APA FUNGSI KOLESTEROL? MEMAHAMI KOLESTEROL DENGAN BENAR

Memahami Kolesterol Yang Aman & Membahayakan Dengan Benar, Fungsi/Manfaat Kolesterol Terhadap Tubuh - Kekhawatiran akan kadar kolesterol darahnya meningkat, banyak orang ketakutan mengonsumsi makakan yang mengandung kolesterol. Lebih parah lagi, sampai berusaha menyingkirkan semua makanan berlemak dalam diet-nya. Padahal, tidak semua makanan berlemak mengandung kolesterol. Kolesterol hanya ditemukan pada makanan hewani saja dan tidak ada pada makanan nabati.

Beberapa jenis makanan berkolesterol sedikit yaitu telur. Satu butir kuning telur mengandung sekitar 200 mg kolesterol, namun hanya sekitar 3 % saja yang masuk ke aliran darah. Makanan yang berkolesterol tinggi seperti susu, mentega, dan keju tidak menyebabkan kenaikan kadar kolesterol. Dengan dasar inilah, maka Anda tidak perlu anti pada semua makanan berkolesterol.


Secara alami tubuh menghasilkan sendiri kolesterol. Jumlah kolesterol yang dihasilkan oleh individu dewasa sebanyak 2000-3000 mg/hari. Sekitar 75-80 % kolesterol yang beredar di dalam tubuh diproduksi sendiri oleh tubuh. Hanya 20-25 % kolesterol dalam darah berasal dari makanan.

Banyak faktor yang menyebabkan disfungsi pengaturan kolesterol terganggu yaitu faktor genetik. Selain itu faktor yang lainnya adalah pengolahan makanan berkolesterol yang salah misalnya dengan penambahan lemak trans, gula, bahan tambahan pangan justru lebih berpotensi meningkatkan kadar kolesterol.

Hiperkolesterol menjadi salah satu faktor yang memperbesar kemungkinan penimbunan lemak tubuh, mendorong terjadinya penyakit kardiovascular. Kolesterol juga dibutuhkan dalam tubuh, terkait dengan fungsinya yang tidak dapat digantikan oleh senyawa lainnya.

Fungsi kolesterol yang utama sebagai berikut :
  1. Sebagai komponen membrane sel agar kokoh dan stabil.
  2. Sebagai komponen penyusun otak dan saraf. 
  3. Sebagai komponen yang diperlukan untuk optimalnya fungsi otak secara normal
  4. Sebagai precursor hormon steroid yang bertugas mengendalikan stres, melindungi tubuh dari resiko jantung dan kanker.
  5. Sebagai precursor vitamin D yang diperlukan untuk menjaga kekokohan tulang, pergerakan otot, produksi insulin, dan menjaga imunitas tubuh.
  6. Sebagai reseptor serotonin yang bermanfaat mengendalikan emosi, mencegah depresi, dan menciptakan good mood.
  7. Untuk memproduksi asam empedu
  8. Untuk memproduksi hormon adrenal korteks, estrogen, androgen, dan progesterone.
  9. Untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan menghindari alergi gluten dan mencegah gangguan saluran pencernaan lainnya.

Hipolesterol Juga Berbahaya

Kolesterol darah yang rendah alias defisiensi kolesterol atau hipokolesterol berbahaya bagi kesehatan. Sebagian orang tidak tahu bahwa level kolesterol yang terlalu rendah akan mengganggu berbagai fungsi penting yang berlangsung di dalam tubuh.

 Dampak buruk yang timbul akibat hipokolesterol antara lain regenerasi sel yang aus terhenti, dapat menyebabkan terganggunya pergantian sel ( sel usus, sel rambut, sel kuku, sel kulit, dan sel otot), dapat menghambat produksi hormon ( hormon estrogen, testoteron, progesteron, DHEA, aldesterol). [ Baca halaman selanjutnya ; Pengaruh Tinggi Rendahnya Kadar Kolesterol dalam Darah ]




You Might Also Like: