللَّهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ: الْإِمَامُ الْعَادِلُ وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ رَبِّهِ وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْمَسَاجِدِ وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللَّهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ وَرَجُلٌ طَلَبَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ أَخْفَى حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينُهُ وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللَّهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَا

“Ada tujuh golongan manusia yang akan mendapat naungan Allah pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya (HR. Al-Bukhari no. 620 dan Muslim no. 1712)
  1. Pemimpin yang adil.
  2. Pemuda yang tumbuh di atas kebiasaan ‘ibadah kepada Rabbnya.
  3. Lelaki yang hatinya terpaut dengan masjid.
  4. Dua orang yang saling mencintai karena Allah, sehingga mereka tidak bertemu dan tidak juga berpisah kecuali karena Allah.
  5. Lelaki yang diajak (berzina) oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik lalu dia berkata, ‘Aku takut kepada Allah’.
  6. Orang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi, hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya.
  7. Orang yang berdzikir kepada Allah dalam keadaan sendiri hingga kedua matanya basah karena menangis.” [ read more : www.facebook.com ]
Diantara 7 golongan itu yang manakah anda? jika anda seorang pemimpin apakah anda sudah adil kepada orang yang ada pimpin?, rasanya sulit kita temui pemimpin jaman sekarang yang adil, menahan diri bersenang senag dengan harta, sementara rakyat/orag yang di pimpin masih serba kekurangan, bahkan masih menahan lapar karena tidak punya makanan.

Jika anda sorang pemuda apakah anda membiasakan diri taat kepada allah dari pada hura hura bersama teman, masa muda sangatlah pendek, sebentar lagi anda menikah punya anak tidak sempat lagi fokus taat kepada Allah, banyak cobaan, godaan "Istri & anakmu adalah ujian bagimua"

Jika anda seorang lelaki, apakah selama ini hatimu tidak bisa jauh dari masjid, memamurkan dan selalu beribadah di masjid?, Jika anda bersahabat dengan sesama manusia, apakah anda bersahabat karena Allah saling mengingatkan dijalan kebenaran?

Seadinya anda seorang lelaki menghadapi keadaan dimana seorang wanita cantik yang derajadnya lebih tinggi dari anda, impian anda, pujaan anda, idola anda lalu mengajak anda bekencan, sanggupkah anda untuk menolaknaya karena takut kepada Allah?.

Jika anda memiliki harta, apakah anda bersedekah sesuai kemampuan anda, rutin punya anggaran bulanan, kemudian tidak perlu dikatakan, diperlihatkan, pamer kepada orang lain?

Jika anda berdzikir mengingati akan kekuasaan Allah, jasa  allah atas pencapaian anda selama ini, nikma Allah yang sudah anda nikmati selama ini, menyesali dosa dosa anda selama hidup di dunia hingga anda meneteskan airmata lalu bertaubat dan tidak mengulangi lagi, hijrah dari kehidupan kelam menuju kepada jalan Allah, curhat menangis senagis nagisnya di hadapan Allah.

Semoga kita termasuk satu dari 7 golangan itu sehingga kita mendapat perlindungan di padang Mahsyar nanti, Selama kita masih hidup di dunia ini, kesempatan masuk dari 1 dari 7 golongan itu masih terbuka lebar. 

Kalau kita memikirkan akan dahsyatnya padang mahsyar, sepertinya saat ini kita akan sibuk mengurusi diri sendiri maksudanya tidak gontok gontokan masalah politik, saling mengolok, menghina, menebar kebencian, share berita hoax di media sosial.

Jika Allah bersama kita di padang mhsyar nanti waktu penantian yang panjang rubuan tahun itu akan di jadikan oleh Allah sebagaimana waktu sore hari di dunia ketika matahari akan tenggelam, cuma sebentar bukan? dan Surga sudah menunggu kita. Amin yaa Allah yaa Robbal'alamiin....

Reverensi : 
https://www.facebook.com/notes/mas-ardi/7-golongan-yang-mendapat-naungan-di-padang-mahsyar/4526168926232/
https://albayyinahgriya.wordpress.com/2014/04/17/penantian-panjang-di-padang-mahsyar/





You Might Also Like: